Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia

By | July 16, 2019

Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM adalah grup usaha yang berjumlah paling besar di Indonesia dan telah menjangkau 59 juta pelaku pada tahun 2018. Hal ini menandakan bahwa persaingan bisnis telah begitu ketat sekali. Banyak usaha yang di buka, akan tetapi tidak sedikit juga yang berakhir tidak berhasil sebab tidak mampu bersaing. Khususnya apabila usaha Anda masih belum melek digital, maka akan begitu susah untuk berkembang di era yang moderen saat ini. Maka dengan begitu, telah semestinya Anda ikut memakai tehnologi internet dalam bisnis Anda. Nah, berikut sejumlah tips sukses berjualan online yang perlu dilihat oleh UMKM.

Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia.

6 Tips Sukses Bisnis Online untuk Pelaku UMKM

1. Pelajari Stratregi Pemasaran Online

Berjualan online tidak cuma soal memposting photo dan gambaran produk di situs marketplace atau sosial media. Ada berbagai pemasaran online atau strategi marketing lainnya yang penting untuk di pelajari. Misalnya, pelajari cara membangun web toko online sendiri, cara membuat content promosi yang menarik, cara tepat untuk beriklan di Google, dan lain-lain. Kuasai berbagai taktik digital itu biar Anda tahu seluk-beluk dunia bisnis online.

Baca Juga : Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula.

2. Jual Produk yang Dapat Di jual Online

Tidak semua barang cocok di perjualbelikan secara online. Ada sebagian produk yang tidak bisa sebab masih mengandalkan sistem cash on delivery atau COD, dimana Anda dan konsumen harus bertemu untuk bertransaksi dan pengambilan barang. COD memang bisa saja. Tapi, apabila Anda mau punya bisnis online yang sederhana dan tidak berbelit, jadi pilih produk yang betul-betul bisa di jual online, tanpa ada harus ada pertemuan langsung dengan konsumen.

3. Berikan Tanggapan yang Cepat

Berjualan online semestinya bisa membuat Anda lebih gampang dalam berkomunikasi dengan konsumen. Ada sosial media dan aplikasi chat yang bisa jadi sarana untuk melakukan interaksi kapan saja. Maka dengan begitu, yakinkan Anda tetap menanggapi pesan dari konsumen dengan cepat. Apabila Anda lambat membalasnya, penjualan bisa saja batal terjadi sebab konsumen telah bete dan mungkin justru melakukan transaksi dengan penjual yang lain.

4. Lakukan Berbagai Strategi Promosi Online

Setelah Anda mempelajari berkaitan strategi-strategi pemasaran online, Anda perlu menerapkannya. Janganlah takut untuk mencobanya sebab Anda akan mendapat pengalaman berharga yang akan mengajari Anda lebih jauh berkaitan bisnis online. Contohnya, coba lakukan iklan di Facebook, membuat video promosi di Youtube, meng-endorse selebgram untuk menjual produk, dan membuat web toko online sendiri. Rencanakan kegiatan promosi itu untuk meningkatkan UMKM Anda.

5. Jalin Kerja Sama dengan Bisnis Lain

Janganlah cuma mengandalkan web toko online sendiri atau sosial media untuk berjualan. Ada berbagai perusahaan dan platform lain yang bisa menjadi partner bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa bekerja sama dengan Grab atau Go-Jek untuk hal pemesanan barang atau Ovo dan Go-Pay untuk hal pembayaran. Jadi, tetap membuka peluang untuk bermitra dengan pihak lain yang bisa memberi keuntungan untuk UMKM Anda.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Online untuk Pendapatan Sampingan Ibu Rumah Tangga.

6. Kumpulkan Ulasan Positif dari Konsumen

Saat pelaku UMKM melakukan bisnis online, jadi begitu penting sekali untuk mengawasi nama baik usaha Anda untuk membangun keyakinan. Yakinkan produk Anda mendapatkan ulasan atau review yang positif dari para konsumen. Jadi dengan begitu, tetap jagalah kualitas produk dan pelayanan. Dekati konsumen baik-baik dan meminta kesediaan mereka untuk membagikan review positif di sosial media, sehingga orang lain yang membacanya bisa berkeinginan dengan produk Anda.

Jadi, itulah sejumlah tips sukses berjualan online untuk pelaku UMKM di Indonesia. Mudah-mudahan bisa berguna untuk bisnis Anda. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *