5 Rahasia Dagangan Online Bisa Laris Manis, Berani Coba?

By | July 16, 2019

5 Rahasia Dagangan Online Bisa Laris Manis, Berani Coba?.

Ketertarikan orang untuk berdagang online makin menjadi-jadi. Terbukti dari menjamurnya toko di berbagai platform digital dari mulai e-commerce hingga media sosial. Sehingga hal ini ikut merubah gaya hidup penduduk yang semakin menikmati pengalaman belanja dalam sekali click. Bahkan juga sepanjang 2018 lalu, sebagian gerai ritel di Indonesia hingga harus pasrah ‘gulung tikar’. Memang patut diakui, keberadaan fasilitas era 4.0 ini begitu mempermudah kegiatan usaha, khususnya dari aspek tehnis. Apabila melihat dari sudut pandang penjual, telah jelas jika jangkauan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen amat terbuka luas. Tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat juga, sebab semua transaksi dilaksanakan secara online. Lantas, apa keuntungan yang didapat bisa melebihi pedagang konvensional ? Ada sejumlah kegiatan menarik yang umumnya dilaksanakan. Di Hari Marketing Nasional ini, mari kita simak yuk dibawah ini.

5 Rahasia Dagangan Online Bisa Laris Manis, Berani Coba?.

1. Adakan giveaway

Anda juga bisa meningkatkan penjualan lewat sebuah giveaway. Pekerjaan ini cukuplah efektif untuk meningkatkan like, follower dan comment. Sehingga engagement account online shop anda makin tampak makin meyakinkan. Interaksi dengan calon konsumen pun akan otomtis tercipta lewat kegiatan ini. Secara garis besar, bentuk giveaway bisa di bagi jadi 2 yakni kontes dan undian. Giveaway dengan sistem undian pasti lebih mengandalkan faktor keberuntungan. Sebaliknya, giveaway berbentuk kontes akan berkaitan dengan kemampuan para peserta. Siapkan hadiah yang sedang digemari penduduk biar giveaway itu menarik untuk diikuti. Contohnya paket liburan geratis atau smartphone terbaru.

Baca Juga : Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula.

2. Berikan free shipping

Masih ingat berkenaan promosi free shipping yang diberikan oleh satu diantara e-commerce? Promosi itu berhasil menarik banyak customer, bahkan juga tidak ragu untuk melakukan repeat order. Meski apabila di hitung-hitung, harga biaya kirim yang berkisar antara Rp8 ribu sampai Rp15 ribu tidak seberapa dengan uang parkir atau transportasi saat belanja langsung di mall. Tapi tetap saja, biaya pengiriman jadi faktor pertimbangan penting untuk konsumen. Khususnya untuk mereka yang tinggal di lokasi berbeda dengan anda. Perhitungkan sebijak mungkin promosi free shipping ini biar bisnis anda tidak merugi. Janganlah tergesa-gesa untuk meningkatkan harga. Lebih baik, terapkan batas minimal pembelian sebagai ketentuan dan syarat. Sebagai contoh, harus belanja Rp150 ribu terlebih dulu. Apabila pembelian tidak menjangkau nominal barusan, jadi promosi gratis ongkir tidak berlaku.

3. Jadi sponsor event

Ada event besar? Gunakan peluang ini untuk jadi bagian dari sponsornya. Dengan pengunjung event yang banyak, pasti memberi kesempatan tersendiri untuk brand milik anda biar makin dikenal. Brand sekelas Oppo saja tidak cuma mengiklankan produk smartphone mereka lewat iklan. akan tetapi juga dengan jadi sponsor utama acara pencarian bakat yang bernama X-Factor. Tapi, selektiflah dalam memilih even sebagai lapak sponsorship anda nantinya. Sebisa mungkin mesti sesuai dengan ciri khas brand yang sedang anda perkenalkan. Sebab apabila berbeda jauh, produk anda akan ‘nyasar’. Dengan kata lain, di lirik saja pun tidak oleh konsumen. Seumpama apabila melakukan bisnis minuman segar, pilih even yang setidaknya masih berkaitan seperti musik atau olahraga.

4. Optimisasi SEO

Saat membuat online shop berbasis web, upaya anda tidak cukup sampai membangun sistem dan mendesain tampilannya saja. Akan tetapi, SEO (Search Engine Optimization) jadi elemen yang juga teramat penting. SEO yaitu proses untuk meningkatkan visibilitas sebuah web di mesin pencari yaitu seperti Yahoo, Google, Bing, dan lain-lain. Makin web ada pada peringkat tinggi hasil pencarian, jadi makin besar juga peluang toko online anda didatangi calon konsumen. Biasanya, optimisasi ini paling sering dilakukan lewat penulisan artikel blog. Awalilah penelitian sebagian keyword yang popular dan relevan untuk situs belanja anda. Anda bisa menemukannya lewat tools Google Trends. Jika memang perlu, pakai juga long tail keyword untuk menargetkan pencarian lebih mendalam. Untuk bisnis di bidang fashion online contohnya, longtail keyword yang cukuplah popular yaitu “sepatu wanita warna putih”.

Baca Juga : Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia.

5. Endorse influencer/artis

Endorsement saat ini jadi kegiatan yang paling diandalkan oleh banyak pedagang online. Prosedurnya, anda akan disuruh membayar fee atas jasa mereka ini dan mengirim produk yang akan dipromosikan. Dalam waktu 2 minggu setelah barang di terima, umumnya para influencer atau artis akan langsung mengupload video atau foto produk anda diikuti caption promosi yang menarik. Memang banyak biaya yang mesti di keluarkan. Fee selebgram populer seperti Rachel Vennya misalnya, dia memasang tarif dari mulai 5,5 juta untuk sekali post. Akan tetapi berkat jumlah follower hingga image mereka yang telah dipercaya publik, bukan tidak mungkin calon customer baru akan berbondong-bondong membeli produk anda. Menurut beberapa pemilik online shop yang pernah lakukan endorsement, mereka bahkan juga langsung berhasil meraih konsumen hingga 70% dalam waktu yang cukuplah singkat. Tidak peduli siapa dan bagaimana latar belakang anda, bisnis online bisa dengan gampang anda kerjakan dimanapun. Anda bahkan juga bisa memulainya dengan modal yang begitu terbatas, bahkan juga tanpa ada modal sekalipun. Berbeda dengan menjadi pedagang konvensional. Bukan berarti merugikan, tapi perlu lebih banyak perhitungan. Tidak hanya masalah dana, anda juga perlu mengawasi toko beserta sumber daya manusianya secara terus menerus. Utamanya, bisnis online atau offine punya kekurangan dan kelebiihan tersendiri. Berkenaan besaran untung yang diperoleh, semua bergantung pada cara anda dalam memasarkan produk itu.

Nah, 5 kegiatan diatas pastinya bisa anda aplikasikan untuk meningkatkan penjualan. Dalam urusan modal, sebenarnya saatini banyak alternatif yang bisa dilaksanakan. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *