Apa Itu Marketplace, Perbedaan Dengan Online Shop Dan Kelebihannya

By | July 16, 2019

Apa Itu Marketplace, Perbedaan Dengan Online Shop Dan Kelebihannya.

Berjualan online akhir-akhir ini telah jadi trend di kalangan penduduk. Tidak hanya menawarkan kepraktisan, harga yang di tawarkan pun murah dan beraneka macam barang bisa diketemukan. Di dalam berjualan online ada 2 hal yang perlu diketahui yakni marketplace dan online shop. Apa itu marketplace ? Ingin tahu ? Berikut informasi berkenaan marketplace.

Apa Itu Marketplace, Perbedaan Dengan Online Shop Dan Kelebihannya.

PENGERTIAN MARKETPLACE

Nah, di dalam berjualan online pastinya sering mendengar istilah marketplace. Apa itu marketplace? Sebuah situs atau aplikasi yang jadi perantara antara penjual dan pembeli, yang di mana dilaksanakan secara online. Marketplace bisa dibilang sebagai pihak ke 3 yang menyediakan sarana dan tempat berjualan untuk penjual dan pembeli. Berjualan online di marketplace begitu menguntungkan dan mudah. Kenapa? Sebab penjual tak perlu repot mengelola toko online sendiri, membuat web dan lain sebagainya. Dengan adanya marketplace akan membuat transaksi jualan online makin gampang dan begitu disukai banyak orang. Nah terjawab sudah pertanyaan apa itu marketplace.

Baca Juga : Memulai Bisnis Online dan Kelebihan Usaha Online

APA PERBEDAAN ONLINE SHOP DENGAN MARKETPLACE ?

Pertanyaan seperti ini juga sering bermunculan di pikiran penduduk. Online shop yaitu toko online punya sendiri dan tanpa memakai perantara. Di dalam online shop, penjual mesti di tuntut mandiri. Kenapa? Sebab penjual harus bisa mengelola tokonya secara sendiri, di mulai dari metode pembayaran, pembuatan website, memakai media sosial dan sebagainya. Sedangkan di marketplace, penjual tak perlu ribet dengan hal tersebut. Kenapa? Sebab semua itu diatur oleh marketplace. Marketplace memberi metode pembayaran yang beraneka macam. Penjual cuma memasukkan photo barang yang akan di jual beserta detailnya di situs marketplace. Terakhir penjual tinggal menunggu konsumen yang membeli barang atau produk.

KEUNGGULAN MARKETPLACE

Banyak sekali keunggulan yang bisa didapat dengan bergabung di marketplace. Tidak hanya menawarkan kepraktisan untuk penjual, ada banyak kelebihan lainnya yang bisa didapat oleh penjual. Dengan adanya keunggulan-keunggulan ini, tidak khayal apabila marketplace jadi solusi dalam melakukan bisnis kecil-kecilan. Kelebihan dari marketplace yaitu sebagai berikut :

1. SEWA TOKO YANG MURAH

Untuk siapa saja yang mau lakukan bisnis melalui marketplace, bisa melakukan sewa toko atau lapak di dalamnya. Harga yang di tawarkan pun begitu murah. Berbeda dengan off line, yang mengharuskan bisnis mengeluarkan uang yang banyak. Disamping itu banyak juga situs marketplace yang memberi sewa lapak gratis untuk penjual. Begitu menguntungkan kan?

2. PENGGUNA YANG BANYAK

Banyak penduduk yang membuat marketplace sebagai solusi dalam belanja online. Kenapa? Sebab di marketplace menawarkan produk yang beraneka macam. Di mulai dari produk yang sulit di cari sampai produk yang unik. Sehingga hal ini yang membuat marketplace disukai oleh banyak orang. Berikut situs marketplace yang diketahui oleh penduduk :
– Lazada
– Shopee
– Buka lapak
– Tokopedia
– Olx dan lain sebagainya.

3. MENYEDIAKAN ONGKIR GRATIS

Ada satu hal yang membuat marketplace disukai oleh banyak orang. Apa itu? Yah, ongkir gratis. Dengan adanya ongkir gratis ini, akan membuat konsumen makin berkeinginan untuk melakukan pembelian barang di marketplace. Hal ini akan membuat produk yang di jual oleh penjual laris keras dan banyak di cari oleh konsumen. Begitu menguntungkan kan?

4. TERPERCAYA

Untuk penjual yang mau berjualan di marketplace janganlah cemas. Kenapa? Sebab hampir semua marketplace yang ratingnya tinggi dan banyak dipakai oleh user begitu terpercaya. Oleh sebab itu, konsumen dan penjual bisa melakukan transaksi secara aman dan tanpa ada kecurangan. Disarankan untuk berjualan di marketplace yang menepati rangking 1 sampai 5.

5. MEMPUNYAI BANYAK METODE PEMBAYARAN

Hal terakhir yang jadi kelebihan marketplace yaitu bisa melakukan pembayaran ke semua rekening. Banyak konsumen yang menyukai hal ini sebab tak perlu membayar biaya tambahan lagi. Disamping itu metode pembayarannya pun aman. Kenapa? Sebab konsumen dan penjual akan diberitahukan bila uang berhasil di transfer. Maka dengan begitu akan memudahkan transaksi.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Bisnis Online.

6. MENDAPATKAN PROMOSI GRATIS

Bila membuka online shop, jadi penjual harus mempromosikan tokonya biar diketahui oleh banyak orang. Sehingga hal ini pastinya akan membuat penjual “wasting money”. Tapi hal ini berbeda dengan marketplace. Marketplace umumnya akan memberi promosi yang gratis untuk penjual. Maka hal ini pastinya akan membuat produk dan makin diketahui oleh penduduk.

Jadi, itulah informasi berkenaan apa itu marketplace, ketidaksamaan online shop dan marketplace dan kelebihannya. Dengan adanya informasi ini pastinya akan membuat siapapun berkeinginan untuk melakukan penjualan atau pembelian barang di marketplace. Selamat untuk mencoba ya !

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *