Cara Menarik Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda

By | July 16, 2019

Cara Menarik Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda.

Kesalahan paling umum dalam dunia bisnis yaitu menganggap apabila layanan atau produk yang anda miliki telah bagus, jadi loyalitas konsumen akan mengikuti secara alami. Faktanya, akan lebih menguntungkan apabila anda lebih mempertahankan konsumen dibanding berupaya untuk mendapatkan konsumen baru. Cuma sebab konsumen pernah membeli di toko Anda dan meninggalkan review positif bukan bermakna mereka akan kembali untuk membeli lagi di toko anda. Konsumen yang kembali berbelanja di toko Anda sangat penting, tapi bagaimana cara biar konsumen kembali ke toko anda lagi ?

Cara Menarik Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda.

Cara Menarik Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda yaitu sebagai berikut :

1. Follow-up

Melakukan follow-up kepada konsumen setelah pesanan selesai begitu bagus untuk sejumlah alasan. Pertama, konsumen bisa mengingatkan anda apabila ada masalah dengan pesanan mereka sehingga anda bisa menyelesaikan masalah itu sebelum mereka meninggalkan ulasan negatif.Ke 2, anda bisa menanyakan pendapat konsumen berkenaan cara untuk meningkatkan pelayanan toko anda dan lakukan perubahan pada cara  pengelolaan toko anda untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi. Yang terakhir, anda mendapatkan peluang untuk meminta konsumen memberi ulasan positif untuk toko anda terlebih apabila mereka begitu puas dengan produk dan pelayanan yang anda berikan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Ritel Online Tanpa Uang.

2. Berikan perhatian khusus

Kita semua tentu senang bila di ingat, begitu juga dengan konsumen. Coba untuk selalu ingat nama dan kesukaan mereka setiap kali pelanggan anda lakukan pembelian. Gunakan setiap transaksi untuk memberi pendekatan personal kepada konsumen dan membuat pelanggan anda merasa di hargai. Contohnya memberi ucapan thank you atau terima kasih note dengan menyertakan nama konsumen. Apabila anda mempunyai kesulitan untuk mengingat nama dan kesukaan pelanggan anda, anda bisa membaca history chat dengan konsumen yang telah pernah melakukan transaksi awal mulanya. Contoh: “Okay Kak Adi! Pakai JNE Express kan seperti biasa?”

3. Fast response

Siapa sih yang suka di cuekin ? Pasti bete kan bila lama tidak ditanggapi ? Pastikan untuk menanggapi konsumen dalam kurun waktu kurang dari 1 jam ya. Tingkat kecepatan anda menanggapi konsumen juga mempengaruhi Skor Performa Toko. Janganlah sampai deh konsumen beralih ke toko lain!

4. Jaga kualitas produk

Sebelum melakukan pengiriman, selalu pastikan produk anda masih dalam kondisi baik dan tidak ada cacat sedikitpun. Setelah itu, pastikan juga anda mengemas produk dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, tambahkan extra bubble wrap apabila produk yang jual gampang pecah atau rusak. Janganlah lupa untuk sisipkan thank you note ya !

Baca Juga : 7 Contoh Modal Usaha Untung Besar Yang Menjanjikan.

5. Berikan penawaran menarik

Rajin-rajinlah memberi penawaran yang menarik biar pelanggan anda bisa setia dengan toko anda. Satu diantara promosi yang bisa anda berikan yaitu bagi-bagi Voucher Toko untuk pembelian dengan nominal tertentu di media sosial. Anda bisa kasih cashback atau free ongkir yang bisa membuat pelanggan anda merasa puas ketika berbelanja di toko anda. Maka dengan memberi Voucher Toko, pelanggan anda akan berkeinginan melakukan pembelian lagi sebab masih memiliki voucher yang belum terpakai. Disamping itu, anda juga bisa memberi giveaway atau diskon khusus untuk konsumen setia anda. Selalu tulis nama-nama konsumen yang telah berkali-kali melakukan transaksi di toko anda dan berikan mereka hadiah atau promosi khusus yang membuat mereka merasa spesial. Maka dengan terjalinnya hubungan baik, jadi loyalitas konsumen akan terjaga. Sebab itu pastikan untuk melakukan ke 5 hal diatas untuk membangun hubungan calon pelanggan atau konsumen.

Itulah 5 cara menarik konsumen kembali ke toko online Anda. Yang mana yang belum Anda melakukan? Yuk, mulai lakukan dari saat ini untuk bisnis yang lebih baik ke depannya !

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *