Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Bisnis Online

By | July 16, 2019

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Bisnis Online.

Menjadi pengusaha tidak segampang yang kita pikirkan. Nyatanya, kita semua tahu bahwa mengawali bisnis itu begitu tidak gampang. Di era digital seperti saat ini, banyak orang berbondong-bondong membawa bisnis mereka ke dalam bisnis online. Ya ! bisnis online. Bisnis secara online yang bisa mempermudah kita untuk membeli barang-barang yang diperlukan, dari mulai barang A hingga Z, semuanya ada. Ibarat kata, “apa yang anda mau, semua saya ada”. Bisnis online memberi kemudahan untuk para penjual dan konsumen. Konsumen tak perlu ke toko atau ke mall untuk mencari barang yang mereka butuhkan, dan penjual tak perlu bayar sewa ruko yang begitu mahal untuk mendagangkan barang dagangan mereka. Bila Anda mau membangun bisnis online, pasti awal mulanya Anda telah berkelana di beberapa web untuk mencari trik dan tips dalam meningkatkan penjualan secara online. Memang sich, ada begitu banyak saran dan tips di internet terkait apa yang perlu kita ketahui dan lakukan sebelum memutuskan untuk mempunyai bisnis online.Rintangan lainnya, kita akan menemukan banyak kompetitor di dalam pasar online. Bila kita memasarkan produk pakaian anak-anak, mungkin akan ada lebih dari 100 penjual lainnya yang memasarkan pakaian anak-anak di pasar online. Sumber barang-barangnya pun beragam, ada yang buatan lokal dan ada juga yang import. Dalam hal ini, ketidaksamaan antara bisnis yang kita buat dan bisnis para kompetitor akan menentukan mana yang akan mendapat lebih banyak konsumen, popularitas atau penjualan. Intinya, kita harus lakukan taktik penjualan yang unik, sehingga berbeda dari para penjual online lainnya.

Jadi, bila Anda mau mengawali bisnis online dan jadi lebih unggul dari para kompetitor lainnya, jadi Anda mesti memperhatikan saran dan tips berikut ini :

1. Identifikasi Permintaan Pasar

Jurus kedua untuk meningkatkan penjualan lewat bisnis online yaitu dengan mengidentifikasi keinginan pasar. Ya, ini adalah jurus yang tidak kalah penting. Biar bisnis kita tepat sasaran dan juga lebih efisien. Kita perlu membuat riset kecil untuk menjelajahi produk-produk apa saja yang telah bertebaran di pasar online dan mempertimbangkan keperluan lokal. Disamping itu, kita juga perlu mengetahui apa yang sedang di cari-cari oleh para customer dan apa yang paling berguna untuk mereka. Cari produk yang di cari dan diperlukan oleh banyak orang, tapi tidak banyak penjual yang menawarkannya. Identifikasi ini bisa dilaksanakan lewat riset forum di internet, opini orang-orang di sekitar, situs web atau survey yang dilaksanakan secara kecil-kecilan dengan responden yang berasal dari lingkungan sekitar kita.

Baca Juga : 5 Tips Melakukan Bisnis Online Sambil Tetap Kerja Kantoran.

2. Pikirkan tentang “Apa yang Kita Sukai?” dan “Seberapa Baik Kita Melakukannya?”

Kebanyakan pengusaha sukses yang kami temui ialah orang-orang yang memperdagangkan produk-produk yang begitu mereka sukai. Produk itu ialah dari hasil passion mereka. Itulah mengapa mengetahui “apa passion kita” adalah langkah paling utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka bisnis online. Bisnis online akan membuka peluang untuk semua orang di seluruh Indonesia bisa membeli barang yang kita produksikan. Luar biasa, kan? Nah, bila kita telah tahu apa yang kita sukai dan seberapa baik kita dalam mengerjakannya, jadi tunggu apalagi ? Jangan kelamaan berfikir ya, nanti keburu di sambet kompetitor lain ide kreatif kita. Contohnya, sejak kecil Anda begitu suka membuat baju-bajuan untuk boneka. Hoby ini terus berlanjut hingga anda menuju dewasa. Pada akhirnya, anda belajar menjahit baju dan terbilang cukup bagus desain-desainnya. Daripada hasil karyanya cuma digunakan untuk diri sendiri atau cuma menggantung di dalam lemari, kenapa anda tidak menjualnya saja di bisnis online ? Apabila ada banyak customer yang berkeinginan dan membeli, pendapatannya begitu lumayan. Bahkan juga, mungkin anda bisa mempunyai sebagian karyawan nantinya yang membantu bisnis online Anda. Kalau bisnis online yang anda lakukan saat ini belum bisa menerobos keinginan pasar, kita mesti berani mengambil resiko untuk bersabar dan terus berusaha. Sebab membangun bisnis memang membutuhkan ketekunan dan kesabaran kan ?

3. Bergaul dengan Orang-orang yang Positif dan dapat Dipercaya

Seperti yang telah kita ulas di awal artikel ini bahwa mengawali bisnis bukan hal yang gampang untuk dilaksanakan. Sebagai makhluk sosial, akan sulit untuk kita untuk melakukan segala hal tanpa ada dukungan dan bantuan dari orang lain, terutama orang-orang yang kita sayangi. Dukungan dan doa mereka akan jadi penguat kita dalam melakukan bisnis online. Disamping itu, tentunya kita membutuhkan bantuan orang lain untuk membagi tugas dan membagi beban kerja. Tidak mungkin segalanya kita lakukan sendirian. Meskipun kita mampu, tapi makin lama pasti kita akan jadi kewalahan. Maka dengan begitu, kita perlu menemukan mitra, teman kera atau investor yang tepat. Beberapa orang berfikir bahwa mencampurkan bisnis dengan rekan atau keluarga itu dapat membahayakan. Tapi sebenarnya, lebih baik kita mengelilingi diri dengan orang-orang yang kita tahu bahwa kita bisa bekerja dengan mereka, dibanding melakukan bisnis dengan orang-orang yang bahkan, kita sendiri tidak tahu mereka siapa, apa mereka adalah orang yang bertanggung jawab ataukah tidak, dan lain-lain.

4. Buat Rencana Pemasaran secara Matang

Setelah mengetahui apa passion kita dan produk apa yang paling di cari oleh customer, jadi kita harus mulai membuat rencana pemasaran yang matang. Pada rencana pemasaran, anda mesti menentukan, apa yang mau di jual itu sebuah layanan jasa atau produk ? Apakah anda membutuhkan sumber daya yang sedikit atau cukup banyak untuk pemasaran dan pengembangan produk nantinya ? Kenyataannya, akan ada sebagian rencana pemasaran, dan alat dan taktik yang perlu kita pilih. Untuk segera memulainya, kita bisa mulai membuat dan mengelola account sosial media yang dibuat khusus untuk bisnis kita. Sebagai contoh, memposting sebagian gambar, informasi dan artikel yang berguna untuk para pengikut di sosial media, yang mana mereka akan menjadi target customer kita. Selain itu janganlah lupa untuk berinteraksi dengan pengikut sosial media kita di kolom komentar, ya.

Baca Juga : Butuh Uang Buat Liburan? Berikut 6 Kerja Sampingan Mahasiswa Terbaik.

5. Terus Nikmati Prosesnya

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada pengusaha yang bisa langsung sukses dalam waktu semalam, itu tidak mungkin! Bila kita telah bertekad untuk melakukan bisnis online, kita mesti melatih diri untuk menjadi seorang yang sabar dan telaten dalam menekuni bisnis. Akan ada sebagian kerugian yang akan kita alami di awal. Semisalnya, calon konsumen telah book barang yang mau di beli, tapi ketika diminta untuk mentransferkan uang sesuai keseluruhan pembelian, mereka tidak ada kabar kembali. Dalam bisnis online, kita mengenalnya sebagai “Hit and Run”. Bekerja keras memang penting, akan tetapi anda juga perlu bersantai dan menikmati prosesnya. “Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita tidak akan pernah harus bekerja”.

Kita perlu tetap ingat bahwa apa yang berharga tidak akan pernah gampang, namun selanjutnya itu akan mempunyai ganjarannya sendiri dalam kehidupan. Jadi, apabila anda betul-betul mau meningkatkan penjualan bisnis online yang Anda miliki, tetap yakin dan percaya, bahwa Anda bisa melakukannya. Dan, janganlah lupa untuk mengaplikasikan 5 cara diatas. Selamat berjuang ya !

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *