7 Tips Sukses Membuka Bisnis Laundry

By | July 16, 2019

7 Tips Sukses Membuka Bisnis Laundry.

Orang-orang yang sibuk kuliah/bekerja, kadang tidak mempunyai waktu lagi untuk menyelesaikan pekerjaan di rumahnya. Satu diantara hal yang sering dilewatkan oleh orang dewasa saat ini yaitu mencuci bajunya. Hal ini yang kemudian jadi penyebab banyaknya bermunculan bisnis-bisnis pencucian baju atau laundry. Tidak hanya lebih praktis dan irit waktu, laundry banyak dijadikan pilihan sebab harga nya yang cukup terjangkau. Maka, untuk Anda yang saat ini sedang mencari inspirasi untuk mengawali melakukan bisnis. Membuka jasa laundry bisa jadi satu diantara pilihan yang tepat untuk memulainya. Tapi sebelum itu, ada sebagian hal yang perlu Anda kenali biar bisnis laundry Anda bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini akan di jelaskan apa saja tips yang bisa Anda terapkan.

7 Tips Sukses Membuka Bisnis Laundry.

7 Tips Sukses Membuka Bisnis Laundry

1. Pilih tempat yang strategis

Setelah mengenal dan menentukan target pasar, kini waktunya untuk Anda pilih tempat yang strategis berdasarkan target yang Anda tetapkan awal mulanya. Apabila Anda membidik pemakai jasa adalah mahasiswa, jadi Anda bisa memilih tempat yang ada di sekitar universitas. Sebaliknya, apabila Anda menyasar pasar pegawai kantoran, Anda bisa membuka bisnis laundry di lingkungan sekitar perkantoran. Untuk target pasar pasangan suami istri, Anda bisa buka jasa laundry yang ada di tempat perumahan padat masyarakat.

Baca Juga : Bisnis Online Yang Dapat Anda Mulai Tanpa Uang.

2. Mengenal target pasar

Hal pertama yang perlu Anda kenali yaitu menentukan target pasar. Kira-kira segmen seperti apa yang Anda harapkan memakai jasa usaha laundry Anda nantinya? Apa kalangan mahasiswa, pasangan suami istri atau pekerja kantoran?

3. Berikan kualitas terbaik pada layanan

Kualitas pelayanan sering jadi faktor lanjut apakah seorang customer mau mencoba produk yang Anda tawarkan. Dengan memberi layanan yang baik dan berkualitas, pasti customer pun akan merasa senang dan tidak sungkan untuk menyewa jasa atau untuk beli produk yang Anda tawarkan. Dalam melakukan bisnis, meskipun Anda baru memulainya jangan sampai memberi pelayanan yang seenaknya. Sebaliknya, Anda malah perlu memberi pelayanan terbaik kepada customer biar mereka tidak kapok untuk memakai jasa laundry Anda lagi. Disamping itu, pelayanan yang baik juga akan mengundang calon konsumen-konsumen baru yang berkesempatan jadi customer yang loyal.

4. Tentukan harga

Tidak hanya tempat, Anda juga perlu lakukan survey pada harga jasa laundry di lingkungan sekitar Anda. Cari tahu berapa rata-rata harga yang mereka pasang untuk setiap kg baju dan apa layanan yang diberikan. Janganlah sampai, Anda membanderol harga yang begitu tinggi dengan target pasar para mahasiswa. Disamping itu, Anda juga janganlah sampai memberi harga yang begitu murah. Pertimbangkan harga sesuai dengan apa yang sudah Anda korbankan, seperti tenaga, waktu, listrik, dan sebagainya. Membanderol harga begitu murah juga bisa berefek rugi pada bisnis laundry Anda nantinya.

5. Lakukan promosi yang optimal

Berikut, biar jasa yang Anda tawarkan dikenal lebih banyak orang. Sehingga Anda bisa lakukan promosi dengan menebar brosur atau memakai media sosial yang audience-nya diarahkan pada daerah di sekitar tempat usaha Anda. Maka dengan begitu, bisnis Anda pun akan berjalan dengan lebih optimal dan berkesempatan untuk mendapat lebih banyak customer.

6. Bertanggung jawab pada waktu yang sudah ditentukan

Dewasa ini banyak usaha laundry yang menawarkan pelayanan 1 hari selesai. Nah, apabila Anda telah menjanjikan waktu kepada customer, lihatlah waktu itu dan janganlah sampai mengingkarinya. Ketidaktepatan waktu itu bisa membuat customer kecewa hingga berimbas pada menurunnya keyakinan konsumen di masa akan datang. Mereka mungkin tidak akan kembali memakai jasa laundry Anda, apabila pelayanannya tidak baik. Parahnya, orang-orang yang mendapat perlakuan jelek dari Anda, juga bisa saja bercerita pengalaman mereka kepada orang lain. Maka hal ini bisa menyebabkan berkurangnya kinerja bisnis laundry Anda di masa depan.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol.

7. Kelola keuangan bisnis dengan baik

Satu diantara hal yang tidak bisa di lupakan dan dilewatkan oleh para pelaku bisnis yaitu mengatur keuangan bisnis mereka dengan bijak dan baik. Maka dengan begitu, dalam hal ini pencatatan keuangan atau pembukuan yang rapi begitu penting dan diperlukan.

Dengan membuat pembukuan rapi, cashflow dalam bisnis pun akan terlihat dengan jelas. Maka laporan keuangan dan perkembangan bisnis pun akan bisa dengan gampang dipantau. Anda bisa mencatatnya secara manual maupun bisa dengan memakai aplikasi pembukuan yang kini telah banyak tersebar.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *