7 Hal Yang Butuh Disediakan Sebelum Mengawali Usaha Online

By | June 23, 2019

7 Hal Yang Butuh Disediakan Sebelum Mengawali Usaha Online

Ada berbagai hal yang harus betul-betul Anda pikirkan sebelum mengawali usaha online, apabila tidak ingin usaha online yang Anda lakukan gagal di tengah jalan. Melakukan usaha online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mekanisme melakukan usaha off line, sebab kedua-duanya saling memerlukan rencana yang masak sebelum kita memutuskan untuk terjun didalamnya. Tapi, yang memperbedakan kedua-duanya adalah dari aspek modal, usaha online umumnya memerlukan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan usaha off line. Disamping itu ada juga ketidaksamaan lain seperti beberapa hal yang butuh Anda buat persiapan sebelum mengawali usaha, yang kelak akan saya terangkan secara detil di bawah.

7 Hal Yang Butuh Disediakan Sebelum Mengawali Usaha Online

Paling tidak ada 7 hal yang butuh disiapkan oleh pelaku bisnis online sebelum memutusukan untuk terjun ke usaha online, ke-7 hal itu adalah jadi berikut :

1. Temukan Inspirasi Usaha

Seperti kata pepatah “inspirasi itu mahal harga” pengakuan itu memang benar terdapatnya, sebab tidak akan ada kata mengawali tanpa ada didahului dengan inspirasi. Inspirasi bisa dengan gampang diperoleh darimanakah saja, terhitung dari hoby Anda. Contoh Anda hoby design grafis, mengapa tidak mencoba buka layanan design situs atau untuk ibu-ibu yang hoby memasak, bisa mencoba membuat website berkaitan resep masakan, lalu memonetisasi website tersebut. Pokoknya, dalam menentukan inspirasi usaha, yakinkan jika Anda betul-betul menguasainya, sebab pebisnis / pelaku bisnis sukses adalah mereka yang melakukan usaha pas dengan apa yang mereka gemari dan kuasai.

 Baca Juga : Daftar Lengkap Jenis Type Bisnis Usaha Online Paling dipercaya

2. Sediakan Modal Usaha

Sama seperti inspirasi usaha, modal juga bisa diperoleh tidak hanya dari diri kita / keluarga, akan tetapi bisa juga kita peroleh dari orang lain atau biasa dikatakan dengan investor. Dengan mengaplikasikan sistem untuk hasil, jadi Anda bisa dengan gampang cari suntikan modal, tapi dengan catatan jika Anda bisa betul-betul menyakinkan para investor untuk memberikan modal di usaha online yang Anda lakukan. Apabila selanjutnya Anda kesusahan cari modal, jadi bisa diawali dengan hal kecil terlebih dulu, sebab suatu yang besar tetap diawali dari yang kecil.

3. Kompetisi Persaingan Usaha

Tahu persaingan usaha Anda. Makin berat persaingan pada usaha yang Anda lakukan, jadi makin besar juga modal dan tenaga yang harus Anda mengeluarkan. Dengan memakai Google AdWords Kata kunci (keyword) Planner, kita bisa tahu kecil besarnya persaingan usaha online yang dikerjakan, triknya cukup gampang, kita cuma butuh masukkan keyword produk yang kita jual, lalu akan ada data lengkap berkenaan keyword itu. Untuk lebih jelasnya berkaitan bagaimana cara memakai Kata kunci (keyword) Planner bisa Anda baca tutorialnya Cara Analisa Kata kunci (keyword) Dengan Google Adwords Kata kunci (keyword) Planner.

4. Pikirkan Visi dan Misi Usaha

Sebelum mengawali usaha, ada seharusnya Anda pikirkan visi dan misi usaha terlebih dulu, sebab hal ini akan begitu meringankan para pelaku bisnis biar masih konsentrasi pada tujuan. Telah berkali-kali saya dengar masalah kegagalan yang karena ketidak fokusan dalam melakukan bisnis, mencoba bisnis lain dan lupakan tujuan awal. Disini peranan visi dan misi yang akan meringankan organisasi itu untuk bisa tetap konsentrasi pada tujuan.

5. Lihat Hal Teknik Usaha

Beberapa hal teknis dalam melakukan usaha online sebaiknya juga harus kita mengerti. Jadi contoh Anda seseorang pelaku bisnis online shop, jadi ada seharusnya selain tahu cara bejualan online yang benar Anda juga harus memahami cara membuat toko online atau hal yang berkaitan dengan tehnis. Walau tidak harus  Anda untuk tahu semua itu, tapi ada seharusnya Anda menguasai dasarnya saja, tidak harus mendalam. Hal ini berguna kurangi biaya servis yang biasa dipakai untuk menyewa layanan orang.

6. Gagasan Pemasaran Usaha

Pemasaran usaha online bisa dilaksanakan di banyak tempat, ada yang gratis adapula yang berbayar. Untuk yang gratis saya pikir Anda telah tahu,  diantaranya adalah lewat sosial media. Biar terlihat lebih profesional Anda bisa membuat web. Web itu dibikin spesial untuk usaha Anda dan meringankan konsumen biar bisa lebih dekat dan kenal usaha yang Anda lakukan. Berkeinginan untuk membuat web sendiri tanpa ada pertolongan layanan pembuat web.

Baca Juga : Cara Memakai Jaringan Sosial Jadi Media Promosi Online

7. Pusatkan Kualitas Bukan Harga

Ada satu kesalahan yang sering dilupakan oleh seseorang pelaku bisnis / pebisnis, yakni mereka lebih konsentrasi untuk pikirkan bagimana cara memasarkan barang pada harga semurah-murahnya dibandingkan pikirkan bagaimana cara meningkatkan kualitas produk yang di jual. Saya sebutkan salah satu sebab dalam melakukan bisnis, kita kenal arti kesetiaan. Contoh sederhanya apabila kia menempatkan harga terjangkau tapi kualitas jelek, mungkin kita bisa mendapat banyak konsumen, tapi itu cuma berlangsung 1x saja, sebab beberapa pasti tidak akan senang dengan produk / service yang diberi, hal ini tidak akan membuat repeat buying ataukah tidak akan ada kesetiaan dari pengunjung. Berbeda perihal apabila Anda mempunyai produk dengan kualitas bagus, walau harga relatif lebih mahal, tapi Anda akan mendapat kesetiaan konsumen, hal ini sangat mungkin untuk berlangsung pembelian lagi bahkan juga tidak tutup peluang usaha Anda dipropagandakan secara gratis, mulut ke mulut.

Seperti yang kita tahu, dimana “mengawali” bukan suatu yang gampang, jadi butuh disadari jika mengawali usaha online juga bukan hal yang gampang sebab memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang banyak. Namun, saya meyakini semua itu akan manis pada waktunya, mengawali usaha online dan terima hasilnya kelak atau bermalas-malasan saat ini dan siap terima akibatnya kelak. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *