Jangan Ragu untuk Mulai Melakukan Bisnis Online, Ada Banyak Inspirasi untuk Memulainya!

By | June 2, 2019

Jangan Ragu untuk Mulai Melakukan Bisnis Online, Ada Banyak Inspirasi untuk Memulainya!

Di zaman internet ini bisnis online makin menjadi-jadi memang kebanyakan orang punya niat untuk mulai melakukan bisnis online, akan tetapi kadang hal tersebut cuma hanya angan dan kemauan saja walau sebenarnya yang diperlukan adalah sebuah action langkah nyata untuk menjalankannya. Apabila Anda sangsi untuk mulai melakukan bisnis online sebab Anda bingung mau jualan apa, jadi itu bukan sebuah alasan.

Jangan Ragu untuk Mulai Melakukan Bisnis Online, Ada Banyak Inspirasi untuk Memulainya!

Sebetulnya ada banyak inspirasi untuk mulai melakukan bisnis online lalu apa itu? kami akan membahas beberapa inspirasi yang umumnya banyak dilakukan di Indonesia. Triknya Adalah Anda bisa membuat content atau artikel yang bagus, Anda publish dalam sebuah blog atau website, lalu banyak yang membaca artikel tersebut dan berkunjung ke website Anda. Dari blog yang sering dikunjungi itu, iklan ditampilkan lalu Anda akan mendapatkan komisi.

Anda copy paste iklan, iklannya akan ada secara automatis  setiap kali ada yang click jadi kita mendapatkan income. Untuk melakukan bisnis model seperti ini yang butuh Anda kerjakan adalah Membuat content yang berkualitas lalu membuat orang berkeinginan sampai berkunjung ke website Anda dan membaca kontennya.

Baca Juga : Strategi Sukses Mengawali Bisnis Online dengan Affiliate Marketing

Affiliate marketing
Mulai dari affiliate marketing, dimana Anda menjual/mereferensikan produk milik orang lain, lalu ketika ada yang membeli atas rekomendasi tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi. Di sini Anda mempromosikan saja tidak menjual. Konsumen akan langsung berhubungan dengan si penjual, bukan Anda. Anda perlu memiliki website ataupun blog juga untuk mejalankan model bisnis seperti ini.

Menyediakan jasa design grafis ataupun menjual stok design
Jika Anda jago dengan masalah design Anda bisa menyediakan jasa design grafis online. Konsumen Anda bisa dari luar negeri akan tetapi jika Anda masih pemula Anda bisa menjual jasa design grafis Anda di Sribu design logo Indonesia, 99designs design logo dan lain-lain. Internasional Fiverr berbagai pekerjaan mudah, termasuk juga design grafis mulai dari $5, jika Anda tidak suka dengan menjual jasa design, Anda bisa menjual stok gambar.

Stok itu seperti template yang siap dikustomisasi dan siap gunakan. Misalnya template Photoshop atau Illustrator, template presentasi, template logo, atau icon. Ketika seseorang membeli stok yang Anda buat, maka dia bisa menggunakan desainnya untuk keperluan apa pun. Anda membuat stok lalu menjualnya di situs seperti DepositPhotos maupun Shutterstock.

Menjadi Youtuber
Membuat video seperti video blog atau biasa disingkat vlog, lalu diupload di Youtube ternyata bisa menghasilkan. Atta Halilintar adalah salah seseorang Youtuber sukses dengan subscriber paling banyak. Pada tahun 2019 mendapat income besar dalam setahun. Ada 2 type iklan di YouTube: mendapatkan komisi setiap click, mendapatkan komisi setiap kali tayang dari iklan ini, pihak YouTube mengambil 45% dan sisanya diberi kepada pemilik video. Bila anda bisa membuat video, ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Sebagian model video disukai banyak orang di YouTube yang gampang dibikin rata rata berbentuk video lucu maupun video tutorial.

Tapi saat ini kebanyakan orang yang dikatakan dengan konten creator serius mengerjakan videonya. Jadi apabila Anda hoby membuat video, Anda bisa lakukan monetisasi di Youtube. Tapi hati hati dengan masalah hak cipta di YouTube. Sebaiknya janganlah mengupload beberapa video yang bisa memiliki masalah. Contohnya upload karya orang lain, rekaman TV, musik, dan sebagainya.

Mulai melakukan bisnis Online dengan Berjualan
Namun paling banyak yang dilakukan orang Indonesia adalah berjualan online. Mulai berbisnis online dengan berjualan adalah cara yang paling gampang. Mereka bisa stock barang lalu menjualanya maupun memakai sistem dropship dimana Anda tidak harus stock barang sendiri.

Setelah itu Anda bisa memasarkan produk itu lewat marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak maupun OLX. Atau, Anda bisa berjualan lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram. Bahkan juga fasilitas jual beli saat ini juga merambah aplikasi messenger seperti Line. Akan tetapi ada kelemahannya di balik berjualan di marketplace maupun media sosial itu:

Marketplace yang ramai biasanya pasti ada banyak sekali penjual sehingga kemungkinan ada banyak penjual yang memasarkan barang yang sama, sehingga terjadi persaingan yang tinggi. Sering terjadi perang harga karena tingkat persaingan yang tinggi hasilnya keuntungunan yang diperoleh sedikit. Konsumen setia Anda dengan gampang pindah ke penjual lain yang lebih murah.

Anda tidak punya kontrol pada tempat jualan Anda sebab memang Anda hanya ‘nunut’ jualan ditempat orang lain. suatu ketika, perusahaan marketplace bisa mengubah aturan main atau membuat peraturan baru yang tidak memberikan keuntungan Anda. Mereka bisa mengubah aturannya karena ini adalah tempat mereka, Anda harus mengikutinya. Kalau cuma berjualan di media sosial, bisnisnya bisa stabil, akan tetapi ya tidak bisa lebih berkembang lagi.

Apabila tidak memakai marketplace, Anda bisa membuat toko online untuk memasarkan produk Anda. Ada sebagian keuntungan mempunyai toko online sendiri.

Lebih Profesional dan Lebih bisa dipercaya Dengan mempunyai sebuah website, produk Anda makin terlihat lebih profesional dan gampang mendapat kepercayaan dari customer. Tujuan anda dalam mengelola bisnis online yang sedang Anda lakukan akan lebih terlihat dengan memiliki website mandiri. karena dengan selalu nebeng marketplace gratis, tidak akan bisa membawa merek produk Anda. Lebih Efektif dan Efisien Dalam Mengurus Produk Anda bisa mengendalikan sendiri produk Anda tanpa yang ikut serta.

Baca Juga : 5 Panduan Temukan Supplier Untuk Bisnis Online Dropship

Anda bisa mengoptimalkan sarana – sarana yang ditawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Market share Anda akan jauh lebih tertarget dan terukur pada produk Anda sendiri. Prinsip efisiensi dan efektifitas bisa Anda aplikasikan dalam website toko online Anda. Kontrol Penuh pada Toko Online Apabila Anda bergabung ke marketplace, pasti kebanyakan ketentuan yang harus Anda penuhi.

Tapi apabila Anda mempunyai website toko online sendiri, Anda lah yang mengendalikan semua. Mau memajang barang atau produk bebas kita sendiri yang menentukannya. Bagaimana tampilan produk, gambaran atau katalog dan harga, bebas bisa dilaksanakan sebab ini adalah toko Anda sendiri. Laporan Keuangan Automatis Dengan mempunyai website toko online sendiri, Anda tak perlu berpikir untuk menyewa seseorang akuntan.

Sebab penghitungan keuntungan bisa dilaksanakan oleh website toko online Anda sendiri. Pada saat bila Anda ingin mengecek neraca keuangan, itu bisa dilaksanakan bahkan juga cuma dengan satu click saja. Sarana itu saat ini telah satu paket dalam satu website toko online. jadi bisa begitu praktis dan mempermudah saat melakukan cek keuangan secara teratur pada toko online Anda.

Untuk membuat website atau toko online Anda bisa memakai basis seperti WordPress dengan plugin Woocommerce, Shopify, Bigcommerce dan masih banyak lagi. Tiap-tiap basis ecommerce membanderol biaya yang berlainan. Tapi sangatlah, tiap-tiap basis ecommerce umumnya menyediakan feature trial selama beberapa hari. Anda harus pilih basis yang pas pada harga pas dengan keringanan dan service yang diberi.

Anda cuma mengisikan nama toko, alamat e-mail, password, dan sebagian data diri sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga akan dimudahkan dalam soal proses unggah produk, katalog produk, dan inventory produk. Bahkan, Anda juga akan lebih gampang untuk mengintegrasikan payment gateway (Visa, Mastercard, Paypal), Facebook Store, media sosial, dan terintegrasi secara langsung dengan Mailchimp, Zopim dan lain-lain untuk meringankan Anda me-manage konsumen.

Promosi juga dengan Media sosial Tidak bisa dipungkiri lagi media sosial bisa jadi fasilitas promosi yang begitu efektif. Dengan pertolongan media sosial seperti Facebook maupun Instagram, promosi produk maupun toko online Anda bisa lebih efektif. Iklan Facebook dan Instagram bisa jadi senjata promosi yang cukup Ampuh,Anda bisa mengombinasikan semua taktik digital marketing seperti konten marketing dan media sosial marketing untuk menjual maupun memasarkan produk Anda.

Dropship Internasional Yang saat ini lagi hot-hotnya adalah usaha dropship internasional. Sebab Anda bisa mendapat keuntungan atau income dengan bentuk dolar. Usaha dropship ini sebetulnya seperti dengan usaha dropship lokal. Perbedaannya berada di pasaran. pasarnya dan mengambil stock produknya. Anda bisa memasarkan produknya dengan sasaran pasar di luar negeri seperti Amerika Serikat maupun pasar Eropa.

Untuk mengambil stock produknya Anda bisa menelusurinya di Alibaba maupun Aliexpress. Untuk lakukan promosi dan membuat usaha Anda lebih cepat dipercaya, Anda perlu punya toko online. Tak perlu yang terlalu ribet, Anda bisa membuat dengan yang punya banyak kemudahan untuk dikerjakan.

kesimpulan Setelah anda mengetahui ada banyak cara untuk mulai melakukan bisnis online, masih ragu untuk memulainya? ketahui minat Anda terlebih dahulu. Apa Anda ingin jadi affiliate marketer, desainer grafis, berjualan online atau yang yang lain. Tidak hanya punya kemauan, hal penting yang lain adalah secepatnya take action untuk mengawali usaha online.

Anda juga bisa belajar sekalian mempraktekannya. Dalami beberapa langkah terbaik atau beberapa tips yang bisa membuat Anda sukses. Anda bisa belajar dari seseorang mentor yang sukses dengan bisnisnya. Anda juga bisa mengikuti workshop maupun training yang berguna untuk meningkatkan usaha Anda, atau belajar lewat membership seperti Digital Marketer Selamat mulai melakukan bisnis online!

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *