7 Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis Pemula

By | July 16, 2019

7 Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis Pemula.

Sebagian besar pebisnis pemula sering merasa bingung untuk mengawali usahanya biar berjalan mulus dan menjangkau keberhasilan. Mengawali suatu usaha untuk mengikuti tren bisnis tahun 2019 merupakan rintangan sulit yang memerlukan mental kuat untuk menjalaninya. Faktor lain yang sering kali membuat niat seseorang jadi surut untuk mengawali usaha adalah sebab minimnya modal. Nah, artikel ini akan mengkaji hal-hal yang perlu dipahami oleh para pebisnis pemula.

7 Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis Pemula.

Calon Pebisnis Pemula Harus Mengetahui 7 Hal Ini

Modal memang tidak bisa di kesampingkan begitu saja dalam sebuah usaha. Perlu kamu ketahui bahwa yang menjadi penentu dalam mengawali sebuah usaha yang bisa mengikuti tren bisnis tahun 2019 yaitu mentalitas seseorang. Mereka yang punya mentalitas yang bagus, tetap optimis, berani menghadapi segala resiko yang akan muncul, mempunyai taktik yang baik dan yang tidak mudah menyerah akan jadi pebisnis yang sukses. Berikut ini sebagian hal yang perlu dipahami oleh para pebisnis pemula sebelum mengawali usaha :

Baca Juga : 5 Tips Praktis Membuat Artikel untuk Bisnis Online.

1. Menemukan Jenis Usaha yang Cocok

Menemukan sebuah usaha yang cocok bisa dilaksanakan dengan melihat apa yang jadi minat kamu dan apa keahlian yang kamumiliki. Bisa saja kamu memilih jenis usaha yang sedang booming sebab yang berminat banyak dan keuntungannya begitu fantastis. Namun, setelah beberapa waktu, bisa saja usaha kamu tidak bertahan sebab kamu kurang minat dan kurang ahli dalam bidang itu. Bila kamu inginkan bisnis yang bisa tahan lama, kamu perlu memilih bisnis dibidang yang kamu suka atau bidang yang sesuai dengan keahlian kamu. Kamu tinggal menyiasati bagaimana bisnis yang kamu jalani ini bisa mengikuti tren dan tidak kalah booming dengan usaha yang lain.

2. Hilangkan Berbagai Macam Alasan Kekhawatiran

Telah begitu banyak orang yang mau jadi pengusaha, namun mereka belum pernah memulainya sebab berbagai macam alasan. Banyak orang yang terasa terbebani dengan alasan pemilik bisnis pemula pasti banyak kerugiaanya, belum punya modal yang cukup, kelak kalau modalnya pinjam dulu terus rugi, bagaimana mengembalikan modalnya ? Disamping itu contohnya sebab ada fakta belum ada rekan yang bisa diajak kerja sama, belum tahu usaha apa yang cocok untuk saya lakoni, dan sebagainya. Memang pertanyaan-pertanyaan itu adalah hal yang begitu wajar, akan tetapi bukan bermakna dengan fakta itu kamu tertunda terus untuk mulai melakukan bisnis. Hilangkan kekhawatiran kamu, tuliskanlah apa yang ada dipikiran kamu, jelaskan satu persatu, lalu langsung ambil tindakan. Mulai kerjakan, mulai lakoni. Bila kamu berpikiran belum punya pengalaman masih takut. Hilangkan rasa takut kamu, yakinlah jika kamu mampu. Kamu bisa belajar dari usaha yang kamu lakoni itu, kamu akan mendapat pengalaman dan bisa terus memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang sudah dilaksanakan.

3. Bikinlah Visi Misi yang Kuat

Visi misi adalah hal yang paling penting dalam sebuah usaha biar bisa memperoleh keberhasilan sesuai dengan keinginan. Dengan adanya visi misi yang jelas dan kuat, kamu akan konsisten pada arah awal membangun usaha itu dan fokus untuk meningkatkan usaha yang telah di rencanakan.

4. Survey Kecil-Kecilan

Survey ini dilaksanakan untuk tahu bagaimana tingkat persaingan bisnis yang akan kamu lakoni, bagaimana pangsa pasar dan potensi usaha yang akan kamu tekuni. Untuk mengetahui hal tersebut, yang perlu kamu survey yaitu :

– Tempat Usaha
Tingkat penjualan suatu usaha dipengaruhi oleh pemilihan tempat yang tepat. Terlebih untuk bisnis yang memerlukan pengunjung untuk beli produk dengan datang ke tempat. Kamu perlu membuka usaha di tempat yang tempatnya strategis dan dilalui banyak orang.

– Perilaku Customer
Seorang customer akan menilai sebuah produk sebelum membelinya. Ada sebagian hal yang mempengaruhi customer untuk membeli suatu produk. ada customer memilih produk sebab sesuai dengan keperluan, produk yang akan dipakai memberi manfaat yang maksimal, kualitasnya terjamin dan harga nya sesuai dengan kemampuan.

Ada juga customer yang membeli sebuah produk sebab tergoda oleh promosi dan iklan, pilih produk bukan sebab keperluan akan tetapi sebab gengsi. Setelah beli suatu produk, mereka peroleh menilai apakah barang itu sesuai keinginan, bermanfaat dan tidak mengecewakan? Bila mereka merasa puas dengan produk yang di jual jadi perilaku itu akan berefek pada pembelian ulang produk.

– Tingkat Persaingan
Pada hakekatnya, melakukan suatu bisnis yaitu memenangi persaingan. Untuk memenangi persaingan itu, kamu perlu lihat di daerah tempat kamu berbisnis ada yang punya produk yang semacam dengan kamu ataukah tidak. Bikinlah produk yang unik, pelajari apa yang jadi kekurangan dan kelebihan kompetitor kita biar kita meminimalisir kekurangan pelayanan atau produk yang kita berikan kepada customer.

Baca Juga : Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula.

5. Terus Belajar dan Memantau Pasar

Semua type usaha akan terus mengalami perubahan. Apabila bisnis kamu mau bertahan dan terus berkembang, kamu wajib untuk tetap memantau bagaimana perubahan pasar. Untuk jadi seorang pengusaha yang terus maju, kamu harus mau terus belajar dan mengikuti tren bisnis tahun 2019 yang berlangsung. Di jaman yang mutakhir ini, biar bisnis kamu tidak ketinggalan dan terus diketahui banyak orang, kamu perlu tahu internet marketing. Inilah keterangan berkenaan hal yang perlu dipahami oleh pebisnis pemula. Mudah-mudahan berguna ya.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *