9 Cara Memulai Usaha Online dari Nol

By | July 16, 2019

9 Cara Memulai Usaha Online dari Nol.

Pernahkah Anda merasa upah yang didapat dari kantor masih belum mencukupi untuk memenuhi keperluan bulanan? Bahkan juga kadang harus nombok sana sini untuk bisa memenuhi kebutuhan ? Bila Anda merasakan hal itu setiap bulan, itu adalah tanda Anda perlu tambahan income.Pertanyaan selanjutnya, bisnis atau usaha apa yang bisa dilaksanakan sebagai sampingan dari pekerjaan utama Anda? Ada banyak ide bisnis sampingan sebetulnya, tapi yang cukuplah realistis Anda bisa mengawali bisnis online. Mengapa realistis ? Sebab bisnis online bisa Anda kerjakan dimana saja dan kapan saja. Bisa dilaksanakan sewaktu senggang, sambil duduk di dalam bus atau ojek online menuju kantor. Maka dengan begitu, berikut saya sediakan cara-cara untuk mengawali bisnis online dari nol.

1. Tentukan produk yang akan di jual

Anda juga bisa lakukan penelitian secara online dengan mencari keyword atau kata kunci yang banyak di cari berkenaan satu produk (lazim dikatakan penelitian kata kunci (keyword)). Makin banyak di cari orang, itu mengisyaratkan produk itu memang sedang diperlukan. Tapi ingat, persaingan untuk menjualnya pun pasti tidak akan gampang. Sebab pasti ada banyak orang yang juga memiliki pemikiran yang sama. Sebab itu pikirkan dengan matang produk yang akan Anda jual sebagai penambah income. Maka dengan begitu, Anda bisa saja pilih 2 jenis produk. Pertama yang memang sedang ngetrend. Produk ke-2 yaitu sesuatu yang bersifat long time, tidak pernah basi dan tetap diperlukan penduduk. Selama harga yang di tawarkan cukup bersaing, jadi jualan Anda tentu akan memiliki konsumen.

Baca Juga : 5 Hal yang Anda Wajib Tahu Dalam Mengembangkan Bisnis Online

2. Dapatkan inspirasi dari keluarga atau teman

Sebelum mengawali bisnis online, ada baiknya Anda lakukan penelitian produk apa saja yang banyak di cari penduduk saat ini. Boleh yang memang sedang ngetrend atau memang produk yang tetap diperlukan banyak orang. Anda bisa mengawali penelitian ini ketika berkumpul dengan keluarga atau teman. Dengarkan apa yang sering mereka sampaikan masalah produk yang sedang ramai di perbincangkan. Cari tahu dimana Anda bisa mendapat produk yang banyak di cari itu. Termasuk juga untuk mendapat suplier yang bisa memberi harga termurah. Anda mesti tahu keperluan publik di langkah awal ini. Ingat, produk yang di jual kelak yaitu yang diperlukan banyak orang. Bukan sebab Anda suka dan kemudian mau menjualnya.

3. Bangun website

Bila Anda memiliki sedikit modal di awal usaha, bisa saja Anda tidak memilih sistem dropship. Anda bisa memilih untuk melakukan stock hingga pengiriman barang oleh Anda sendiri. Ini memang bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual di mata customer. Maka dengan begitu, Anda mesti mulai membangun web yang jadi etalase jualan Anda di dunia online. Web adalah pusat dari kegiatan bisnis online Anda. Pun menjadi tempat penyimpanan data kostumer yang suatu saat pasti akan Anda perlukan. Dengan mempunyai web, calon konsumen pun bisa disajikan banyak pilihan dari produk yang Anda jual. Termasuk juga mendapatkan informasi lebih detil berkaitan produk yang mereka kehendaki.

4. Pilih sistem penjualan

Beruntunglah Anda yang hidup di era digital saat ini. Dunia online atau digital memang mempermudah banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk juga mendapat produk untuk kemudian menjualnya kembali dengan tambahan keuntungan. Satu diantara sistem penjualan yang saat ini banyak dipakai para pelaku bisnis online di awal usahanya yaitu jadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tidak harus menaruh stock barang yang di jual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya. Anda cukup mencari konsumen, urusan pengiriman barang jadi urusan distributor. Tapi, Anda masih harus cermat memilih distributor yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda banyak menerima keluhan karena kualitas barang yang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.

5. Sebar di marketplace

Tidak cukup cuma lewat sosial media, Anda juga bisa memperluas area pemasaran produk lewat marketplace. Keberadaan marketplace yaitu seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee memang begitu membantu para pelaku bisnis online dalam menemukan konsumen. Ketika web Anda belum banyak diketahui publik, marketplace jadi alat yang pas untuk mendongkrak penjualan. Sekaligus juga jadi fasilitas untuk membuat penduduk menyadari kehadiran toko online punya Anda. Jadi pastikan setiap produk yang Anda pasang di marketplace tetap membuat calon konsumen membuka web Anda. Pada intinya, marketplace memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan sosial media. Menjual produk yang Anda jual tanpa harus keluar dana besar. Untuk kemudian membuat customer semakin mengetahui toko online punya Anda itu.

6. Buka jaringan sosial media

Setelah web Anda tayang di dunia maya, saat ini waktunya untuk menyebarluaskannya. Sebagus dan sekeren apa pun web Anda apabila tidak banyak diketahui orang ya artinya percuma saja. Untunglah, sekarang eranya sosial media. Anda bisa melakukan promosi lewat sosial media secara gratis. Sosial media adalah pilihan utama sebagai sarana promosi ketika Anda mengawali bisnis online. Bikinlah account dengan nama toko online atau web Anda. Janganlah cuma di satu sosial media, akan tetapi juga di banyak varian. Tapi, yang banyak dipakai di Indonesia saat ini ialah Youtube, Twitter, Facebook dan Instagram. Sebaiknya, Anda juga telah mempunyai account pribadi di ke-tiga sosial media utama di Indonesia itu. Sehingga Anda bisa lebih gampang menyebarluaskan informasi berkenaan website dan produk yang akan jadi lahan Anda untuk mendapat tambahan income.

7. Buat rekening baru khusus bisnis

Banyak orang yang mengawali bisnis, offline ataupun online, sering mencampuradukkan penghasilan dalam satu rekening. Ini malah yang akan membuat usaha Anda sulit maju. Sebab Anda tidak bisa mengukur telah seberapa jauh income yang didapat dari bisnis online ini. Lantaran itu, saat mengawali bisnis online Anda telah harus langsung membuka rekening terpisah. Janganlah di gabung dengan rekening yang menerima payroll setiap bulan. Atau Anda akan dibuat pusing setiap bulannya ketika melakukan perhitungan neraca penghasilan.

Baca Juga : Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula.

8. Cari asisten apabila diperlukan

Ini mungkin telah jadi langkah berikutnya dari bisnis online yang Anda kerjakan. Tapi tidak ada salahnya apabila telah mulai disediakan sejak dini. Maka bisnis Anda bisa tetap berlari kencang tanpa kendala. Asisten akan diperlukan ketika bisnis online Anda telah mulai jalan, bahkan juga berlari. Anda tidak akan mungkin bisa menangani semua tetek bengek dari bisnis. Dari mulai menerima order, menjual barang, mengepak sampai menerima keluhan konsumen. Maka Anda harus butuh asisten untuk membantu Anda menyelesaikan semua tugas itu. Anda bisa mulai mencari asisten dari orang paling dekat. Bisa suami, istri, saudara atau anak yang memang memiliki waktu cukup luang untuk membantu. Tentu saja berlaku profesionalitas dalam hal ini. Mereka harus mendapatkan gaji dari apa yang sudah mereka lakukan untuk membantu Anda.

9. Komitmen dengan anda kesibukan Anda

Satu hal yang tidak kalah penting dalam mengawali sebuah usaha yaitu komitmen yang tinggi. Walau waktu Anda praktis telah banyak di habiskan di kantor, tetap berkomitmen untuk menyempatkan waktu di bisnis online Anda. Katakanlah Anda punya jam kerja di kantor antara 8 sampai 9 jam per hari. Nah, waktu yang Anda berikan untuk melakukan bisnis online ini cukuplah 3 sampai 4 jam satu hari. Akan tetapi, pastikan Anda mengerjakannya secara konsisten setiap hari. Bahkan juga, waktu libur diakhir minggu pun tetap dipakai untuk melakukan bisnis online ini. Sebab bisnis online itu berputar terus selama 24 jam satu hari dan 7 hari satu minggu tanpa ada libur.

Penutup

Mengawali bisnis online memang diperlukan kerja cerdas dan kerja keras. Sebab Anda harus pandai membagi waktu antara bisnis sampingan atau pekerjaan utama.

Janganlah sampai Anda ditegur atasan sebab banyak pekerjaan kantor yang terabaikan. Jadi, pintar-pintarlah dalam membagi waktu ketika Anda memulai bisnis sebagai seorang karyawan. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *