11 Panduan Menghindarkan Penipuan Toko Online yang Kadang Dilupakan

By | June 25, 2019

11 Panduan Menghindarkan Penipuan Toko Online yang Kadang Dilupakan

Berbelanja online ialah transaksi jual beli yang sering dilaksanakan oleh para pemakai Online. Terutamanya buat orang-orang yang tidak punya banyak waktu luang untuk pergi belanja. Tapi, disamping lain kita juga harus siaga dan cermat dalam bertransaksi online. Ditambah lagi tersangkut pembayaran yang kadang kebanyakan jadi masalah penipuan. Tentunya, kita tidak mau itu semua berlangsung. Jadi demikian, untuk menghindarkan penipuan dan kerugian dalam berbelanja online di online, kami punya sebagian panduan yang bisa dilaksanakan untuk menahan berlangsungnya penipuan dan kekesalan anda pada transaksi online.

11 Panduan Menghindarkan Penipuan Toko Online yang Kadang Dilupakan

1. Jangan Tergiur Dengan Barang Murah

Taktik terbaik penipu dalam menjebak korbannya adalah dengan menempatkan harga barang yang begitu murah dibandingkan harga normalnya di market. Hal ini untuk membuat sang korban tergiur, hingga berani beli tanpa ada fikir panjang. “Mumpung murah” pikirnya. Akan tetapi kebanyakan konsumen setia yang tidak sadar jika mereka sudah terpancing ke perangkap penipuan. Iming-imingan harga terjangkau sukses menghasilkan korban penipuan. Oleh lantaran itu, bila anda akan belanja online dan temukan toko online yang menempatkan harga terjangkau, jadi anda jangan cepat-cepat tergiur dengan apa yang dipropagandakan. Lebih baik check dulu, apa memang toko online itu paling dipercaya dan dapat dibuktikan integritasnya. Atau lebih baik lagi apabila anda pilih (toko online terbaik) yang memang telah dapat dibuktikan dan paling dipercaya di Indonesia. Hingga transaksi yang anda kerjakan betul-betul lepas dari efek penipuan.

Baca Juga : Peranan Penting Konsumen Service Dalam Usaha Online

2. Perhatikan Gambaran Produk

Sebelum beli produk apa pun itu, ada seharusnya check dulu gambaran produk yang ingin anda beli. Apa terlihat meresahkan ataukah tidak. Lihat juga profile penjualnya apa terlihat meresahkan ataukah tidak. Dan apabila anda pikir aman dan cukup paling dipercaya, baru mulai menanyakan harga dan unit barang yang ingin anda beli. Akan tetapi, anda juga masih harus siaga dengan penipuan. Sebab umumnya, meskipun kita telah yakin, masalah penipuan masih bisa menghantui anda. Ulang lagi, sebaiknya cari toko online yang betul-betul paling dipercaya secara kualitas dan integritasnya.

3. Jangan Gampang Yakin Dengan Testimoni

Testimoni punya satu toko online memang bisa jadikan  referensi untuk tahu tingkat keyakinan toko online berkaitan. Tapi itu waktu dulu. Saat ini jaman telah kekinian, oknum-oknum penipu bisa saja membayar satu orang untuk memberi komentar berkaitan keyakinan satu toko online berkaitan biar dapat menipu para korbannya. Dan hal ini dapat dibuktikan dengan adanya banyak korban penipuan sebab mereka begitu berpatok dan yakin dengan testimoni palsu hasil bayaran si penipu.

4. Tetap Taruh Semua Bukti dan Transaksi

Sebelum barang hingga ke tangan anda, sebaiknya jangan sampai buang bukti-bukti yang berkaitan dengan transaksi, seperti bukti pembicaraan lewat SMS atau juga bukti transfer anda. Hal ini mempunyai tujuan untuk berjaga-jaga bila seandainya transaksi itu tidak berjalan dengan normal.

5. Meminta Photo Barang yang Asli

Umumnya saat kita belanja online terutamanya ketika kita melihat-lihat satu produk memang tidak bisa disangkal, jika yang kita lihat itu adalah gambar yang sudah diedit demikian rupa. Dalam pengertian, gambar contoh atau gambar sampel satu produk. Jadi demikian, apabila anda beli satu produk di toko online, berharap meminta sebagian photo asli dari si penjual untuk tahu apa barang itu memang sungguh ada. Masalahnya di sebagian masalah penipuan ada berbagai cara dan trick yang dilaksanakan oleh penipu untuk peroleh menipu para korbannya. Satu diantara trick penipu adalah kirim barang yang tidak pas dengan aslinya. Bahkan juga, setelah barangnya hingga umumnya cuma berisi kayu, batu, dan beberapa barang tidak bernilai yang lain. Dan apabila sangatlah, berarti anda sudah tertipu. Untuk menghindarkan hal itu, begitu penting untuk anda untuk mengecek gambar barang yang akan anda beli. Sebab bisa saja penipu itu ambil gambar dari Google lalu mengirimkannya pada anda. Selanjutnya yakinkan anda tetap minta photo barang itu lebih dari satu.

6. Utamakan COD (Kontan on Delivery)

Saat akan beli satu barang, upayakan tetap cari toko atau penjual online yang dekat dengan tempat anda. Hal tersebut mempunyai tujuan biar anda bisa lakukan transaksi secara COD (Kontan on Delivery) atau transaksi langung dengan berjumpa si penjual. Jadi demikian, anda bisa memeriksa langsung barang yang ingin dibeli dengan suka ria. Hal ini juga sekaligus juga meminimalisir tindak penipuan. Akan tetapi juga putuskan berjumpa si penjual dalam tempat yang ramai. Agar meminimalisir beberapa hal yang tidak diharapkan.

7. Pakai Layanan Faksi Ke-3

Apabila memang COD tidak bisa dilaksanakan, jadi sebaiknya anda memakai layanan pihak ke-3 untuk arah keamanan dan sekaligus juga memfasilitasi transaksi anda dengan si penjual. Siapa pihak ke-3 yang disebut? yang disebut pihak ke-3 di sini adalah layanan rekening bersama atau mungkin yang biasa kita ucap dengan layanan rekber. Layanan rekber itu yang nanti berperan jaga transaksi anda dan si penjual biar masih aman. Akan tetapi butuh anda tahu, memakai layanan pihak ke-3 itu tidak gratis, anda butuh membayar dikit biaya termasuk murah pada si pihak ke-3 untuk layanan yang sudah anda pakai. Layanan rekber akan membuat anda tenang dalam lakukan transaksi dengan si penjual. Masalahnya uang yang anda transfer ke penjual akan ditahan dulu oleh pihak rekber, dan uang itu akan ditransfer pada penjual bila konsumen (anda) telah terima barang yang dibeli dan mengeceknya. Jadi, anda mengirim atau mentransfer uangnya tidak langsung pada si penjual. Tetapi ke pihak ke-3. Lalu waktu barang telah hingga ke tangan anda, dan barang persis sama dengan yang anda pesan, pihak ke-3 kirim uang anda itu pada si penjual. Dan transaksi berakhir.

8. Cermati Metode pembayaran Tidak Umum

Saat anda beli barang dalam suatu toko online atau penjual online. Jauhi metode pembayaran tidak umum seperti penjual mewajibkan anda membayar dengan pulsa, atau memakai layanan pos, lewat bitcoin wallet. Masalahnya hal itu begitu meresahkan dan anda juga punya potensi jadi korban penipuan. Tetap meminta penjual untuk memakai layanan pihak ke-3 (rekening bersama dengan) yang paling dipercaya, untuk lancarkan semua masalah anda.

9. Meminta Nomer Resi Pengiriman

Nomer resi adalah bukti nomer barang yang akan diantar pada anda lewat layanan ekspedisi pengiriman barang. Oleh karena itu, bila si penjual menjelaskan barang anda sudah dikirim, jadi jangan sangsi untuk minta nomer resinya. Dan tidak ada fakta untuk si penjual untuk tidak memberikan nomer resi pengiriman itu pada anda. Tapi butuh dicermati, apabila si penjual tidak mau memberi nomer resi pengiriman barang pada anda, jadi anda harus curigai penjual itu jadi penipu. Dan umumnya, penjual-penipu akan berkelit dengan beberapa ratus fakta untuk mengulur-ulur waktu pengiriman resi. Bahkan juga, penipu juga bisa hilang begitu saja tanpa ada sisa dan jejak. Butuh anda tahu, meskipun si penjual mengirim nomer resi pada anda, berharap jangan dulu tenang. Masalahnya si penjual-penipu bisa saja menggagalkan pengiriman pada keesokannya. Oleh karena itu, tetap check secara periodik nomer resi itu di web layanan ekpedisi yang dipakai.

Baca Juga : 5 Hal yang Mengakibatkan Kegagalan Pelaku bisnis Pemula

10. Meminta Referensi Kerabat Anda

Minta referensi rekanan atau kerabat anda yang telah memiliki pengalaman dalam soal belanja online adalah satu diantara hal yang bisa anda kerjakan. Anda bisa menanyakan berkenaan toko online mana saja yang dapat diakui berdasar pengalaman rekanan atau kerabat anda saat belanja online awalnya. Hal ini mempunyai tujuan biar anda tidak salah saat pilih toko online. Dan tentunya untuk meminimalisir tindak penipuan.

11. Cermati Penipuan via Kartu Credit

Apabila bertransaksi memakai kartu credit, jadi jaga keamanan kartu credit anda sebaik-baiknya. Cermati juga pesan yang masuk ke alamat e-mail anda, tetap rahasiakan beberapa info pribadi berkenaan kartu credit anda. Dan jangan asal-asalan memasukkan informasi kartu credit di situs-situs meresahkan yang belum terjamin keamanannya.

Demikian panduan menghindarkan penipuan toko online yang kadang anda lupakan. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disini  untuk  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *