Yang Harus Didapati Tentang Domain dan Hosting

By | July 1, 2019

Yang Harus Didapati Tentang Domain dan Hosting

Jumlahnya web dari waktu ke waktu makin banyak dan alami perubahan yang amat cepat. Hal ini dapat kita lihat jika startup (produk digital yang bertujuan untuk usaha) dari Indonesia terus alami kenaikan. Hal in tidak lepas dari generasi bangsa Indonesia yang golongan pemudanya lebih kebanyakan dibanding golongan tua, hingga berbagai inspirasi kreatif ada dari mereka. Hal ini berbeda dengan negeri Jepang yang lebih kebanyakan golongan tua dibanding golongan mudanya. Satu diantara type startup adalah web. Dalam membangun web ada dua hal yang jadi tonggaknya, yaitu domain dan hosting. Ke-2 hal itu tidak bisa kita pisahkan sebab mereka misalkan organ badan, bila tidak ada satu jadi peranan lain tidak akan kerja.

Yang Harus Didapati Tentang Domain dan Hosting

Berikut ini bahasan lebih mendalam berkaitan domain dan hosting.

1. Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat dari satu web. Tanpa ada domain kita tidak akan bisa terhubung web itu. Misalkan di dunia riil bila kita lupa tuliskan alamat dalam kirim paket, pasti kurir layanan pengiriman akan bingung untuk kirim paket itu, akhirnya paket tidak sampai ke tujuan.

Baca Juga : Kesempatan Usaha Online Modal Kecil dan Bisa Ditangani Dari Rumah

Apa sisi dari domain ?

Domain pada intinya kita bedakan jadi dua sisi, yaitu alamat unik dan ekstensi domain. Jadi contoh web dengan URL Google.co.id.

Maxmanroe adalah alamat unik.
.com adalah ekstensi domain.
Baik, selanjutnya kita akan mengkaji terlebih dulu berkaitan ekstensi domain.

Di dunia maya ada berbagai ekstensi yang pemakaiannya sesuai dengan tujuan kita membangun sebuah web. Berikut daftar ekstensi yang cukup popular.

.com Dipakai untuk situs dengan tujuan komersial atau perdagangan. Jadi, apabila Anda ingin membuat situs yang terkait untuk melakukan bisnis pakailah ekstensi .com.
.net Dipakai umumnya untuk perusahaan jaringan telekomunikasi. Tapi, akhir – akhir ini .net juga kerap dipakai untuk situs personal atau usaha. Hal ini tidak jadi persoalan.
.informasi Dipakai umumnya untuk situs yang berkaitan dengan content berisi informasi.
.org Dipakai untuk situs sebuah komunitas atau perkumpulan.
.gov Dipakai untuk situs lembaga pemerintah.
.mil Dipakai untuk situs militer.
.edu Dipakai untuk situs pendidikan.
.go.id Dipakai untuk situs lembaga pemerintah di Indonesia.
.ac.id Dipakai untuk situs univeristas di Indonesia.
.sch.id Dipakai untuk situs sekolah di Indonesia.
.co.id Dipakai untuk situs komersial di Indonesia
.me Dipakai untuk situs personal.
Beda ekstensi beda juga maksudnya. Saat ini situs – situs di online kebanyakan yang memakai ekstensi .com. Sebab, ekstensi .com saat ini bisa dipakai untuk tujuan apa pun. Selanjutnya berkaitan alamat unik dari domain.

Bila kita telah tahu tujuan membangun web. Selanjutnya adalah giliran kita pikirkan alamat unik domain. Nah, penulis akan memberi dikit panduan untuk menentukan alamat unik domain.

Web Jual Beli
Sebaiknya nama domain berbentuk nama merek toko kita atau merk bisnis kita. Contohnya,, butiknayla.com, hijabmuda.com, dll.

Web Perusahaan
Sebaiknya memakai nama dari perusahaan Anda. Contohnya, nokia.com, samsung.com, dll.

Web Pendidikan
Sebaiknya domain pas dengan isi content nanti. Contohnya, belajarbiologi.com untuk web pelajaran biologi, matematikamudah.com untuk web belajar matematika.

Web Kampus
Sebaiknya memakai nama kampus atau singkatan dari kampus itu.

Web Personal
Anda bisa memakai nama Anda atau nama gaul Anda.

Dimana saya bisa mendapat domain ?

Untuk mendapat domain Anda bisa menyewanya ke perusahaan yang jadi media penyuplai domain. Ada sebagian web yang kerja di sektor domain, salah satunya :

Godaddy
Namecheap
Domainesia
Dan lain-lain

2. Apa Itu Hosting?

Hosting ialah tempat kita tempatkan content dan isi dari sebuah web. Ibaratnya jadi sebuah rumah. Ada sebagian type dari hosting, salah satunya :

-Shared Hosting
Ini adalah jenis hosting yang hostingnya dipakai secara bersama dengan – sama oleh web lain. Seperti rumah kos begitu. Pada sebuah rumah ada berbagai web. Sebaiknya jenis ini dipakai untuk web yang mempunyai pengunjung dikit.

-Virtual Privat Server
Virtual Privat Server atau biasa dikatakan VPS ialah jenis hosting yang sesuai digunakan untuk situs yang mempunyai pengunjung kebanyakan. Hosting VPS tersebut mempunyai kemampuan yang besar dan komposisi yang detil. jadi, bukan sebuah problem lagi jika web diserang oleh beberapa ribu pengunjung per harinya. Jenis hosting ini sesuai untuk web perusahaan dan situs yang mempunyai pengunjung beberapa ribu per harinya.

-Dedicated Server
Dedicated server ialah jenis hosting yang memberi keleluasaan pemilikan pada kita. Jatah server pada dedicated server dapat kita gunakan secara sendiri. Untuk biaya pasti dedicated server lebih mahal dari jenis hosting awalnya. Sebab tidak hanya jatah server yang dibabat sendiri, service, dan feature yang kita peroleh istimewa. Sebaiknya dedicated server dipakai untuk web yang mempunyai pengunjung belas atau puluh beberapa ribu per harinya.

Baca Juga : 6 Ciri Website Yang Aktif Dan Tertangani, Bagaimana Website Mu?

Bagaimana cara mendapat hosting ? Untuk mendapat hosting Anda bisa menyewa ke perusahaan yang menyediakan hosting. Untuk menyewa Anda cuma butuh mengikuti mekanisme yang sudah ada atau minta pertolongan pada konsumen service. Ada sebagian perusahaan penyuplai hosting, salah satunya :

Hostgator.com
Bluehost.com
Dapurhosting.com
Hawkhost.com
Gignode.com
Jagoanhosting.com
Dan masih kebanyakan lagi
Untuk penentuan hosting sebaiknya kita cocokkan dengan tujuan dan jumlahnya pengunjung web kita. Bila pengunjung datang dari Indonesia jadi pakailah server Indonesia, bila pengunjung luar Indonesia, jadi sebaiknya kita memakai server US.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *