15 Langkah serta Tips Mengawali Usaha Kuliner Hingga Sukses

By | May 2, 2020

15 Langkah serta Tips Mengawali Usaha Kuliner Hingga Sukses – Sebelum mengawali suatu usaha, ada satu pertanyaan yang perlu Anda kemukakan pada diri kita. Apa Anda hanya ingin membangun bisnis yang memanfaatkan trend sesaat, atau ingin membuat suatu usaha yang dapat bertahan dalam semua trend. Jika Anda ingin membangun usaha yang dapat tahan lama, kemungkinan usaha kuliner dapat jadi pilihan Anda.

15 Langkah serta Tips Mengawali Usaha Kuliner Hingga Sukses

Mengapa Usaha Kuliner?
Usaha makanan adalah salah satu usaha yang dapat bertahan ditengah-tengah serangan trend luar negeri. Tentunya, kualitas minuman dan makanan yang Anda sediakan. Tetapi, di luar dari kualitas itu, usaha kuliner tetap jadi salah satu usaha yang mengundang selera. Buat Anda yang masih tetap meragukan keuntungan dari usaha kuliner, di bawah ini beberapa faktanya kenapa usaha ini cukup menjanjikan.

1. Semua orang perlu makan

Makanan telah termasuk juga dalam keperluan fundamen manusia kecuali rumah serta baju. Tetapi sekarang makanan sendiri sudah bertumbuh jadi suatu hal yang melewati keperluan saja. Makanan sudah bertumbuh jadi satu budaya di golongan warga. Hingga beberapa orang yang hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup. Lumrah saja, karena di dunia ini ada berjuta kebudayaan kuliner yang benar-benar menarik untuk ditelusuri. Jadi, jika usaha kuliner Anda mempunyai keunikan tertentu karena itu dinyatakan beberapa orang yang bisa menjadi konsumen setia Anda.

2. Bisa ditingkatkan jadi waralaba

Usaha kuliner adalah salah satunya usaha yang seringkali dirubah jadi franchise. Lihat saja beberapa gerai cepat saji yang cuma datang dari satu kota, dapat bertumbuh sampai menyebar ke penjuru dunia. Lihat juga beberapa makanan simpel yang berawal dari gerobak tepi jalan, sekarang sudah mempunyai beberapa ribu gerobak yang sama di semua Indonesia. Dengan buka franchise, karena itu Anda akan mempunyai pendapatan yang semakin besar.

3. Mudah menyesuaikan

Trend makanan selalu bertumbuh. Pekerjaan Anda pemilik usaha kuliner ialah dapat menyesuaikan. Untungnya, kuliner benar-benar gampang untuk diubah. Hingga membuat usaha kuliner untuk salah satunya usaha yang sangat fleksibel untuk ikuti perubahan jaman.

4. Lebih simpel

Tidak sama dengan usaha yang lain, usaha kuliner masih condong simpel. Anda perlu memasak serta menjualnya. Jika Anda tidak dapat memasak, Anda dapat beli resep dari orang yang eksper, selanjutnya memakai beberapa orang yang dapat memasak. Jadi, Anda cuma konsentrasi pada deskripsi besarnya saja, yakni mengendalikan penjualan serta keuangan usaha Anda agar dapat bertahan untuk waktu yang lama.
Ke-4 fakta di atas hanya sejumlah kecil dari fakta kenapa usaha makanan cukup menjanjikan buat Anda. Fakta-alasan itu kira-kira dapat memvisualisasikan tempat usaha sekarang antara usaha bisnis yang lain.

Panduan Usaha Kuliner
Lalu buat Anda yang merencanakan untuk masuk ke usaha kuliner, di bawah ini beberapa panduan dari Moka agar Anda dapat membangun satu usaha yang sukses.

1. Tetapkan usaha kuliner apa yang ingin Anda tekuni

Usaha kuliner ialah usaha yang luas. Karena di Indonesia sendiri tumbuh subur beberapa usaha yang kuliner yang menjual bermacam tipe kuliner dari beberapa wilayah, atau serta kuliner internasional. Karena itu, seharusnya Anda tetapkan terlebih dulu akan jual kuliner apa. Apa Anda akan jual kuliner luar negeri, atau akan jual kuliner lokal. Atau apa Anda akan jual makanan berat, atau cuma jual camilan.

2. Hitung modal yang dibutuhkan

Seperti usaha yang lain, dalam mengawali usaha kuliner juga membutuhkan modal. Berapa besar usaha yang ingin Anda rintis akan tentukan jumlah modal yang perlu Anda buat persiapan. Jika Anda ingin terjun langsung dalam industri restoran, tentunya memerlukan modal yang lain dengan jika Anda putuskan untuk membangun satu warung makan yang simpel. Jika Anda kekurangan modal, karena itu Anda dapat kapan juga pinjam dari koperasi, bank, atau beberapa penyuplai service utang modal seperti Moka Capital.
Tetapi, Anda perlu menimbang-nimbang untung rugi dari pinjam modal. Jika situasi tidak sedang sangat mungkin, lebih bagus mengawali usaha kuliner rasio kecil saja terlebih dulu. Tak perlu muluk. Contohnya, dengan jual camilan seperti keripik. Tetapi ingat, saat sedang jalankan usaha, jangan langsung butuhkan keuntungan yang Anda peroleh. Sisihkan keuntungan itu untuk kepentingan berbelanja modal.

3. Pikirkan tempat usaha kuliner yang Anda pilih

Buat usaha kuliner, tempat adalah salah satunya unsur yang benar-benar tentukan keberhasilan. Karena, jika Anda pilih tempat yang begitu terpencil, makin berkurang orang yang mengetahui masalah usaha Anda. Terkecuali jika memang ide usaha Anda memang demikian. Tetapi perlu dikenang jika memang Anda ingin membangun satu usaha kuliner yang terpencil, karena itu pekerjaan penjualan harus terus-menerus dilaksanakan. Jangan imbangi dengan usaha kuliner legendaris yang walau ada dalam tempat terpencil namun dicari oleh customer.

4. Cita rasa menu yang Anda tawarkan

Kecuali kepentingan tehnis, cita rasa dari menu yang Anda menawarkan sangat penting. Karena, selanjutnya cita rasa lah yang membuat orang untuk kembali lagi serta lagi ke tempat Anda. Jika Anda cuma menyediakan makanan dengan rasa yang biasa saja, tempatnya yang kurang taktiks, karena itu usaha kuliner Anda tidak berusia panjang. Jika memang ingin membangun usaha kuliner yang memberikan keuntungan, karena itu lihat benar kualitas rasa. Anda dapat lakukan eksperimen terlebih dulu kesemua orang paling dekat, untuk tahu menu apa yang pas dengan idah warga Indonesia.

5. Tetapkan supplier yang pas dengan usaha Anda

Tentunya Anda memerlukan suplai bahan baku fundamen supaya bisa diproses jadi produk jadi. Karena itu, Anda memerlukan supplier yang dapat memberi bahan baku yang sesuai dengan dengan yang Anda kehendaki. Buat Anda yang masih tetap pemula, kemungkinan dapat lakukan sendiri dengan belanja ke pasar. Tetapi jika usaha Anda telah besar, karena itu Anda dapat beli langsung ke supplier atau produsen.

Seperti restoran berbintang yang lain, Anda jadi langsung dapat memperoleh bahan paling baik di pasar. Disamping itu, dengan membuat kesepakatan dengan beberapa supplier, Anda juga masih bisa saja untuk membayar diakhir waktu. Tentunya jika faksi ke-2 ikut menyepakatinya.

6. Rekrut tenaga penambahan

Bergantung dari usaha kuliner apa yang akan Anda tekuni. Jika Anda ingin buka satu restoran, karena itu pastinya Anda memerlukan karyawan. Bagus untuk menolong mempersiapkan makanan, menjadi pelayan, kasir, bersihkan piring, dan lain-lain. Jika Anda cuma ingin membangun satu warung makan, karena itu kehadiran tenaga penambahan tidak dibutuhkan. Namun, semakin lebih mudah jika Anda memakai satu atau dua orang.

7. Tetapkan sasaran pasar usaha kuliner

Sasaran pasar akan memengaruhi usaha kuliner apa yang akan Anda luncurkan. Jika Anda membidik golongan menengah ke atas, tentunya kuliner yang diberikan semakin dari sebatas kuliner rumahan. Ini akan terkait juga dengan berbelanja modal yang akan Anda mengeluarkan nanti. Jika Anda cuma membidik golongan menengah ke bawah, karena itu berbelanja modalnya akan makin kecil. Maka dari itu, penting untuk bikin business rencana kecil-kecilan. Didalamnya akan ada analisa pasar yang bisa menolong Anda jalankan usaha nanti.

8. Selenggarakan promo-promo menarik

Saat jalankan usaha kuliner Anda, tentunya akan ada babak dimana ramai serta sepi. Di saat sepi ini lah seharusnya Anda terus-menerus lakukan promosi-promosi yang dapat menarik kembali lagi ketertarikan beberapa konsumen. Promosinya juga bermacam, dapat dengan lakukan potongan harga, buy one get one, promosi paket, dan lain-lain. Namun, pertimbangkan dahulu dengan masak. Agar tidak rugi di masa datang.

9. Aktifkan sosial media Anda

Di masa digital ini, sosial media telah jadi kewajiban waktu mengawali satu usaha. Ditambah lagi usaha kuliner. Karena, cukup dengan media sosial lah Anda bisa menarik calon customer semakin banyak, tanpa ada perlu habiskan ongkos juta-an rupiah untuk iklan. Anda dapat pakai Instagram, Facebook, maupun Twitter. Ke-3nya sampai sekarang masih jadi sosial media yang terbanyak dipakai oleh warga Indonesia.

10. Tekankan usaha kuliner Anda sudah mempunyai izin yang diperlukan

Indonesia ialah negara hukum. Berarti segala hal yang dilaksanakan oleh masyarakatnya harus berdasarkan ketentuan hukum. Termasuk juga dalam mengawali satu usaha. Dalam mengawali usaha, ada izin-izin yang dibutuhkan. Maksudnya ialah supaya pemerintah bisa pastikan jika usaha Anda sah, tidak bergerak di bidang ilegal, serta bisa dipertanggungjawabkan.
Tekankan untuk datangi ke dinas perizinan di masing masing wilayah Anda untuk mengatur perizinan usaha kuliner Anda. Jika usaha Anda telah besar, karena itu janganlah lupa untuk mengatur NPWP serta sertifikasi halal bila memang warga Indonesia yang sebagian besar muslim jadi sasaran pasar penting Anda. Agar tidak ada permasalahan yang berlangsung di waktu depan.

11. Buat keunikan yang memperbedakan usaha kuliner Anda

Sekarang usaha kuliner adalah salah satunya usaha yang menjanjikan. Jadi telah selayaknya jika ada beberapa pemain di usaha ini. Jika demikian, tanyakanlah pada diri Anda, ciri apa yang memperbedakan usaha Anda dari usaha kuliner yang lain? Kemungkinan sebagian orang mengatakan untuk gimmick tetapi sebenarnya ini perlu, supaya customer mempunyai asosiasi merek yang kuat dengan usaha kuliner Anda. Contohnya, Anda membangun warung mie ayam yang dapat lebih mie sepuasnya atau membuat suatu rintangan untuk habiskan makanan khusus yang porsinya super besar dalam sekejap. Ini cukup jarang-jarang dilaksanakan, jadi tentu beberapa orang akan mengulas tempat Anda.

12. Keringanan dicapai customer

Keringanan dicapai oleh customer tidak cuma terkait dengan tempat dimana usaha kuliner Anda dibangun, dan juga berapa gampang usaha Anda dicapai oleh customer digital. Di masa yang serba digital ini orang semakin lebih banyak cari info sendiri dengan searching di Internet. Jika ingin usaha makanan Anda semakin gampang diketahui oleh banyak orang, karena itu daftarkan usaha Anda melalui Google. Anda dapat juga berpartner dengan service aplikasi ojek online seperti GO-JEK serta Grab. Sebab, sekarang semakin banyak orang yang beli makanan dengan memakai layanan ke-2 aplikasi ini dibanding tiba langsung ke tempat makan.

13. Service pada customer

Terkecuali Anda buka usaha kuliner di Perancis, karena itu customer ialah raja. Senang tidak senang, customer akan mempunyai keluhkesah masalah makanan yang Anda sediakan. Senikmat apa saja itu, akan ada kata “tetapi” setiap saat mereka mengulas masalah usaha Anda. Contohnya, makanannya enak tetapi service lama, atau rasa-rasanya lezat tetapi harga mahal.
Beberapa keluhan itu dapat Anda jawab dengan mempunyai service yang ramah. Bentuk service ini kelihatan dari berapa seringkali customer dipanggil dengan ikhlas, berapa banyak senyuman yang diberi untuk customer, serta bagaimana mengatasi keluhkesah konsumen setia. Janganlah sampai Anda atau pelayan Anda cuma menegur dengan sekenanya, tanpa ada senyum, serta geram saat konsumen setia protes.

14. Mengatur pos pengeluaran Anda

Pada intinya usaha ialah pekerjaan cari keuntungan dari beda pengeluaran serta penghasilan. Jika pengeluaran semakin besar, karena itu usaha kuliner Anda tidak tahan lama. Kebanyakan modal yang dikeluarkan semenjak asal bisa memperberat usaha Anda di saat berjalan. Untuk deskripsi untuk Anda, beberapa usaha kuliner tidak berhasil sebab ada kekeliruan dalam mengendalikan pos pengeluaran.
Ditambah lagi usaha kuliner rumahan yang tidak mempunyai kekayaan dipisahkan. Jadi, seharusnya pisahkan yang mana uang usaha Anda, serta yang mana uang Anda. Banyak masalah ketidakberhasilan usaha cuma karena penilik menggerogoti uang perusahaan.

15. Penilaian usaha kuliner Anda

Jalankan satu usaha makanan tanpa ada lakukan penilaian sama seperti dengan berjalan tanpa ada tahu arah. Anda akan tersesat, tanpa ada tahu langkah apa yang semestinya diambil. Jangan sangsi untuk mengomentari diri kita saat sedang penilaian. Karena, itu ialah langkah penting yang dapat jamin kelanggengan usaha kuliner Anda.
Jika Anda tidak lakukan penilaian, karena itu Anda tidak tahu dimana letak kekeliruan Anda. Jika demikian, bagaimana Anda dapat mendapatkan keberhasilan? Jangan sangsi untuk mengubah taktik usaha Anda jika hasil dari penilaian didapat hasil jika taktik yang Anda pakai dapat dibuktikan tidak efisien serta efektif.

Dengan mengerti lima belas panduan di atas, Anda semakin lebih gampang untuk mengawali satu usaha kuliner. Ingat, apa saja usaha yang akan Anda tekuni, jangan sangsi untuk bereksperimen. Karena jika Anda tidak berani bereksperimen, karena itu Anda akan terjerat dalam pergerakan keajegan. Selamat coba, serta mudah-mudahan sukses!

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *