5 Poin Penting untuk Mengawali Bisnis Online

By | June 2, 2019

5 Poin Penting untuk Mengawali Bisnis Online

Di zaman seperti saat ini, orang dimanjakan dengan sarana tehnologi yang telah masuk dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kebanyakan sektor industri yang telah beralih dari off line jadi online (ada juga industri yang melakukan bisnisnya secara off line dan online). Satu diantara industri yang paling terlihat mencolok perubahannya adalah sektor perdagangan. Orang-orang tak perlu berusaha susah payah melakukan pekerjaan jual beli barang secara bertatap muka, pergi ke pasar tradisional atau mall untuk lihat barang yang mereka kehendaki lalu melakukan transaksi. Lewat online, semua menjadi begitu praktis.

5 Poin Penting untuk Mengawali Bisnis Online

Kejadian beralihnya pekerjaan jual-beli ini memberi kesempatan besar untuk orang awam untuk turut terjun melakukan bisnis di dunia digital online. Apa Anda diantaranya? Anda ingin terjun ke bisnis online? Kalau begitu Anda sudah membaca artikel yang pas. Di artikel ini, Anda akan dibawa untuk tahu dan tahu 5 poin penting untuk mengawali bisnis online. Apa 5 poin penting itu? Silahkan kita mulai membahasnya.

5 Poin Penting untuk Mengawali Bisnis Online

Ok, ada pertanyaan untuk Anda sebelum masuk pada bahasan. Apa Anda telah mempunyai deskripsi kurang lebih apabila mau mengawali bisnis online, apa yang terbersit dalam pikiran Anda terlebih dulu? Mungkin umumnya dari Anda akan ada kalimat seperti ini, “Bisnis apa ya yang sesuai untuk saya?” atau “Produk apa ya yang laris untuk di jual?” Apabila itu yang terbersit di pemikiran Anda pertama kali, berarti Anda memang siap untuk mengawali bisnis online. Dan beruntungnya, 2 hal ini termasuk dalam 5 poin penting untuk mengawali bisnis online!

Baca Juga : Bangun Kredibilitas untuk Menjadi Bisnis Online Terpercaya

1.Inspirasi Bisnis

Sebetulnya apa yang disebut dengan inspirasi bisnis dan darimanakah aslinya inspirasi bisnis? Inspirasi bisnis ialah beberapa kumpulan pikiran yang terkait dengan bisnis dan masih dalam pikiran Anda. Inspirasi untuk bisnis itu bisa hadir dari mana saja. Ada yang muncul secara spontan, entah dalam situasi dan kondisi seperti apa, ada juga yang muncul setelah Anda cari tahu atau membaca sumber dari media. Satu inspirasi bisnis yang baik itu telah biasa, apabila Anda mempunyai inspirasi yang unik itu baru luar biasa.

Apabila Anda ingin melakukan bisnis online yang sudah ada, Anda butuh tahu dan memperhitungkan type bisnis online seperti :

-Website
-Toko online atau marketplace
-Blog
-Media sosial

Buat daftar spesial untuk inspirasi yang ada, tuangkan ke dalam tulisan atau gambar sehingga Anda tidak melupakannya. Setelah inspirasi dirasakan cukup terkumpul, mulai menyaring semua inspirasi untuk diambil jadi sebagian saja. Dari sebagian yang dipilih, eliminasi dan pada akhirnya akan ada 1 inspirasi unik yang dapat Anda eksekusi.

2.Produk

Produk jadi poin penting selanjutnya. Apabila Anda telah mempunyai inspirasi bisnis, telah pasti Anda harus tahu dan menentukan produk seperti apa yang akan di pasarkan dan di jual ke orang. Produk ialah suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk dilihat, digunakan, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat menyenangkan keinginan atau keperluan. Dapat diambil kesimpulan jika hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat disaksikan, diraba, dan dirasakan.

Pilih produk bukan hal yang gampang di bisnis online, khususnya untuk orang yang baru pertama kali terjun ke dunia digital. Tak perlu cemas, apabila Anda bingung pilih dan cari produk untuk bisnis online berikut ini ada triknya :

-Temukan kesempatan dengan menggunakan keyword (kata kunci (keyword))
-Membangun merk produk semenarik mungkin
-Pilih produk yang dapat menangani rasa sakit konsumen
-Menyediakan produk sesuai minat dan rutinitas konsumen
-Pilih produk dengan mengikuti minat dan tekad Anda
-Temukan kesempatan dalam kesenjangan
-Memakai pengalaman dan ketrampilan Anda sendiri
-Mengetahui dan memakai trend lebih awal

3. Persona Konsumen

Inspirasi bisnis telah ada, cara pilih produk yang pas untuk di jual telah dibahas, saat ini kita masuk ke persona. Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apakah itu persona? Persona konsumen adalah satu representasi deskripsi dari konsumen baik Anda berdasarkan analisa pasar dan data real berkaitan konsumen yang ada. Persona konsumen bisa diidentifikasikan dari berbagai hal : Tempat, Type kelamin ,Umur, Minat Kelompok Koneksi, Bahasa Pendidikan, dan banyak lagi.

Persona konsumen yang kompak sebetulnya cuma mengumpulkan beberapa hal paling umum yang dapat Anda jumpai di konsumen Anda saat ini. Keperluan mereka yang paling umum dan poin poin yang berkaitan dengan jalan keluar Anda, Karakter demografi, Psikografis dan, Beberapa ciri tingkah laku konsumen. Sebetulnya bisa saja Anda tidak melakukan research atau membuat persona akan tetapi efek terbesarnya adalah seperti gambling, sebab Anda cuma menebak siapa persona dari bisnis Anda.

Bicara masalah persona konsumen, Anda juga harus tahu unsur apa yang membuat seorang dalam mengambil suatu keputusan. Ini juga penting untuk pegangan Anda ke depan saat telah mengawali bisnis online. Pertama, unsur external, seperti ; budaya, kelas sosial, kelompok, keluarga, bisnis pemasaran Ke-2, ada unsur internal yang lebih mengutamakan pada unsur psikologi konsumen, seperti ; pengalaman, kepribadian, sikap dan kepercayaan, dan self concept.

Dengan mengetahui bagaimana tingkah laku customer dalam membeli produk online, Anda bisa lebih mendapatkan deskripsi untuk menyambungkan produk yang akan Anda jual dengan persona konsumen.

Baca Juga : Jangan Ragu untuk Mulai Melakukan Bisnis Online, Ada Banyak Inspirasi untuk Memulainya!

4. Taktik

Apa yang terjadi suatu bisnis tanpa taktik? Tentunya bisnis Anda jadi berantakan. Arah dari taktik tidak hanya untuk mengarahkan bisnis agar masih pada trek, minimum Anda telah mempersiapkan rencana for the worst, hope for the best, siap-siap menghadapi keadaan terburuk dan mengharap yang terbaik. Dalam bisnis online, ada 2 taktik untuk menjual produk yang Anda jual dari yang gratis hingga berbayar.

Cara promosi yang gratis, Anda cuma memerlukan akses online untuk berkunjung ke sebagian website iklan baris, pasang iklan di website iklan baris gratis, atau posting promosi ke group-group media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Cara promosi ini memakan waktu dan menguras tenaga dan pemikiran, bicara hasil juga belum bisa di pastikan, Banyak yang sukses banyak juga yang tidak berhasil.

Cara promosi berbayar ini praktis, tinggal membayar bisnis berjalan dengan sendirinya, akan tetapi memakai cara promosi berbayar ini Anda harus berani berspekulasi. Tujuannya walau telah beriklan bisa saja iklannya efektif bisa juga iklannya kurang efektif, bila diakui di antara untung dan rugi, apabila kebanyakan yang beli berarti iklannya efektif, bila tidak berarti biaya iklannya percuma. Anda butuh menentukan taktik untuk promosi secara berhati-hati untuk kelangsungan bisnis online Anda.

5. Modal

Poin terakhir adalah tentang modal. Bila bisnis secara off line telah pasti Anda butuh mengeluarkan modal yang begitu banyak, entah berbentuk uang, materi perlengkapan dan peralatan dan tenaga kerja. Bagaimana dengan bisnis online? Apa keuntungan yang Anda peroleh apabila menjalankannya?

Ada 10 kelebihan, yakni ; Mengatasi keterbatasan geografis, Anda dapat memulainya dengan modal terbatas, Bisa dipelajari otodidak tanpa mempermasalahkan latar belakang, Mendapatkan customer baru hanya dengan mesin pencari, Menghemat biaya, Meringankan menyediakan barang lebih cepat, Efisiensi waktu dan biaya perjalanan, Memberikan perbandingan harga dengan lebih cepat, Perbanyak penghasilan, bahkan juga anda akan dibayar dalam dollar, Anda dapat berubah menjadi bos untuk diri Anda sendiri.

Meski semua kelebihan sudah dijelaskan, mungkin diantara Anda masih saja ada yang sangsi untuk melakukan bisnis online, khususnya menyangkut modal. Ada alternative lain apabila Anda ingin mendapat modal lebih, seperti mengajukan proposal kerja sama, atau bisa meminjam uang ke bank. Janganlah jadikan modal yang minim sebagai penghalang Anda untuk mulai melakukan bisnis online!

Kesimpulannya disaat Anda telah mengetahui dan memahami 5 poin penting untuk mengawali bisnis online, berarti Anda telah siap untuk menjalankannya. Melakukan bisnis online itu menyenangkan! Apabila Anda telah mempunyai kemauan, ilmu, dan langsung melakukannya sebetulnya Anda sudah buka jalan untuk memperoleh keberhasilan. Perlu diingat, bisnis online juga mempunyai efek dan pasti ada event yang membuat diri Anda drop. Akan tetapi jadikan hal yang tidak menyenangkan itu sebagai pengalaman dan evaluasi agar terus maju. Selamat melakukan bisnis!

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *