Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil

By | July 16, 2019

Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil.

Bisnis apa yang bisa diawali tanpa modal yang besar ? Atau bahkan juga zero modal ? Satu diantara jawabannya adalah bisnis dropship. Bisnis dengan sistem dropship memang begitu popular beberapa tahun terakhir, tidak hanya karena minim modal juga sebab potensi keuntungannya yang cukuplah besar, di tambah lagi cara mengawali bisnis dropship terbilang cukup gampang untuk dilaksanakan. Saya sendiri juga pelaku dalam bisnis ini, telah sejak tahun kemarin saya terjun jadi dropshipper, dan tentunya telah merasakan manis dan pahitnya bisnis dropship tersebut. Akan tetapi secara keseluruhan, menurut saya pribadi bisnis dropship begitu menjanjikan, bisa dijadikan bisnis utama atau bisa juga untuk belajar dalam pemasaran. Nah, apa kalian juga berkeinginan dengan bisnis ini? Mau mulai akan tetapi bingung mulainya dari mana? Oke saya mengerti, sebagai pertimbangan coba kalian baca artikel ini sampai akhir ya! Saya yakin isi artikel ini akan membantu sekali, silahkan simak dibawah ini :

Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil.

TENTUKAN APA YANG INGIN DIJUAL

Hal pertama untuk mulai bisnis dropship yaitu memikirkan apa yang akan di jual nantinya. Pendapat saya untuk fokus pada 1 jenis jualan dulu, contohnya sepatu, baju, elektronik, atau lain sebagainya. Coba kalian pikirkan bidang apa yang kalian kuasai, sukai atau menurut kalian banyak diperlukan oleh orang-orang. Ada sebagian bidang yang menurut saya potensi penjualannya begitu besar, salah satunya fashion, kecantikan dan elektronik. Tapi sejalan dengan potensinya, persaingannya juga begitu ketat. Yang perlu kalian pahami, makin besar potensinya tentulah makin besar juga persaingannya. Dan ada baiknya anda juga lebih menspesifikkan barang yang akan anda jual. Contohnya fashion yang ada banyak jenisnya yaitu seperti baju pria, sepatu, baju wanita, aksesoris, tas, atau bahkan juga jersey bola. Dengan lebih menspesifikkan produk, kalian akan lebih fokus dalam memasarkan dan memilih target pemasaran. Bila nantinya telah berkembang, baru memperluas detail produk yang di jual.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula.

MENCARI DAN MEMILIH SUPPLIER

Bila kalian telah menentukan produk apa yang akan di jual, cara mengawali bisnis dropship berikutnya yaitu mencari dan memilih supplier. Dari pengalaman saya melakukan bisnis dropship selama ini, memilih dan mencari supplier merupakan satu diantara rintangan paling besar sebab tidak semua supplier itu bagus. Maka ada 2 cara yang biasa saya pakai untuk mencari supplier, yakni:

#Mencari Supplier

– Mencari di Instagram

Mencarinya di sosial media Instagram, saya biasa mencarinya dengan memakai hashtag tertentu, akan tetapi tidak memfokuskan kata kunci “reseller” atau “dropship” sebab hasil pencarian yang keluar cuma sedikit, jadi saya lebih sering mencari dengan kata kunci nama produk. Contohnya #jualgamis, #jualpakaianwanita, #jualbajucewek, dan sebagainya. Umumnya toko online yang membuka dropship akan menuliskannya di profile, jikapun tidak ada tulisannya kalian bisa bertanya langsung dengan cara DM atau kontak nomor Line atau WA yang disiapkan. Janganlah malu dan takut, tanpa actions kita tidak akan bisa apa-apa.

– Mencari di Google

Cara paling umum yang biasa saya lakukan yaitu mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Contohnya kalian mau dropship baju wanita, kalian bisa menuliskan kata kunci yaitu seperti dropship baju wanita,reseller pakaian wanita, dropship pakaian cewek, dropship gamis, atau kata kunci lainnya, silahkan kalian coba sendiri.

– Mencari Informasi di Web Tenar

Cara yang dulu pernah saya lakukan yaitu mencari dan membuka informasi di web-web populer dan favorite saya, tujuannya untuk mencari informasi apakah mereka membuka dropship ataukah tidak. Umumnya apabila mereka membuka dropship, ada infonya dibagian atas/bawah web. Satu diantara keuntungan apabila web populer atau favorite membuka dropship, produknya kemungkinan bagus-bagus dan tetap up to date.

– Mencari di Marketplace

Saya jarang mencari di marketplace sebab menurut saya sedikit susah mencarinya, akan tetapi saya pernah menemukan supplier yang lumayan bagus produknya walaupun pelayanannya biasa saja. Kalian bisa mencari di marketplace yaitu seperti shopee atau tokopedia. Coba untuk mengetikkan kata kunci tertentu atau bisa mengecek setiap profile toko yang produknya terlihat bagus-bagus, janganlah sungkan juga untuk bertanya langsung bila tidak ada informasi yang didapat di profile.

# Memilih Supplier Dropship

Setelah kalian mencari supplier ke sana kemari dan menemukan sebagian supplier, janganlah di ambil semuanya, awalilah cuma dengan supplier terbaik menurut kalian. Bagaimana menentukan supplier yang baik ? Tidak hanya dilihat dari sisi kualitas produknya, supplier dropship yang baik bisa dilihat dari pelayanannya, harga yang di tawarkan, komunikasinya dan lain sebagainya.

MENENTUKAN MEDIA PEMASARAN

Memilih media pemasaran yaitu langkah penting dalam mengawali usaha dropship. Banyak orang yang memakai media pemasarannya belum maksimal, misalnya cuma memasarkan kepada teman-temannya lewat Line atau WhatsApp atau aplikasi kirim pesan lainnya, ini bisa di maklumi sebab mereka berfikir bisnis dropship cuma untuk bisnis sampingan saja. Walau sebenarnya, ada banyak media lain yang bisa dipakai dengan gampang untuk mengoptimalkannya, bahkan bisa membuat bisnis dropship tidak cuma sekedar bisnis sampingan, akan tetapi bisnis utama. Media pemasarannya begitu sederhana tapi jarang dipakai oleh pelaku bisnis dropship sebab tidak terbiasa, misalnya kalian bisa memasarkan di Facebook, Instagram dan di Marketplace seperti Tokopedia. Saya sendiri memasarkan dan penjual produk dropship di Facebook, Instagram dan Tokopedia. Menurut saya pribadi, ke 3 media itu ampuh jadi media pemasaran. Janganlah minder cuma sebab kalian memasarkan barang dropship, anggap saja itu barang kalian sendiri. Akan tetapi bagaimana bila supplier memasarkan di media yang sama, contohnya saling menjual di Instagram? Supplier saya juga memasarkan di media yang sama juga dengan saya, kenyataannya produk saya laris juga. Akan tetapi yang perlu kalian lakukan bila berlangsung hal seperti itu, janganlah memasarkan produk ke customer supplier, berarti janganlah bersaing dengan supplier sebab kemungkinan kalian akan kalah dari segi harga. Selain itu, hindari teknik pemasaran yang sama juga dengan supplier, contohnya pemakaian tag harus beda dengan yang dipakai supplier. Mengapa? Sebab customer baru bisa menemukan toko supplier dan toko kalian dan toko supplier, bila customer membandingkan harga ya pasti toko kalian akan kalah.

MEMBUAT SISTEM MANAJEMEN

Katakanlah kalian telah mempunyai media pemasaran andalan dan mulai fokus memasarkan di sarana itu. Biar pengelolaan bisnis berjalan lancar dan rapi, saya anjurkan untuk membuat sebuah sistem manajemen yang akan memudahkan dalam pengelolaannya. Dari mulai yang sederhana dulu, yaitu seperti sistem pencatatan produk, contohnya produk ini dari supplier mana, tersedia berapa varian, harga berapa dan sebaginya. Contoh lainnya, berapa penjualan minggu ini, dari media mana saja penjualan berasal, produk apa yang terjual, dan ada banyak yang bisa kalian catatkan termasuk juga kapan kira-kira waktu terbaik dalam memposting produk. Dengan adanya pencatatan dan manajemen yang detil ini, terlihat merepotkan akan tetapi cobalah sebab begitu membantu dalam pengambilan keputusan. Saya sendiri telah merasakan repotnya bila tidak ada pencatatan yang baik. Untuk mulai membuat catatan, kalian bisa memakai excel di laptop atau computer atau bisa memakai Smartphone kalian. Dari mulai yang sederhana dulu, yang penting jelas dan rapi saja.

Baca Juga : Usaha Sampingan di Rumah yang Membuat Anda Sukses.

RAHASIA SEDERHANA UNTUK SUKSES

Saya bukan orang sukses, cuma seseorang yang merasa apa yang dilaksanakan telah berjalan cukup lancar saja, termasuk juga bisnis saya. Saya mempunyai resep sederhana untuk membuat bisnis saya berjalan lancar hingga saat ini, yakni konsisten dan action. Saya yakin, apabila saya bisa lebih konsisten dan lebih actions maka ke depannya bisnis akan lebih lancar dan berkembang lagi. Bagaimana dengan kalian? Telah konsisten dan action? Atau berangan-angan saja?

Jadi itulah sebagian cara mengawali bisnis dropship dari nol sampai bisa berkembang, semua sebetulnya tergantung pada kemauan kalian untuk mencoba dan berusaha. Akan tetapi, mudah-mudahan artikel diatas berguna dan membantu untuk mewujudkan impian kalian. Thanks dan salam sukses.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *