Pengusaha, Ini Cara Menaikkan Harga tapi Pelanggan Tetap Setia

By | July 16, 2019

Pengusaha, Ini Cara Menaikkan Harga tapi Pelanggan Tetap Setia.

Menaikkan harga dalam dunia bisnis boleh-boleh saja. Cuma saja, Anda perlu waspada untuk memikirkan dampaknya. Konsumen yang melirik kompetitor yaitu salah satunya dampak yang akan ditimbulkan. Sebab itu, Anda para pengusaha mesti memiliki taktik jitu untuk menaikkan harga jual produk. Di tengah persaingan yang begitu ketat, memang tidak gampang untuk mempertahankan konsumen. Tapi, yakinlah akan tetap ada konsumen loyal yang lebih mengutamakan layanan dan kualitas daripada sekadar harga. Walau tidak di mungkiri, harga juga jadi pertimbangan para konsumen. Alangkah lebih baik lagi apabila Anda berencana untuk menaikkan harga, akan tetapi tetap mendapat konsumen yang setia.

Pengusaha, Ini Cara Menaikkan Harga tapi Pelanggan Tetap Setia.

Triknya bagaimana? Berikut cara untuk menaikkan harga produk akan tetapi pelanggan tetap setia

1. Informasikan Terlebih Dulu berkaitan Rencana Kenaikan Harga

Informasi dan keputusan yang tiba-tiba diterbitkan akan membuat customer konsumen Anda kecewa. Sebaiknya apabila ada rencana untuk menaikkan harga, informasikan terlebih dulu lewat channel media bisnis Anda. Triknya bisa dengan membuat video singkat atau seperti kuis di feed Instagram atau Facebook post, membuat artikel di blog, atau juga kultweet di waktu yang tepat di Twitter. Jika Anda telah mempunyai database konsumen, tidak ada salahnya untuk lakukan e-mail blast maupun broadcast via Whats App. Penyampaian informasi secara langsung juga penting disampaikan bila ada interaksi offline seperti gathering atau event lainnya.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Jadi Reseller dengan Modal Kecil.

2. Berikan Hadiah Tambahan atau Bonus

Konsumen yang akan meninggalkan dan melirik kompetitor Anda yaitu yang merasa bahwa menentukan produk Anda juga tidak akan ada bedanya dengan membeli di tempat lainnya. Untuk memberi ketidaksamaan yang nyata bisa dirasakan oleh konsumen Anda, berikan hadiah tambahan atau gift kecil untuk mereka. Entah itu berupa discount pembelian, atau hadiah merchandise eksklusif atau hal menarik lainnya. Perhatian kecil tapi mengena seperti mengingat dan mengucapkan selamat ketika hari ulang tahun konsumen juga penting dilaksanakan. Jika bisnis Anda online, sesekali ikutlah aktif memberi komentar di postingan konsumen. Lakukan edukasi untuk konsumen lewat channel sosial media juga penting, sehingga mereka mendapatkan tambahan tips-tips berguna. Hindari terus lakukan blow up produk secara terus menerus.

3. Berikan Alasan yang Masuk Akal dan Bisa Di terima Konsumen

Beritahu juga berkaitan alasan yang argumentatif atau masuk akal dalam benak konsumen. Janganlah lupa juga untuk menyertakan konsumen sebelum Anda mengambil keputusan berkaitan kenaikan harga. Alasan yang jujur akan sampai pada hati konsumen dan akan membuat mereka jadi maklum atas keputusan Anda. Contohnya, seperti bahan baku yang melambung tinggi, biaya ekspedisi yang mengalami kenaikan untuk pengiriman luar kota, krisis moneter nasional, atau hal lain yang dapat di terima secara logis. Janganlah lupa juga untuk memberi value lebih atas konsekuensi kenaikan harga itu. Misalnya dengan tetap memakai bahan baku berkualitas, tidak mengurangi porsi bila itu makanan, atau menurunkan kualitas yang jadi ciri khas suatu produk dan lain-lain.

4. Berikan Sentuhan yang Baru pada Produk

Sering mengamati kemasan produk dengan tampilan baru tapi sejatinya secara isi tetap sama? Biasanya ini bisa ditemui pada produk camilan atau bodi care yang tersebar di pasaran. Memberi sentuhan pada produk seperti mengemas dengan berbagai varian ukuran baru akan membuat konsumen merasa produk Anda berinovasi. Dan, mereka menghargainya. Sentuhan baru bisa juga diberikan pada manajemen layanan yang lebih fast response, dan menambah channel konsumen service atau sosial media. Ini ditujukan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan dengan perkembangan bisnis yang terus jadi lebih baik. Jika bisnis Anda juga begitu aktif di ranah online, mengganti tema tampilan atau template yang lebih segar dan sesuai dengan genre konsumen juga akan membantu. Konsumen juga perlu hiburan dengan interaksi lewat sosial media. Engagement yang Anda bangun dengan mereka akan jadi alasan utama juga mengapa mereka tidak pindah ke lain hati. Jadi produk Anda juga akan terlihat lebih fresh.

5. Berikan Variasi Harga

Satu diantara taktik cukup jitu yang sering dilaksanakan perusahaan besar yaitu variasi harga. Contohnya dengan memberi pilihan paket silver, gold, platinum atau semacamnya. Taktik bundling juga butuh dicoba. Taktik ini akan memberi anggapan bahwa konsumen tidak rugi membayar harga lebih mahal akan tetapi mendapat barang pelengkap tambahan. Contohnya, seperti taktik penjualan smartphone dengan paket internet provider tertentu. Taktik ini malah memberi keuntungan untuk konsumen daripada merasa di rugikan. Konsumen akan merasa anda memperhatikan kondisi finansial mereka yang juga mau menghemat dan menyesuaikan biaya.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol.

Percaya Diri akan Menarik Hati Konsumen

Sesuatu yang dikatakan dengan yakin, penuh percaya diri, pasti akan lebih menarik hati dibanding dengan sesuatu yang dikatakan setengah-setengah. Dengan menerapkan 5 taktik jitu diatas, konsumen Anda akan konsisten jadi customer setia.

Seringkali mereka juga akan jadi perpanjangan tangan dari marketing bisnis Anda secara spontan tanpa diminta. Hal ini terjadi sebab mereka merasakan manfaat dan value yang disampaikan atas layanan dan produk Anda selama ini. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *