5 Cara Memulai Bisnis untuk Anak Kuliahan dari Nol Hingga Sukses, Yuk Buktikan!

By | July 16, 2019

5 Cara Memulai Bisnis untuk Anak Kuliahan dari Nol Hingga Sukses, Yuk Buktikan!.

Mengawali bisnis bisa dilaksanakan kapan saja. Tidak harus mesti menunggu punya modal banyak, akan tetapi anda juga bisa memulianya pas kuliah. Banyak kok contoh-contoh pebisnis yang berhasil sukses melalui bisnis sejak kuliah. Sebut saja Mark Zuckerberg, yang bisa membuat situs sosial media terbesar di dunia Facebook saat masih kuliah di Harvard. Ketika itu, ia masih tercatat sebagai mahasiswa. Dan dari kamar asramanya, ia bersama dengan teman-temannya membuat situs Facebook. Karena bisnisnya itu, Mark kini tercatat di daftar orang terkaya di dunia bersama dengan Jeff Bezos dan Bill Gates. Banyak kesempatan bisnis yang bisa di ambil mahasiswa. Bahkan juga, dengan modal yang sedikit. Seperti membuka les privat untuk anak sekolahan, jasa translator, dan bisnis online. Akan tetapi, ingat melakukan bisnis ketika kuliah bukan hal yang gampang. Ada banyak pertimbangan yang perlu anda pikirkan sebelum terjun ke dalamnya. Sebagai mahasiswa, kewajiban yang mesti anda penuhi yaitu belajar. Janganlah sampai kewajiban itu terganggu sebab kesibukan bisnis. Bila kuliahnya terganggu dan mendapat nilai tidak baik, kan kasihan orangtua anda yang telah membiayainya. Seandainya bisnis anda sukses sih tidak masalah, akan tetapi bila tidak sukses juga kan apes banget. Nah, bilaanda memang punya niat banget untuk mengawali bisnis ketika masih kuliah, inilah hal-hal yang perlu dilakukan biar bisa sukses. Jadi, walau anda mengorbankan tenaga, akan tetapi paling tidak usaha anda bisa sukses ke depannya.

5 Cara Memulai Bisnis untuk Anak Kuliahan dari Nol Hingga Sukses, Yuk Buktikan!.

1. Sebelum memulai bisnis, buatlah proposal terlebih dulu

Ide adalah elemen penting sebelum mengawali bisnis. Akan tetapi, tidak hanya soal ide bisnis apa, namun juga ide bagaimana langkah-langkah anda kedepannya untuk membesarkan bisnis itu. Para pakar menilai biar anda bisa sukses, coba untuk pilih ide bisnis yang berkaitan dengan hal-hal yang anda gemari, atau paling tidak anda mengetahui berkaitan dunia itu. Tujuaanya adalah, biar anda menjalankannya penuh dengan gairah dan gampang menghadapi rintangan yang akan datang. Coba ubah apa yang anda sukai jadi ladang uang. Setelah menemukan idenya, tulislah rencana bisnis anda kedepannya. Sertakan juga tujuan, biaya yang anda punya, kemudian target pasar yang anda kehendaki. Maka dengan lakukan pemetaan seperti ini, anda jadi lebih gampang untuk menjalankannya.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online.

2. Cari guru atau mentor terbaik

Buat anda yang masih kuliah dan baru mengawali bisnis, mungkin akan kebingungan untuk menjalankannya. Contohnya anda bingung, bagaimana cara jualannya, kemudian target pasar yang pas siapa, atau berapa anda harus membanderol harga untuk produk atau jasa yang anda tawarkan. Nah, semua kegundahan itu bisa anda tangani dengan mencari seorang mentor. Cari seseorang di lingkungan kampus saja, yang bisa mendorong kreativitas anda dan membimbing anda menuju keberhasilan. Semua itu bisa dari rekan atau dosen sekalipun. Mintalah dari mereka masukan-masukan yang membangun, dan bersedia dengan ikhlas memberi dukungan untuk anda. Di perguruan tinggi ada banyak orang-orang hebat dari berbagai macam latar belakang, jadi gunakanlah relasi yang anda punyai.

3. Ikut seminar-seminar tentang kewirausahaan

Masa-masa kuliah yaitu waktu yang paling tepat untuk mengembangkan potensi anda. Berbagai macam keterampilan bisa anda dapatkan dan anda asah di sini. Bila anda berkeinginan mengawali bisnis, coba ikuti perkumpulan-perkumpulan wirausahawan di sekitar kampus anda, atau mendatangi acara seminar. Seminar berkaitan wirausaha atau bisnis biasanya paling sering diadakan. Maka dari sana, anda bisa mempelajari berkaitan seluk-beluk bisnis dari para ahlinya dan pastinya dengan waktu yang singkat. Ambil seminar yang dilaksanakan setiap weekend, agar anda bisa mendapat pengetahuan dalam waktu singkat, tanpa mengganggu jam kuliah anda. Ikuti materi-materi seminar yang mencakup berkaitan studi manajemen keuangan, riset pasar, keterampilan komunikasi, tips dan trik sukses mengupayakan, dan lain-lain yang berkaitan dengan bisnis yang sedang anda lakoni.

4. Magang

Coba magang di industri kecil-kecilan atau perusahaan yang sesuai dengan bisnis anda. Sebagai mahasiswa, pemahaman anda pada dunia bisnis mungkin masih hanya terbatas, kecuali, anda memang lahir dari keluarga pebisnis. Bila bukan, anda sebaiknya mengambil peluang magang. Serap ilmu-ilmu berkaitan keorganisasian, atau cara memasarkan yang baik dari tempat magang anda. Agar tidak sia-sia, cari tempat magang yang mempunyai ide bisnis yang sama dengan bisnis anda.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Bisnis Online.

5. Pakai sosial media sebagai marketing

Sebagai mahasiswa, anda pasti mempunyai masalah dalam hal permodalan. Akan tetapi, janganlah jadikan masalah itu sebagai penghalang anda untuk mengawali bisnis. Saat modal anda hanya terbatas, coba untuk berfikir secara cermat. Dalam teknik pemasaran, andabisa memakai sosial media sebagai fasilitas memperkenalkan jasa atau produk anda. Saat ini, hampir semua orang memegang gadget dan mempunyai account sosial media. Jadi, bila anda punya jasa dan produk yang menarik, tawarkan via sosial media. Buat account, pakai feature iklan yang murah. Sambil berjejaring, sambil menawarkan produk!

Itulah barusan 5 hal yang bisa anda kerjakan untuk mengawali bisnis di ketika kuliah. Tidak hanya cara diatas, ada sebagian tips tambahan yang mungkin bermanfaat. Seperti contohnya membaca kisah-kisah inspiratif para pebisnis muda, dan menghadiri seminar-seminar motivasi. Tujuanya adalah, untuk menumbukan sikap positif di pikiran anda. Sebab bagaimanapun juga, sikap positif bisa membantu anda untuk meraih keberhasilan nantinya!

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *