4 Prinsip Dasar Pembukuan yang Perlu Kamu Ketahui

By | July 16, 2019

4 Prinsip Dasar Pembukuan yang Perlu Kamu Ketahui.

Dalam membuat pembukuan untuk usaha atau bisnis, ada sebagian prinsip dasar yang mesti Kamu aplikasikan. Prinsip-prinsip dasar ini akan mempermudah Kamu dalam membaca kembali ketika melakukan evaluasi pada pembukuan bisnis Kamu itu. Maka dengan begitu, biar nanti Kamu tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pencarian transaksi dalam pembukuan berikut ada sebagian prinsip dasar pembukuan yang perlu Kamu ketahui.

4 Prinsip Dasar Pembukuan yang Perlu Kamu Ketahui.

Prinsip Dasar Pembukuan yang Perlu Kamu Ketahui

1. Bikinlah pembukuan yang sistematis

Ketika akan membuat pembukuan untuk bisnis, pastikan Kamu mempersiapkan sebagian buku khusus untuk mencatat segala jenis transaksi yang berbeda. Contohnya, buku pertama khusus untuk mencatat pemasukkan, kemudian buku yang ke-2 untuk mencatat pengeluaran, dan buku yang lain yang dipakai untuk mencatat stock barang atau utang piutang. Dengan memisahkan masing-masing buku sesuai dengan manfaatnya, Kamu pasti akan lebih di mudahkan nantinya.

Baca Juga : Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula.

2. Catat segala transaksi dengan urut atau sesuai kronologis

Beriuktnya, Kamu juga perlu mencatat segala transaksi secara urut. Pastikan tidak ada satu pun transaksi pengeluaran/pemasukkan yang terlewat. Sebab terlewat satu saja itu bisa membuat laporan keuanganmu nantinya tidak sesuai.

3. Buatlah pembukuan yang rapi dan mudah dipahami

Tidak jauh berbeda dengan point pertama, bikinlah pembukuan yang gampang dipahami oleh siapapun. Janganlah sampai, pembukuan yang tidak rapi membuat Kamu bahkan juga bingung dengan apa yang sudah Kamu catat sebelumnya. Disamping itu, apabila Kamu mempunyai akuntan yang di pekerjakan, pasti membuat pembukuan yang rapi juga akan mempermudah akuntan Kamu dalam bekerja.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Jadi Reseller dengan Modal Kecil.

4. Pastikan pembukuan Kamu dapat di pertanggungjawabkan

Pembukuan yang baik yaitu yang memenuhi berbagai macam prinsip dasar akuntansi. Seperti bisa di pertanggung jawabkan dan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan di masa akan datang.

Dengan memperhatikan prinsip dasar pembukuan keuangan diatas, Kamu pasti akan lebih gampang dalam mengelola/mengatur arus kas keuangan yang ada dalam bisnis Kamu. Tapi apabila membuat pembukuan secara manual itu akan memakan banyak waktu dan akan terasa merepotkan untuk Kamu, saat ini telah banyak tersebar aplikasi pembukuan keuangan. AKUN.biz yaitu satu diantara contohnya, dengan memakai aplikasi pencatatan keuangan dalam bisnis Kamu akan jauh lebih praktis dan gampang untuk dilaksanakan.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *