Mengoptimalkan Google Analytics untuk SEO Website Bisnis

By | March 13, 2019

Mengoptimalkan Google Analytics untuk SEO Website Bisnis. Google analytics adalah sebuah aplikasi Analisa website canggih dan geratis yang mengumpulkan dan tahu data di satu tempat dan dari semua titik kontak. Mengukur keefektifan kampanye off line dan pemasaran online Anda.

Prinsip Pengukuran yaitu sebagai berikut :
– Buat taktik
– Tekuni (dan ambil tindakan)
– Kumpulkan data
– Indikator performa utama dan identifikasi sasaran.

Google Analytics memberi banyak informasi dan data, namun tanpa gagasan, akan susah untuk tahu dimana mesti mengawali. Taktik memungkinkan Anda untuk lihat data ini dengan lewat frame-work yang sesuai dengan tujuan Anda. Contohnya, Anda mungkin menentukan untuk fokus pada 3 (tiga) cara untuk menjual layanan dan produk yaitu :
– Iklan Display
– E-mail pemasaran
– Pengoptimalan mesin telusur.
Sehingga Anda bisa memakai laporan yang sesuai dengan 3 (tiga) taktik ini untuk tahu taktik apa yang bisa di tingkatkan dan manakah yang berhasil.

Berikutnya, Anda perlu mengidentifikasi indikator performa utama dan sasaran (KPI) Anda. Apabila Anda tidak mempunyai tujuan, Anda tidak bisa mengerjakan pengukuran. Yaitu tujuan Anda bisa berupa :
– Meningkatkan prospek penjualan sebesar 10%.
Maka Anda bisa memakai GA untuk tahu apa taktik Anda membantu ataukah tidak membantu dalam menjangkau tujuan.

 

Saat ini kami akan mengkaji tiga contoh riil saat Google Analytics akan berguna yaitu sebagai berikut :

1. Untuk tahu bagian yang efektif
Anda tahu bahwa content ialah factor yang terpenting untuk memastikan situs website tetap relevan dan berguna. Taktik SEO Anda yaitu membuat content secara teratur – menulis entri blog, mengupload video dan menambahkan photo. MSeingga taktik ini dapat menghabiskan waktu. Maka Anda mau tahu content apakah yang paling pas dengan audience. Pakai laporan perilaku ini untuk tahu content apa yang sebetulnya di saksikan oleh pengunjung, dan dimana mereka keluar dari situs website. Maka dari itu informasi ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki taktik pembuatan content.

2. Untuk tahu sumber penjualan
Bisnis Anda memakai berbagai saluran untuk beriklan di internet. Namun, Anda tidak tahu saluran manakah yang berperforma lebih baik dibanding dengan yang lain. Memakai laporan akuisisi ini, Anda bisa melihat saluran yang yang menghasilkan konversi dan yang mendorong traffic ke situs.

3. Untuk mengevaluasi toko online
Apabila bisnis memakai situs website e-commerce, sehingga Anda perlu pastikan bahwa konsumen gampang untuk lakukan pembayaran. Pakai laporan analisa perilaku pembayaran untuk tahu cara konsumen lewat langkah-langkah pembayaran. Maka dari itu Anda bisa tahu dimana pengunjung mengabaikan proses dan “berhenti”, maka dengan begitu ini petunjuk yang bagus untuk meningkatkan situs website Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *