Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online Kamu

By | July 16, 2019

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online Kamu.

Perkembangan tehnologi di masa saat ini, membuat banyak orang mau terjun di dunia bisnis, terutamanya bisnis online. Hal ini diawali sebab rutinitas penduduk Indonesia yang mulai berpindah, yang dulunya membeli dengan datang ke toko, sekarang mereka bisa beli barang yang diinginkan kapan dan di mana saja lewat smartphone. Persaingan di bisnis online juga tidak main-main. Dimana, pada Tahun 2017 lalu, jumlah transaksi lewat online bisa menjangkau angka Rp113,7 triliun. Jadi tidak heran banyak pebisnis baru bermunculan dan memakai kesempatan ini. Lantas bagaimana mereka mengawali bisnis online? Berikut sebagian taktik bisnis online yang bisa terapkan.

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online Kamu.

# Tawarkan Produk yang Berkaitan dengan Hoby

Dalam bisnis online, ada 2 type barang yang diperjualbelikan. Pertama yaitu commoditized product, yakni produk popular dan paling banyak di beli oleh customer. Mengingat pentingnya barang itu dalam kehidupan sehari-hari seperti yang telah dijelaskan dalam point sebelumnya. Ke dua yaitu niche product, produk yang tersegmen pada customer tertentu seperti pecinta hoby. Tapi janganlah salah, malah produk inilah yang mulai banyak di lirik pelaku bisnis online. Misalnya saja jual beli camera atau perlengkapan photografi untuk para photografer. Jelas, ini adalah peluang untuk bisnis online yang bisa Kamu gunakan.

Baca Juga : 6 Daftar Peluang Bisnis Online Rumahan Gratis Tanpa Modal.

# Ketahui Calon Customer

Sebelum mengawali memasarkan produk di toko online, langkah pertama yang bisa Kamu kerjakan yaitu menentukan customer yang sesuai dengan produk Kamu. Kerjakan penelitian terlebih dulu. Kamu bisa mulai dengan aktif di sosial media dan lihat apa yang menjadi keperluan dan barang apa yang paling banyak di cari. Umumnya orang memilih belanja online sebab mudah dan cepat. Barang-barang yang cepat laris yaitu barang yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Seperti fashion, peralatan untuk menunjang kegiatan sehari-hari, hingga produk tehnologi.

# Sesuaikan dengan Passion

Passion juga berperan penting untuk perkembangan bisnis online Kamu. Maka, sebelum mengawali bisnis, coba pilih bisnis yang sesuai dengan passion Kamu. Apabila Kamu berkeinginan di dunia anak, mungkin Kamu bisa mengawali bisnis pakaian anak. Dengan melakukan bisnis sesuai passion, Kamu akan lebih tahu produk Kamu dan juga customer. Sehingga, saat mereka bertanya, Kamu bisa menjawab dan memberi solusi yang pastinya memuaskan untuk mereka.

# Belajarlah dari Ahlinya

Strategi lainnya saat Kamu baru pertama kali membuka toko online yaitu janganlah segan-segan belajar kepada para pakar yang telah memiliki pengalaman atau mereka yang telah lebih dulu sukses. Sehingga hal ini karena persaingan bisnis online tidak bisa diperkirakan. Dari para ahli inilah Kamu akan mendapatkan deskripsi apa yang mesti Kamu kerjakan untuk perkembangan bisnis Kamu.

Baca Juga : Usaha yang Menjanjikan di Dunia Offline dan Online 2019.

Itulah sebagian taktik yang bisa Kamu kerjakan untuk mengawali bisnis online. Sehingga hal penting yang mesti Kamu lihat dalam mengawali bisnis online yaitu masalah pembayaran. Midtrans adalah satu diantara payment gateway yang bisa Kamu coba untuk pembayaran bisnis Kamu. Dengan Midtrans, Kamu juga bisa memonitor penjualan Kamu secara realtime. Pelajari lebih lanjut berkenaan Midtrans di sini.

Setelah bisnis Kamu berjalan, hal lainnya yang mesti Kamu kerjakan yaitu mengelola keuangan dengan membuat pembukuan bisnis. Untuk masalah ini, Jurnal yaitu solusinya. Software akuntansi online yang mempunyai feature lengkap, dari mulai membuat laporan keuangan sampai mengelola stock barang Kamu bisa dilakukan dalam satu aplikasi. Daftar Jurnal saat ini dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *