Mau Laris Manis Jualan di Facebook? Ini Caranya !

By | July 16, 2019

Mau Laris Manis Jualan di Facebook? Ini Caranya!.

Selama satu dekade, Facebook mengalami evolusi besar sejak tampil di dunia digital lebih dari satu dekade silam. Dari sosial media eksklusif di universitas hingga jadi satu diantara online platform raksasa di dunia. Sampai Nopember 2017 saja, jumlahnya pemakai Facebook di Indonesia telah tembus hingga lebih dari 100 juta orang. Facebook telah terlibat dalam perkembangan bisnis jualan online. Sebelum menjamurnya kehadiran platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya di Indonesia. Kenyataan ini menunjukkan bahwa, di sedang menjamurnya sosial media di jagat maya, Facebook masih punya kekuatan besar di mata pemakai internet. Hal itu pastinya tidak lepas dari inovasi yang di lancarkan team Facebook. Dulu, media sosial ini dipakai untuk bersosialisasi atau ‘mencari’ rekan secara virtual, namun saat ini Facebook marketing memungkinkan Anda mengawali usaha sendiri karena fitur-fitur berlabel business. Trend e-commerce yang melaju cepat jadi salah satu alasan sosial media itu merambah bidang itu.

Mau Laris Manis Jualan di Facebook? Ini Caranya!.

BAGAIMANA CARA JUALAN ONLINE PRODUK AGAR LARIS DI FACEBOOK
Apa Anda baru akan mengawali usaha atau sedang menjalaninya? Bertanya-tanya bagaimana cara jualan online di Facebook biar produk Anda cepat laris? Mari kita simak dibawah ini. Disini kita akan mengkaji sebagian cara yang bisa anda segera lakukan untuk mendapatkan pejualan di facebook dan apabila dilakukan secara rutin kedepannya maka akan dipastikan barang-barang anda laku !

1. Persiapkan account fanpage bisnis Anda

Modal pertama yang tentunya harus anda punya yaitu sebuah account facebook, account disini diharuskan sebuah fanpage biar terlihat lebih profesional dan bukan sebuah account pribadi. Sehingga nantinya akan gampang dilaksanakan sebuah promosi yang akan ditujukan ke account ini (akan diulas di poin-poin berikutnya). Masukkan informasi yang jelas pada halaman bisnis Anda. Ini hal yang paling utama, pastikan informasi berkaitan bisnis anda tercantum dengan jelas, berikut informasi yang harus ada.

– Alamat
– Cara pemesanan
– Banner yang jelas
– Syarat dan Ketentuan
– Penjelasan bisnis anda
– Photo profile yang jelas
– Kontak yang dapat di hubungi

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba di Rumah !.

2. Menentukan produk yang akan di jual

Baik mengelola toko sendiri atau jadi reseller, Anda harus menentukan dan mengenal produk yang akan dipasarkan. Apa produk barusan betul-betul diperlukan customer? Apa target pasarnya besar atau malah tersegmentasi ? Sebab percuma saja Anda memasarkan produk bagus yang nyatanya tidak begitu diminati di area tertentu atau targetnya tidak ada di sekitar Anda. Ada banyak produk yang bisa Anda kemas untuk di jual. Ketika Anda kebingungan untuk memasarkan apa, pikirkan hal yang paling diperlukan banyak orang. Apabila ini betul-betul pengalaman pertama Anda merambah ke dunia bisnis, Anda bisa mencari ide jualan online yang produknya paling banyak di cari customer. Maka dari itu, kesempatan Anda sukses dengan bisnis online shop akan makin besar. Peluang Anda mengeruk untung juga makin tinggi.

3. Kenali kompetitor Anda

Anda harus tahu siapa saingan Anda dan darimana Anda belajar untuk memasarkan produk yang serupa. Pelajari bagaimana cara mereka melakukan kegiatan di fanpage nya, bagaimana pelayanannya, apa yang mereka tawarkan. Kumpulkan data-data itu, makin banyak kekurangan dan kelebihan dari setiap kompetitor makin baik. Ambil semua keunggulan mereka sehingga anda jadi yang terbaik.

4. Membidik target pasar yang lebih spesifik

Satu diantara keunggulan Facebook dibandingkan online platform lainnya dalam dunia bisnis yaitu feature yang mempermudah Anda untuk mengelola target pasar. Apabila Anda mau memasarkan produk yang identik dengan gender tertentu dan mempunyai kesempatan pasar menjanjikan, jadi Anda bisa memakai feature segmentasi target untuk mendapatkan pasar yang sesuai. Di Facebook Business Manager Anda akan menemukan feature yang lebih lengkap untuk bisa mencari target sesuai umur, lokasi daan tempat. Maka dari itu Anda akan menjaring target pasar yang lebih spesifik.

5. Lakukan optimaslisasi pada fanpage bisnis Anda

Optimasi jadi kunci berikutnya yang bisa membantu Anda untuk melariskan penjualan produk di Facebook. Yang perlu Anda kerjakan yaitu mencari kata-kata yang paling sering di cari atau di masukkan target pasar di mesin pencari atau dalam hal ini kotak pencarian di Facebook. Anda bisa mengawali optimisasi dengan memberi nama yang tepat untuk group. Jauhi nama seperti jual tas online tangan atau toko produk wanita, sebab, tidak hanya telah banyak digunakan, toko virtual Anda belum pasti masuk ke daftar hasil pencarian. Pakai nama toko buatan Anda untuk branding dan tambahkan dengan produk yang di jual. Metode itu bisa Anda aplikasikan juga pada nama Fanpage.

6. Upload content berkala di Facebook

Tahukah anda, bila Anda begitu aktif mengupload postingan, jadi Anda akan ditandai sebagai spam dan kejadian mengerikan selanjutnya yaitu Anda akan di banned Facebook. Sayang kan bila aset digital Anda hilang. Walau telah banyak berkembang, Facebook tidak kehilangan esensinya sebagai sosial media. Anda harus jadi lebih manusia dengan melakukan proses sosialisasi kepada konsumen Anda. Bila Anda terkesan “jualan banget”, pasti konsumen tidak akan mendekati Anda sebab mereka ada di sosial media untuk mencari inspirasi, bersosialisasi, dan mendapat informasi. Anda perlu jadi salah satunya. Solusi untuk masalah ini yaitu upload content untuk Facebook Anda secara berkala namun rutin. Content Anda bisa berisi ti

Baca Juga : Apa Itu Marketplace, Perbedaan Dengan Online Shop Dan Kelebihannya.

7. Hindari bom tag marketing

Feature tag di Facebook dipakai untuk menambahkan rekan atau sesama pemakai dalam sebuah photo ataupun status yang berkaitan dengan mereka. Sayangnya, feature itu sering di salahgunakan pemilik online shop. Masalahnya mereka sering kali memasang tag pada orang-orang yang tidak sesuai target atau pasar dalam waktu bersamaan. Tindakan itu dinilai begitu menggangu dan akan merusak reputasi online shop yang Anda kelola. Apabila Anda memang memerlukan perluasan jaringan, tag saja orang-orang, account, atau group yang masih terkait dengan produk yang Anda jual online. Maka dengan langkah ini, produk Anda memang akan diketahui dalam waktu yang cukup lama. Akan namun paling tidak Anda tidak mengganggu pemakai Facebook lain dan mengurangi peluang diblokir team Facebook sendiri.

Demikian 7 langkah yang perlu Anda sediakan untuk menjaring konsumen dan meningkatkan angka penjualan. Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu cara berjualan online di Facebook !

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *