3 Bentuk Corong Penjualan Yang Menimbulkan Masalah Besar Pada Bisnis

By | July 16, 2019

3 Bentuk Corong Penjualan Yang Menimbulkan Masalah Besar Pada Bisnis.

Corong penjualan atau sales funnel yaitu representasi visual dari proses penjualan Anda. Anda bisa belajar banyak cuma dengan melihat bentuk corong penjualan bisnis Anda saat ini. Bagian-bagian tertentu dari corong penjualan semestinya menjadi gemuk, dan beberapa daerah lainnya semestinya kurus. Corong penjualan yang baik semestinya gemuk dibagian atas tempat pengunjung baru masuk dan mengawali perjalanan mereka untuk mengambil keputusan. Kemudian bagian selanjutnya secara bertahap makin kurus hingga pada akhirnya konsumen baru keluar. Sebagian bisnis mempunyai corong penjualan yaitu seperti gajah hamil. Sayangnya mereka tidak tahu berkaitan apa yang sedang terjadi pada corong penjualan sehingga mereka tidak mengambil tindakan apa pun sebagai langkah pencegahan berlangsungnya masalah yang besar. Kenapa bentuk corong penjualan itu penting? Sebab ini akan membantu Anda menentukan bagian corong yang mana yang harus lebih Anda fokuskan, dan perbaikan macam apa yang perlu Anda kerjakan untuk bagian corong yang tidak sesuai dengan keinginan.

Anda bisa mulai mengecek corong penjualan eksisting Anda dengan memakai sebagian pertanyaan diagnostik dibawah ini :
1. Berapa persentase yang menjadi prospek penjualan?
2. Berapa banyak lead yang Anda miliki saat ini pada database Anda?
3. Berapa banyak pengunjung unik yang dipunyai oleh situs web Anda selama 1 bulan?
4. Berapa persentase yang bisa Anda harapkan untuk menjadi peluang/prospek penjualan?
5. Berapa persentase prospek yang bisa Anda harapkan untuk jadi konsumen yang melakukan pembayaran?

Sebagian informasi diatas bisa Anda pakai untuk mengantisipasi bentuk corong penjualan. Dan apabila Anda lihat corong penjualan yang seperti gajah hamil, jadi Anda bisa tahu jika ada masalah serius di dalamnya. Ada 3 masalah yang bisa muncul dari bentuk corong penjualan yang salah, yakni sebagai berikut :

3 Bentuk Corong Penjualan Yang Menimbulkan Masalah Besar Pada Bisnis.

# Bagian Tengah Corong Penjualan Kurus : Terlalu Miskin Prospek

Bentuk ini yaitu bagian sembelit lainnya namun di sini kondisinya malah pengunjung situs web yang terjebak dibagian atas corong. Mereka masuk ke aliran Anda sebab mendapati terdapatnya sesuatu yang menarik perhatian mereka, namun kemudian mereka kehilangan minat dan tinggal dibagian pengunjung selama-lamanya. Bentuk ini menunjukkan bahwa praktek yang Anda pakai untuk menghasilkan pengunjung situs dengan memberi pesona kepada mereka termasuk berhasil. Sayangnya Anda bermasalah saat membawa pengunjung ke tingkat selanjutnya. Akan tetapi ada sebagian langkah yang bisa Anda lakukan sebagai solusi. Hal pertama yang bisa Anda kerjakan yaitu dengan mengunjungi kembali persona konsumen Anda untuk memastikan bahwa pesan dan persona Anda ada dalam keselarasan yang sempurna. Anda harus pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan sesuai dengan apa yang audience target Anda perlukan dan inginkan. Selanjutnya Anda harus megubah ajakan untuk bertindak (CTA) yang Anda buat. Dari 8 jenis CTA berbeda pilihlah satu yang terbaik sesuai dengan kondisi yang dihadapi. CTA yang berbeda mungkin memerlukan halaman yang berbeda akan tetapi meskipun itu akan memunculkan pekerjaan ekstra, CTA secara eksponensial bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk mengawali kembali aliran pengunjung ke bagian prospek.

Baca Juga : Usaha Sampingan di Rumah yang Membuat Anda Sukses.

# Bagian Tengah Corong Penjualan Kembung : Terlalu Banyak Prospek

Apabila bagian tengah corong penjualan relatif membengkak pada bagian yang lainnya, itu bermakna corong penjualan Anda mengalami sembelit. Dari atas corong penjualan, kontak bergerak dengan kecepatan yang normal dan jadi prospek, akan tetapi kemudian mereka macet dan mulai menumpuk sehingga membuat bagian tengah corong jadi makin gemuk. Ini berarti jika Anda kekurangan prospek yang berkualitas, kesempatan penjualan, dan condong membayar client. ini mengarah pada kondisi bisnis dari tangan ke mulut. Yang Anda perlukan yaitu optimalisasi corong penjualan sehingga prospek bisa mulai mengalir dengan bebas dari langkah prospek ke langkah kesempatan, maka selanjutnya ke langkah pembelian.

Untuk mengontrol aliran pada corong penjualan, sebaiknya Anda memperhatikan 5 faktor penting yaitu sebagai berikut :

1. Jadikan content Anda relevan dengan persona itu.
2. Milikilah persona konsumen tertetu.
3. Segera tindak lanjuti ketidaksamaan waktu yang bisa mengakibatkan pergantian.
4. Pakai sebagian saluran pemasaran untuk meningkatkan open rates.
5. Berikan skor pada masing-masing prospek sehingga Anda bisa merencanakan taktik tindak lanjut secara strategis.

Baca Juga : 10 Langkah Memulai Bisnis Kecil Yang Sukses.

# Bagian Ujung Corong Penjualan Kecil : Kelaparan Yang Nyata

Apabila corong penjualan Anda mempunyai bagian ujung yang kecil, ini menggambarkan bahwa tidak ada penjualan. Karyawan dan anda mungkin saat ini sedang mengalami kelaparan yang nyata. Dalam sebagian kejadian, tempat dimana Anda mengalami masalah bukan tempat yang sebetulnya. Tempat yang sebetulnya malah ada sebelum tempat yang diduga. Jadi lihatlah bagian tengah corong penjualan Anda.

Peluang penyebabnya antra lain yaitu :

1. Serah terima pimpinan dari pemasaran ke penjualan tidak berjalan lancar.
2. Pemasaran mengakibatkan penjualan begitu cepat.
3. Proses penjualan yang cacat. Apabila Anda memasarkan barang bernilai tinggi, pakailah penjualan konsultatif yang tepat.

Lihatlah ke dalam proses yang dilalui oleh prospek sebelum mendarat di pangkuan tenaga penjual. Anda akan mendapati pemicu permasalahannya. Itulah 3 Bentuk Corong Penjualan Yang Memunculkan Masalah Besar Pada Bisnis. Mudah-mudahan bermanfaat ya ! Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *