Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

By | July 16, 2019

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju.

Sedang bingung mencari cara mengawali bisnis online shop baju? Dari berbagai jenis bisnis online yang banyak dilakukan orang lewat media internet. Cuma ada 2 jenis bisnis yang tidak akan mati. Yang pertama adalah bisnis makanan online dan yang ke dua adalah bisnis baju online. Baju adalah satu diantara keperluan manusia yang pokok. Sehingga permintaan terhadap produk ini tidak akan pernah ada habisnya. Dan itulah juga yang membuat bisnis baju online dapat dijalankan. Meskipun sudah banyak sekali kompetitor yang mungkin sudah memulainya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa di coba untuk mengawali bisnis online shop pakaian.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Bisnis Online.

3 Langkah Cara Mengawali Bisnis Online Shop Pakaian

1. Penelitian Produk dan Pasar

Ada banyak sekali brand fashion besar yang sudah ada, yang berawal dari mimpi. Salah satu contoh adalah brand H&M yang sudah mendunia. Produk fashion asal Swedia ini didirikan oleh Erling Persson saat tengah dalam perjalanan di Amerika Serikat setelah perang dunia ke-2. Disana, ia melihat banyak sekali pabrik garment yang memproduksi banyak sekali baju dengan efisien. Selanjutnya ia pun memikirkan sebuah design baju yang bisa di jangkau oleh para wanita di negerinya. Keinginannya inilah yang membuat Erling mendirikan toko pertamanya pada tahun 1947 di Swedia. Tapi sebuah mimpi tanpa di dukung penelitian yang mendasar, cuma akan jadi sebuah mimpi. Khususnya pada era digital seperti saat ini, di mana pertukaran informasi berjalan sangat cepat. Bisa jadi, kompetitor sudah memikirkan selangkah lebih maju dibandingkan yang sedang dilakukan. Jadi, kita perlu membuat sebuah penelitian sebelum mengawali bisnis online. Khususnya penelitian pasar dan penelitian produk. Contoh penelitian sederhana yang bisa dilaksanakan untuk produk dan pasar adalah mengumpulkan jawaban dari pertanyaan pertanyaan ini :

1. Apa yang akan kita jual?
8. Melalui media apa kita memasarkan?
2. Bagaimana kita akan mendapatkkannya?
7. Bagaimana kita memasarkan baju tersebut?
6. Pada siapa kita memasarkan baju tersebut?
5. Berapa keuntungan yang mau kita dapatkan?
4. Jika membuat sendiri, berapa ongkos produksi satuannya?
10. Siapa kompetitor kita dan produk mana yang jadi inspirasi kita?
3. Jika membeli dari produsen, berapa harga satuan dan grosirnya?
9. Bagaimana pembayaran dan pengiriman produk pada customernya?

Daftar pertanyaan di atas sebetulnya masih bisa di kembangkan pada bagaimana kompetitor dan inspirator kita memasarkan dan lewat media apa. Atau apabila memungkinkan bisa juga sampai berapa keuntungan yang mereka dapatkan.

2. Membuat Website dan Media Sosial

Selanjutnya cara mengawali bisnis online shop pakaian yang harus dilakukan yaitu membuat web dan sosial media. Web adalah hal penting yang sebaiknya dipunyai oleh orang yang mau melakukan bisnis online. Dengan web, seorang pemasar bisa menempatkan banyak fitur-fitur yang menunjang jual-beli produknya secara online. Untuk mengawali membuat web online shop bisa memakai wordpress dengan tambahan woocommerce atau cms lainnya. Setelah menentukan cms yang akan dipakai, berikutnya yaitu mendesain tampilan web maka gampang diakses oleh calon konsumen. Design website yang paling baik adalah yang mempunyai tampilan mobile atau bisa diakses dengan handphone. Tidak hanya web, cara mengawali bisnis online shop pakaian juga bisa dilaksanakan dengan modal sosial media. Seperti yang kita ketahui, sosial media contohnya Facebook dan Instagram yaitu tempat berkumpulnya penduduk di dunia online. Hal ini yang tidak bisa dilewatkan, terlebih sebab Instagram dan Facebook. Yang menunjang jual-beli online sebab menghadirkan feature image gallery atau bisa menampilkan gambar.

3. Mulai Memasarkan Pakaian Pertama

Setelah mempunyai web atau sosial media yang akan dipakai untuk berjualan pakaian. Berikutnya anda bisa mulai memasarkan produk lewat channel-channel itu. Untuk memaksimalkannya bisa dengan memakai hastag atau mulai mengumpulkan followers untuk kemudian dijadikan target pemasaran. Nah, cara untuk mengawali bisnis online shop pakaian selanjutnya akan di uraikan pada sub-bab selanjutnya.

Beranilah Mengiklankan Produk

Tidak mungkin konsumen akan datang dengan sendirinya, atau akan langsung beli produk yang kita pasarkan. Oleh karena itu kita membutuhkan cara untuk mendapatkan traffic yang masuk ke dalam web kita. Atau jadi followers sosial media yang sudah kita buat. Untuk cara mendapatkan traffic ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Web bisa dengan memakai teknik SEO yang bisa di pelajari lebih lanjut pada halaman di bawah ini. Sedangkan untuk sosial media bisa dengan mengikuti atau men-tag orang secara acak biar menarik perhatian mereka. Atau bisa dengan mengikuti grup-grup di Facebook untuk promosi akun sosial media anda. Tapi hal tersebut akan berasa sedikit melelahkan dan memakan banyak waktu, sehingga jalan pintasnya bisa dengan memakai feature iklan berbayar. Iklan bisa di pasang di Google, Instagram atau Facebook. Apabila dulu feature iklan ini berkesan susah, mahal dan jarang dipakai orang. Tapi saat ini iklan telah menjadi keperluan utama untuk memasarkan produk kepada banyak orang dalam satu waktu. Biaya iklan pun jadi lebih murah dengan minimal pada kisaran sepuluh ribu rupiah per hari.

Mengumpulkan Database Konsumen

Database konsumen atau calon konsumen yaitu sebuah input yang begitu berharga saat kita berjualan produk. Setelah mempunyai web, sosial media dan mengiklankannya, berikutnya yaitu mengumpulkan database yang telah masuk. Database ini bisa di artikan adalah orang yang sudah menghubungi call center, whatsapp, maupun followers sosial media. Memasarkan ulang pada database adalah satu diantara cara mengawali bisnis online shop pakaian yang bisa dilakukan. Cara paling mudah mengumpulkan database yaitu membuat biar setiap iklan menarik. Dan menggugah orang untuk mem-follow sosial media yang sudah dibuat. Atau, menambahkan tombol atau pop-up pada halaman web yang diarahkan ke nomor whatsapp. Sehingga setelah pengunjung menghubungi, nomor mereka bisa di simpan untuk kemudian di tawarkan produk dilain hari.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online.

Scale-Up Time
Scale Up atau memperbesar skala pekerjaan yang dilaksanakan. Misalnya yaitu, menggandakan uang untuk iklan per-hari. Dengan menggandakan uang iklan per-hari pastinya jangkauan yang akan didapat juga akan lebih besar. Tanpa fase scale up, cara mengawali bisnis online shop pakaian akan berhenti begitu saja. Saat penjual lebih memilih pasif tanpa memperdulikan bisnisnya. Tidak hanya menambah iklan, bisa juga dengan menambah photo produk, atau jumlah produk yang dihasilkan. Tapi, scale up yang dilaksanakan harus diperhitungkan baik-baik terlebih dulu, berkaitan kapan bisnis anda telah saatnya masuk ke fase ini.

Rangkuman
Bisnis pakaian adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, dan makin berkembang dengan kedatangan online. Peluangpun bisa masih begitu terbuka dengan lakukan tiga cara mengawali usaha online shop pakaian di atas. Dengan cara di atas, kesempatan berjualan masih begitu terbuka meskipun penjual tidak mempunyai produk sendiri. Atau pilih berjualan menjadi reseller atau dropshipper, cara nya akan kita ulas pada artikel selanjutnya. Salam!

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *