Bisnis Kreatif Untuk Pekerja Kantoran

By | July 16, 2019

Bisnis Kreatif Untuk Pekerja Kantoran.

Hay, kali ini kami akan mengkaji berkaitan bisnis untuk pekerja kantoran. Apa anda semua seorang pekerja kantoran yang ini punya bisnis sampingan? yuk kita simak dibawah ini. bekerja full time sebagai karyawan atau pekerja kantor memang hal yang cukuplah menyita waktu. Rata-rata pekerja kantoran menghabiskan waktu 9 jam ada di kantor dengan rincian 8 jam kerja dan 1 jam istirahat. Dengan rutinitas sepadat itu setiap harinya bisa jadi upah yang di terima nyatanya pas untuk menutupi seluruh keperluan, tapi begitu sulit untuk bisa menabung. Kadang sebagai pekerja kantoran perlu memutar otak bagaimana untuk mendapat income tambahan selain pekerjaan utama. Banyak perusahaan dan kantor yang tidak melarang kegiatan itu selama tidak menganggu pekerjaan di kantor. Banyak sekali yang tidak memanfaatkan waktu luangnya untuk mendapat tambahan income. Walau sebenarnya apabila dilaksanakan dengan baik income yang didapat bisa jadi melebihi upah yang didapat di kantor tempat kita bekerja. nah kali ini kami mau share kesempatan bisnis kreatif untuk pekerja kantoran yang bisa di coba. Nah usaha ini akan di bagi menjadi 2 yakni bisnis online dan bisnis offline.

Bisnis Kreatif Untuk Pekerja Kantoran.

Bisnis Sampingan Offline

1. Jualan produk UKM

Jualan produk UKM. Umumnya setiap orang mempunyai hoby sederhana yang sebetulnya bisa menghasilkan uang. Sebagai contoh membuat racikan minuman jahe instant, membuat tempe gandul, jamu, tahu goreng spesial. Tidak hanya minuman/makanan tapi apabila mempunyai keahlian dalam bidang perkayuan bisa membuat perkakas rumah tangga lemari, meja, kursi dan sebagainya. Semua yang dibuat berskala kecil tapi rutin di lakukan. Apabila telah banyak permintaan dan produksi meningkat, baru recruitmen karyawan. Anggap saja kita merintis usaha sampingan produksi barang UKM. Bisnis UKM begitu di dukung pemerintah untuk mengurangi pengangguran, dan meningkatkan perekonomian negara.

Baca Juga : 10 Cara Membuat Konsumen setia Setia Beli Produk Usaha

2. Jualan makanan untuk sarapan pagi

Jangan salah, menjual makanan untuk sarapan begitu berpotensi besar untuk mendapat income. Saat ini bila kita fikir siapa yang tidak butuh sarapan ? khususnya apabila sekitar lingkungan anda adalah pekerja kantoran yang dari pagi telah begitu repot mempersiapkan urusan pekerjaan. Kadang mereka tidak sempat untuk sarapan boro-boro mau masak, untuk sarapan pagi saja terkadang sulit sebab waktu yang begitu hanya terbatas. Umumnya mereka lebih suka membeli sarapan untuk dimakan selama perjalanan atau dimakan ketika sampai di kantor. Kesempatan ini bisa anda pakai untuk menjual makanan untuk sarapan, contohnya gorengan, bubur, nasi kuning, pecel, lauk pauk, sayur, nasi goreng dan lain sebgainya. Pastinya agar praktis semua makanan telah menjadi satu paket. Jadi saat mereka datang tinggal pilih paketnya terus beli. Jangan dijual terpisah nanti membutuhkan waktu yang lama dalam melayani konsumen. Ingat ! anda juga perlu persiapan untuk berangkat bekerja.

3. Beternak

Kesempatan berikutnya yaitu beternak. Beternak bisa bermacam-macam bergantung dari kita misalnya adalah memelihara ayam petelur, ikan, ayam pedaging, bebek, sapi, ayam kampung, mentok, kambing dan lain sebagainya. Pastinya beternak juga tidak memerlukan banyak waktu. Cukup di pagi hari sebelum berangkat kerja untuk memberi makan dan sore hari setelah pulang kerja untuk memberi makan dan membersihkan kandang. Hal tersebut dilaksanakan sampai datang waktu panen. Apabila anda beternak ayam petelur maka setiap hari anda panen. Apabila ayam pedaging memerlukan waktu 40 hari, apabila sapi dan kambing sebagai jangka panjang 1 tahun atau beberapa tahun. Nah tidak hanya menghasikan juga menjadi hoby sebab memberi makan hewan itu termasuk juga hal yang menyenangkan. Sebagai penghilang stresh. pilihan kembali ke soba semua.

4. Bertani

Nah kesempatan bisnis berikutnya untuk karyawan yaitu bertani. Kenapa kok bertani? tentunya, pekerjaan bertani tidak memerlukan waktu dan tenaga setiap saat. Sehingga tidak mengganggu waktu kita dalam bekerja di kantor. Seumpama anda memiliki lahan kosong, anda bisa manfaatkan di tanami sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa di jual. Paling butuh tenaga, dan waktu saat masa penanaman dan masa panen. Singkatnya anda menanam pohon rambutan, pada tahun ke 2 telah bisa berbuah. Banyangkan apabila anda mempunyai 10 pohon, berapa income yang didapat dengan tidak melakukan apa-apa. Umumnya untuk buah musiman banyak orang penadah yang keliling untuk membeli buah di rumah kita. Jika tidak mempunyai lahan anda bisa coba memakai sistem hidroponik, tanpa media tanah yang bisa di gantung-gantung. Pemakaian hidroponik selain tidak memerlukan lahan yang luas, tanaman hasil hidroponik mempunyai kualitas yang bagus sebab tidak memakai pupuk kimia.

5. Jadi makelar

Menjadi makelar sedikit berbeda dengan reseller. Apabila reseller perlu membeli produk terlebih dulu dan menjualnya biasanya barang-barang yang kecil atau komoditi. Apabila makelar biasanya untuk barang yang besar dan bernilai mahal seperti bangunan, mobil, kebun, tanah dan sebagainya. Keuntungan makelar cuma perlu menjual barang-barang itu kepada penduduk tanpa perlu memilikinya. Umumnya penghasilan dari makelar berdasarkan persentase dari harga jual barang itu. Contoh seperti rumah harga 300 juta, seorang makelar biasanya mendapat 1 sampai 2 % sekitar Rp 6 juta. lumayan kan ?

6. Jadi Reseller

Soal yang telah umum di bagian dunia manapun yaitu reseller. Kegiatan reseller dikenal dengan istilah berdagang dan telah dilaksanakan sejak zaman dulu. Reseller memang hal yang sederhana dan bisa dilaksanakan oleh semua orang. Seorang reseller cuma perlu beli produk dari produsen, dan di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. selisih harga itu yang jadi keuntungan sebagai reseller. Contoh paling real adalah para pedagang di pasar modern ataupun tradisional. Lihat para pedagang pasar pada pagi hari buta banyak petani yang mengirimkan hasil panen. Sesampainya di pasar puluhan pedagang menyerbu petani itu untuk membeli dengan harga murah dan di jual kembali. Bahkan juga praktek ini dilaksanakan oleh Nabi dan sahabatnya dijaman itu. Banyak orang yang berduit banyak hasil dari reseller. Sebab tak perlu produksi kita cuma perlu keterampilan pemasaran biar barang kita terjual habis.

Nah bukan income yang kecil apabila di sela-sela kesibukan bekerja anda bisa memakai kesempatan ini. Jadi silahkan di coba.

Bisnis sampingan Online

1. Jualan barang online

Jual barang online pastinya telah jadi hal biasa di masyarakat. Jualan online secara konsep sama juga dengan produsen atau reseller, cuma saja proses transaksinya dilaksanakan dengan bantuan internet. Banyak skema jualan online seperti agen, dropship, refferal, macem-macem intinya. Bisnis onleline pastinya bisa dilakukan dimana saja asalakan anda masih dalam jaringan online. Anda bisa memakai market place, atau membangun toko online anda sendiri. Apabila jumlah order telah banyak anda perlu mencari karyawan untuk mengurusi itu semua.

2. Membangun aset digital yang dapat di jual

Sebetulnya apa sih yang dimaksud aset digital itu ? Secara singkat aset digital yaitu produk-produk digital yang mempunyai nilai yang tinggi sehingga bisa di jual kepada yang memerlukan, atau dipakai sendiri. Contoh dari aset digital yaitu, akun Instagram, website, channel youtube, akun Twitter, akun Facebook dan lain sebagainya. Silahkan baca 9 asset digital yang harus dimiliki saat ini. Apabila anda mempunyai aset web anda bisa mendapatkan income dari iklan yang terpasang disana. Atau bisa dari menjual produk, bahkah bisa di jual apabila web anda mempunyai traffict yang tinggi. Begitu juga channel youtube atau akun sosial media yang lain. Rata-rata income terbesar dari iklan yang muncul disana. Maka keuntungan dari aset digital, anda tak perlu terpaku dengan waktu, sebab asset digital bisa dibangun setiap saat dimanapun setelah jam kantor selesai.

3. Jasa pengetikan

Anda memiliki hoby menulis ? Nah itu bisa jadi potensi menjadi income. Baik menulis untuk orang lain atau pribadi tetepi bisa menghasilakan. Kok bisa ? Anda bisa membuat karya novel, atau buku-buku yang berguna untuk orang lain. Anda bisa bikin secara softcoy atau hardcopy. Semua bergantung bagaimana taktik promosi anda. Tidak hanya membuat buku anda bisa menawarkan jasa menulis artikel pada website atau koran-koran yang menerima jasa tulis artikel. Saking banyaknya web yang berdiri karena potensi income yang cukup. Banyak pendiri web membeli artikel untuk menaikkan traffic nya. Mana anda bisa coba. Untuk artikel web umumnya di bayarkan berdasarkan jumlah kata. Dari mulai 300 kata, 500 kata, 800 kata, 1000 kata, 1500 kata. Itu bukan jumlah yang banyak, tapi bisa menghasilkan nominal yang cukup. Harga tiap artikel berbeda bergantung tema artikel jumlah kata dan kemapuan web tersebut.

4. Jasa Pembuatan Produk Kreatif

Bisnis untuk karyawan seterusnya yaitu produk kreatif. Maka produk kreatif tidak ada jumlah batasnya sebab begitu banyak. Apabila anda suka design bisa membuat jasa pembuatan gambar atau logo tertentu. Apabila suka pemprograman bisa membangun web, atau yang lainnya. Apabila tidak sesuaikan hoby anda . Contoh punya hoby membuat kerajian, anda bisa membuat souvernir untuk pernikahan. Buat kipas, boneka dan lain sebagainya. Kembali ke desain, apabila anda senang buat design tertentu bisa di masukkan ke dalam pakaian, jaket pasti akan lebih menarik. Anda design sendiri, bikin kaos sendiri, dan jual sendiri pastinya akan meningkatkan income. Untuk proses cetak anda tak perlu kawatir, saat ini banyak situs yang menawarkan pembuatan baju sesuai design kita sendiri. Bisnis ini dikenal dengan bisnis POD, Print on demand.

Baca juga : 10 Kesusahan untuk Mengawali Usaha Baru dan Sukses

5. Jasa penerjemah

Anda punya keahlian menguasai bahasa asing ? Jangan sampai sia-siakan kemampuan anda itu. Meskipun google translate popular, tapi masih banyak kata-kata yang tidak tepat dalam terjemahannya. Banyak orang yang memakai jasa translator sebab hal tersebut. Anda bisa di bayar mahal sesuai dengan pekerjaan anda. Contoh sebagai penerjemah teks tertentu, atau penyambung lidah dengan orang asing. Bos bos perusahaan masih banyak yang memakai penerjemah untuk penyambung lidah bisnis mereka. Sebab bos bisa bertanya apa saja dengan kita untuk diterjemahkan sehingga mitra kerja mengetahui apa yang bos inginkan.

Jadi, itulah barusan bisnis offline dan pnline yang bisa anda lakukan . Melakukan bisnis untuk para pekerja karyawan atau kantoran bukan hal tidak mungkin. Tidak hanya bisa menambah pundi-pundi income, juga bisa memakai waktu dengan efektif. Demikian dari kami mudah-mudahan artikel ini berguna ya !

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *