5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan Usaha Kecil

By | July 16, 2019

5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Pembukuan tidak cuma penting untuk usaha yang telah berjalan dalam skala besar saja. Usaha yang baru saja di rintis pun perlu mempunyai pembukuan yang rapi dan jelas. Ini sebab kondisi keuangan dalam binsis yaitu hal yang krusial. Salah langkah dalam mengelolanya saja, usaha yang Kamu rintis bisa saja mengalami kerugian atau bahkan juga gulung tikar. Maka, untuk menghindari hal tersebut Kamu harus mengelola keuangan dengan benar dan baik.

5 Cara Ampuh Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Berikut sebagian tips mengelola keuangan usaha kecil yang dapat Kamu coba dan terapkan:

5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil

1. Pisahkan keuangan usaha dengan keuangan keluarga atau pribadi

Satu diantara hal yang sering membuat sebuah usaha bangkrut di usia yang masih muda ysitu minimnya perhatian pada pengelolaan keuangan mereka. Banyak para pengusaha pemula yang mencampurkan antara keuangan pribadi merekan dengan keuangan usaha. Maka hal ini pasti tidak bisa dibetulkan. Kamu mungkin akan memakai uang dalam usaha untuk memenuhi keperluan keluarga, walau sebenarnya uang itu semestinya Kamu pakai untuk modal meningkatkan bisnis. Apabila soal ini dilanjutkan, bisa jadi usaha yang sedang Kamu rintis tidak mengalami perkembangan atau bahkan juga mengalami kerugian sampai kebangkrutan.

Baca Juga : Mau Punya Bisnis Online Tanpa Modal? Yuk Kenali Keuntungan Bisnis Dropship.

2. Gunakan smartphone untuk mencatat pembukuan

Jaman telah serba digital, tidak mungkin rasanya apabila Kamu tidak mengetahui cara untuk mengoperasikan hp pintar. Dewasa ini, banyak bertebaran aplikasi pencatatan keuangan yang bisa Kamu coba untuk membantu Kamu dalam mengerjakan pembukuan. Salah satunya yaitu AKUN.biz, aplikasi pembukuan yang sederhana dan begitu praktis untuk dipakai. Mengusung konsep pembukuan sederhana, AKUN.biz dilengkapi fitur-fitur pencatatan pengeluaran, pemasukkan dan utang piutang. Disamping itu, ada juga feature laporan yang bisa Kamu pakai untuk melihat bagaimana bisnis Kamu berjalan dalam satu periode tertentu. Maka dengan memakai aplikasi yang berada di smartphone ini, pasti Kamu tak perlu repot menulis pembukuan secara manual ditambah lagi menghitung laporan setiap bulannya. Sebab semua hal tersebut bisa Kamu dapatkan secara praktis.

3. Pakai sebagian keuntungan untuk mengembangkan usaha

Memang tidak ada salahnya Kamu nikmati keuntungan dalam bisnis Kamu. Pastinya, tidak semua keuntungan bisa Kamu pakai untuk bersenang-senang. Tetap Kamu mesti menyisihkan beberapa dari keuntungan untuk dipakai dalam meningkatkan usaha Kamu nantinya. Kamu pasti tidak inginkan bila usaha Kamu berjalan stagnan begitu saja? Nah, maka dengan begitu bijaklah dalam mengelola keuangan dalam usaha.

4. Bikinlah anggaran dana untuk bisnis Kamu

Membuat budgeting/anggaran yaitu hal penting selanjutnya dalam mengelola keuangan usaha kecil. Dengan membuat anggaran sejak dini, pasti Kamu tidak akan lakukan pengeluaran yang terlalu berlebih. Kamu akan lebih di bantu dalam membatasi pengeluaran dalam operasional bisnis yang tidak sangatlah dipakai.

Baca Juga : Butuh Uang Buat Liburan? Berikut 6 Kerja Sampingan Mahasiswa Terbaik.

5. Pantau secara rutin arus kas dalam usaha

Janganlah cuma tergiur pada keuntungan yang Kamu dapatkan. Kamu juga perlu memperhatikan stock barang dan arus utang piutang dalam usaha atau bisnis Kamu. Faktanya, banyak para pengusaha yang mengalami kesulitan sebab tidak memberi perhatian pada arus kasnya, meskipun mereka telah mempunyai pembukuan yang rapi dan baik.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *