21 Cara Membuat Penjualan Pertama Toko Online Anda Sukses

By | July 10, 2019

21 Cara Membuat Penjualan Pertama Toko Online Anda Sukses

Akses online yang gampang dan lebih cepat menghadirkan pasar baru di dunia usaha, yaitu melakukan bisnis online. Jadi langkah awal melakukan bisnis online, mempunyai income penjualan pertama ialah investasi yang begitu penting. Penjualan pertama bisa jadi titik balik dan tanggapan positif dan bisa jadikan alat untuk membangun keyakinan customer pada produk. Tapi, usaha akan makin berkembang dan pasti kita ingin terus berjalan. Penjualan pertama bisa sebagai awal dari perjalanan panjang usaha yang ingin diraih. Nah, untuk mempermudah melalui langkah pertama dengan sukses, berikut ini ialah 21 cara biar dapat membuahkan penjualan pertama.

21 Cara Membuat Penjualan Pertama Toko Online Anda Sukses

1. Berikan Sampel Produk ke Tokoh atau Orang yang Punya pengaruh

Hidup di era digital ini, orang tidak cuma populer lewat kehidupan riil saja. Kebanyakan sekali orang bisa populer dan mempunyai dampak dari online. Mereka umumnya adalah seseorang blogger, jurnalis, vlogger, atau youtuber yang populer dari berbagai segi. Tokoh yang populer ini biasanya mempunyai kebanyakan pengikut di sosial media seperti twitter atau instagram, atau kebanyakan konsumen setia (subscriber) pada website/web dan kanal Youtube mereka. Beri satu diantara contoh produk toko ke orang-orang itu, biar mereka langsung bagikan (sharing) produk itu ke seluruh followers atau subscribers mereka. Umumnya arti ini diketahui juga dengan panggilan endorsment dimana kita harus membayar sejumlah uang pas pada harga yang ditawarkan oleh orang-orang yang punya pengaruh di online ini biar mereka mau meng-upload sampel produk.

Baca Juga : 9 Kesempatan Usaha Online yang Tidak Di Telan Waktu

2. Membuat Website atau Web

Mengawali usaha online layaknya usaha biasanya: harus mempunyai lapak atau tempat untuk berjualan. Pada usaha online, tempat berjualan adalah membangun satu website atau web. Website ini berperan seperti tempat pertanian, tempat menyemai benih dan menjaga tanaman maka bisa panen dan kita nikmati untungnya. Dengan website yang terkait dengan produk yang di jual, kekuatan pasar akan makin luas dari konten marketing. Membuat website ini terhitung cara simpel yang efektif untuk meningkatkan konten marketing usaha. Dengan website, kebanyakan orang akan menanyakan produk dan kita pun bisa menjawab pertanyaan ini. Tidak cuma itu, kita juga bisa memperluas segmentasi pasar dengan membuat content tulisan yang tawarkan panduan, panduan, dan artikel pola hidup lain yang terkait dengan produk. Bila content itu dapat menarik kunjungan pemakai online, jadi dengan semakin gampang juga customer tahu apa yang di jual di web itu.

3. Membangun Daftar E-mail untuk Marketing

Daftar e-mail ini berperan biar dapat mengirim informasi, produk, dan content paling baru ke mailbox customer. Cara membangun daftar e-mail ini dengan masukkan formulir e-mail subscription pada tempat yang terlihat di website atau web kita. Tawarkanlah kegunaan yang bernilai bila pengunjung mendaftar emailnya dibanding sebatas ajakan untuk mendaftar e-mail sangatlah saja. Contohnya, setiap minggu para customer yang mendaftar e-mail akan mendapat coupon atau voucher potongan harga apabila berbelanja produk. Dengan demikian, tiap-tiap pengunjung pun berkeinginan untuk mendaftarkan untuk mendapat voucher potongan harga.

4. Jadi Sponsor Satu Moment

Berperan serta jadi sponsor satu moment mempunyai dua bagian yang berbeda. Sebenarnya, jadi sponsor bisa jadi arena promosi produk, terlebih bila produk terkait dengan moment itu. Tapi, ini juga bisa buang saat dan tenaga, terlebih biaya. Untuk itu sebelum menentukan jadi sponsor, kita butuh lakukan analisa dan analisa. Pertama, pilih moment yang umumnya orangnya akan berkeinginan dengan produk dibarengi dengan jumlahnya peserta yang ada. Setelah itu, bisa mulai mengkalkulasi berapakah jumlahnya biaya yang patut dikeluarkan untuk mensponsori pekerjaan itu. Di tempat moment, jangan cuma menyimpan flyer atau sebatas membaginya pada yang lewat saja. Dipakai kemampuan marketer untuk membangun hubungan dengan konsumen yang mungkin. Bila bisa saja, bisa juga dengan mendemonstrasikan produk dengan cara yang menarik hingga mengundang orang untuk hadir dan menanyakan berkenaan produk kita. Paling akhir, berikan informasi kontak dan detil produk pada flyer yang diberikan.

5. Mainkan Satu Atraksi PR (Publick Relation)

Biar produk lebih cepat mendapatkan perhatian media, jadi butuh lakukan atraksi PR yang unik, suatu yang lucu dan tidak biasa. Atraksi PR punya potensi membuat merek kita lebih populer. Bila dilaksanakan secara baik, cara ini dapat percepat tingkat kepopuleran produk kita. Pasti, juga disertai dengan bertambahnya jumlahnya customer yang setia dalam waktu singkat.

6. Menulis Profile Tokoh Punya pengaruh

Ada seharusnya kita wawancarai seseorang tokoh populer dan punya pengaruh dan berdiskusi berkenaan industri produk. Keuntungannya, tidak hanya mendapat kebanyakan pengetahuan berkaitan produk, ini juga akan membangun branding website atau web kita hingga orang akan yakin dengan produk yang kita miliki. Content yang menarik ini juga yang akan menjaring calon konsumen yang tengah lakukan penelusuran dalam kata kunci tokoh itu. Bisa jadi hasil penelusuran akan ke arah pada web.

7. Coba Memakai AdWords

AdWords ialah jaringan iklan yang dipunyai Google. AdWords ini begitu tekenal hingga sangat mungkin pemakai tempatkan iklan di tiap-tiap hasil penelusuran pada Google, Youtube video, dan web yang terafiliasi dengan Google. Jika calon customer menulis kata kunci (keyword) sebuah produk yang semacam dengan produk di kolom penelusuran Google, automatis web kita bisa tampil di posisi pertama di hasil pencariannya. Pasti, ini akan mengundang minat calon customer untuk mengeklik daftar pertama hasil penelusuran itu. Kelebihan AdWords ini terdapat pada kecepatan dan jangkauan marketing iklannya yang begitu luas dan juga bisa di-filter berdasar segmentasi tersendiri. Untuk menempatkan iklan di AdWords, kita bisa lihat tips pemula Google AdWords.

8. Pakai Afiliasi Marketing

Mungkin bila kita merasakan sulit memasarkan produk sendiri, coba untuk share komisi dengan orang lain dengan memakai afiliasi marketing. Marketing ini ialah cara untuk memberi tanggung jawab pemasaran ke orang lain, bisa dengan mendapat traffic ke website atau web, bisa juga langsung menjual produk. Pasti, jadi reward atas bisnis marketer, kita memberi komisi berapakah % dihitung dari jumlahnya penjualan. Marketing mereka pun bisa dicari dengan ID kode unik link yang kita beri. Keberhasilan afiliasi marketing ini tergantung pada type produk kita, apa memang produk yang diperlukan pasar luas, dan besaran komisi yang kita beri pada marketer afiliasi kita.

9. Jual Produk Grosiran ke Retailer Lain

Memasarkan produk pada customer satu demi satu itu hal yang biasa. Tapi jika dapat memasarkan dalam jumlahnya besar atau grosiran pada retail lain, beban marketing akan menyusut. Hal ini sebab pihak retail pun pasti akan menjual produk pada customer. Contohnya penjualan retail itu bertambah, jadi keinginan produk juga akan bertambah. Keuntungan yang lain, sistem ini dapat meningkatkan kontan flow atau saluran uang masuk. Kita mungkin berpikir, produk kita akan di jual dengan margin yang kecil. Tapi tidak butuh cemas, kita peroleh menggantinya dengan jumlah penjualan produk.

10. Bangun Jaringan di Komunitas Diskusi

Komunitas diskusi ini bisa jadi ladang pengetahuan untuk membaca artikel dan panduan pas produk. Saat menulis di komunitas yang aktif, kita juga bisa mengenalkan produk tapi tidak langsung berupa promosi. Yakinkan juga tidak menyalahi ketentuan yang berada di komunitas. Meskipun tulisan di komunitas itu berisi promosi produk, tapi tetaplah menulis secara profesional. Begitu kebanyakan atau sering menyimpan link web di komunitas itu akan mendapatkan peringatan dari moderator komunitas. Tulisan pun sebaiknya tidak berbentuk ajakan langsung untuk beli produk, namun tulislah sebagian kelebihan bila konsumen memakai produk. Biarlah konsumen memandang produk dari tulisan di komunitas itu maka pada akhirnya mendapat konsumen produk.

11. Pasang Pengumuman Press Release

Pengumuman atau press release ini memang dipakai untuk mengundang perhatian secara luas. Tapi butuh dilihat, press release ini juga harus dikemas secara baik dan tidak berbelit hingga tidak memusingkan calon customer. Bikinlah berita ini bagus dan begitu bernilai. Beri informasi yang menarik dibaca publik hingga menyebabkan tanggapan pembaca untuk ingin tahu lebih jauh. Press release ini juga harus dibikin dengan singkat secara profesional dan tidaklah terlalu monoton.

12. Tetap Lihat Analisa Web

Jadi pelaku bisnis online, mengevaluasi dan ambil aksi pada analisa web kita ialah hal yang penting. Penilaian pada pengunjung web begitu dipakai. Analisa ini dapat jadi bahan alasan apa web telah pas target pasar kita atau butuh dimaksimalkan lagi. Analisa yang dapat dilihat pada statistik web salah satunya adalah tunjukkan apa yang dilaksanakan konsumen di web, halaman yang dimasuki, periode waktu tinggal di sebuah halaman web, dan sumber darimanakah mereka dapat berkunjung ke web. Analisa web ini tidak membutuhkan biaya. Kita bisa tahu semua informasi statistik web kita dengan memakai Google Analytics. Setelah mengeluarkan web atau toko online,sebaiknya kita memberi saat Google Analytics untuk menganalisa traffic web. Setelah hasilnya ada, kita dapat memutuskan apa pun pada web.

13. Bikinlah Satu Survey

Tahu kemauan customer pada produk dan service peroleh meringankan mengumpulkan ketetapan yang pas untuk yang akan datang. Untuk itu, lakukan survey kenikmatan customer, yang efektif untuk mendapat masukan yang jujur dan netral. Lain perihal apabila minta masukan pada keluarga atau rekan sendiri, pasti ada rasa sungkan bila ada kekurangan yang ingin dikatakan maka pada akhirnya tertutupi. Kita bisa melakukan satu survey online dengan memakai aplikasi seperti Survey Monkey dan Qualaroo.

14. Kerja Sama juga dengan Retailer Lain

Membangun kerja sama juga dengan barisan retail ialah bentuk suport dan dapat sama-sama lengkapi satu sama lain. Kita juga akan terbantu dengan promosi yang dilaksanakan retail lain, sekaligus juga meringankan retail lain juga. Misalnya, bila memasarkan online sepatu, jadi dapat minta pertolongan dari toko online tas. Jadi, dalam situsnya ada promosi produk sepatu kita, sangatlah juga di web kita bisa ditempatkan promosi produk tas itu. Kita dapat lakukan kerja sama ini dengan retail yang kecil maupun dengan barisan yang besar. Contoh kerja sama yang besar yaitu The ecommerce grup yang bekerja lewat group Facebook. Para retail dengan jumlahnya 2.500 anggota sama-sama bekerja bersama memberi pendapat, memberi masukan, dan pertolongan yang lain.

15. Beri Kontes atau Giveaway

Biasanya, orang pasti suka pada beberapa barang yang diperoleh secara gratis. Karenanya, bila tengah membangun keyakinan customer pada produk, mengawali kontes atau giveaway bisa jadi cara untuk mendapat arah itu. Kontes ini efeknya tidak cuma meringankan kita membangun back-link yang bernilai, tapi juga bisa sebagai cara yang pas untuk promosi ke konsumen yang punya potensi. Kita juga bisa pelajari SEO untuk memaksimalkan traffic kontes toko online.

16. Membangun Kekerabatan yang Pas

Membangun kekerabatan ialah tiang biar usaha online bisa berkembang. Kekerabatan yang dibuat tidak cuma di dunia maya, namun juga dalam sehari-harinya. Membangun kekerabatan akan meringankan keberhasilan usaha online, baik dengan orang yang terkait dengan usaha kita secara langsung atau dengan orang punya pengaruh meskipun tidak secara langsung terkait dengan usaha.

17. Optimalkan Media Sosial untuk Dekati Konsumen

Ada tiga sosial media yang dapat tampilkan citra branding produk kita, yaitu twitter, instagram, dan facebook. Dengan ke-3 sosial media itu, kita dapat dekati konsumen dengan menyertakan diri pada minat dan minat konsumen. Sosial media ini juga tempat yang baik untuk tampilkan kreatifitas dan branding produk. Contohnya dengan cara ambil gambar terbaik produk, bisa juga tampilkan video proses membuatnya dan ketika pemakaiannya. Janganlah lupa beri caption terbaik untuk gambar produk kita. Bila dapat mengepaknya secara baik, produk akan ramai dibahas di sosial media dan banjir order. Kalaulah tidak langsung mendapat penjualan dari sosial media ini, paling tidak pengikut akan bertambah kebanyakan. Itu berarti, konsumen tengah menanti type produk lain yang kita tunjukkan yang sesuai dengan seleranya.

18. Yakinkan Menang di Situs Perbandingan Harga

Customer akan condong pergi ke situs perbandingan harga terlebih dulu sebelum beli barang. Sebagian situs ini salah satunya The Find, Google Shopping, dan Nextag. Situs ini memperbandingkan harga dari beberapa ribu produk dan toko. Agar produk dilirik customer, kita butuh berkompetisi harga di situs ini. Hasilnya, situs ini akan memberi peluang untuk mendapat return of investment (ROI) terbaik.

19. Buat Infografik yang Menarik

Data kenyataan dan informasi statistik yang diberikan dengan design yang menarik dan gampang dipahami ialah infografik. Dalam soal usaha, kita butuh membuat infografik khususnya apabila dihubungkan dengan jumlahnya sharing di sosial media dan traffic dari mesin pencari. Menurut UnBounce, perusahaan yang sudah membuat tips marketing memakai infografik, banyak orang cari infografik. Bila merasakan susah menyusun design yang menarik, jangan cemas. Ada kebanyakan perusahaan maupun freelancer yang tawarkan service kreasi infografik.

20. Kadang-kadang Bukalah Toko beradaptasi di Sebuah Moment

Meskipun kita membangun satu usaha online, bukan bermakna tidak bisa membangun toko off line. Kita bisa mengadakan lapak atau istilahnya pop-up store pada event-event yang mungkin hingga peroleh jadi fasilitas promosi produk. Pop-up store ini tidak membutuhkan kebanyakan biaya sebab toko type ini cuma sesaat saat saja. Yang butuh dilihat, pasti sama juga dengan toko off line umumnya, pop-up store ini juga mengandalkan tempat. Buks pop-up store di pameran seni, mall, galeri, atau keramaian yang pas dengan sasaran pasar. Pasti, kita peroleh memakai pop-up store tidak hanya untuk penjualan langsung juga jadi marketing off line kita.

Baca Juga : 7 Trick Melawan Kompetisi Usaha Online yang Makin Ketat

21. Design Toko Online dengan Menarik

Sering kita dengar pepatah “jatuh cinta pada pandangan pertama”. Kelihatannya, pada usaha ini juga berlaku. Customer akan jatuh hati pada produk dan usaha kita bila penampilan web kita begitu menarik dan gampang dipakai. Customer akan ulang lagi meskipun telah sudah pernah beli maupun sebatas lihat etalase produk kita saja. Design web yang baik adalah dengan tanpa ada kebanyakan scrolling dan klik ubah halaman, customer telah mendapat informasi lengkap. Terlebih kini dengan semakin jumlahnya pemakai smartphone, akses online dari handphone makin tinggi. Web yang responsive pada piranti smartphone pun jadi lebih kerap didatangi orang.

Membuat Taktik yang Lebih Kreatif

Tidak hanya dapat melakukan modifikasi 21 cara di atas pas dengan keperluan dan kreativitas. Kita bisa temukan cara lain yang lebih hebat hingga penjualan pertama toko online bisa sukses. Keberhasilan penjualan pertama ialah langkah yang baik untuk perjalanan panjang usaha online. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *