10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

By | July 16, 2019

10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar.

Anda mau mengawali sebuah usaha akan tetapi belum mempunyai modal yang besar? Atau Anda mau mendapat income tambahan di luar pekerjaan resmi yang dijalani ? 10 jenis usaha sampingan bermodalkan kecil akan tetapi menjanjikan keuntungan yang besar ini layak Anda pertimbangkan. Biasanya, mereka yang mau mengawali bisnis bukan bermakna tidak punya pekerjaan sama sekali. Mereka bekerja atau memiliki kegiatan rutin lain, akan tetapi mau mendapat income yang lebih besar dari apa yang telah didapat saat ini. Bukan sebuah rahasia, kenaikan upah pada pekerjaan resmi yang didapat setiap tahun begitu terukur dan umumnya cuma sekitar 5% per tahun. Terkecuali mendapat promosi jabatan yang lebih tinggi, rasanya begitu susah bisa mendapat lompatan income untuk seorang karyawan. Apabila mau mendapat income yang lebih tinggi, usaha sendiri bisa jadi solusi. Akan tetapi tentu saja, membangun bisnis baru sama sekali bukan perkara gampang. Disamping itu, membangun usaha perlu modal yang tidak sedikit. Melakukan sebuah bisnis memang menjanjikan kesempatan penghasilan yang hanya terbatas. Akan tetapi perlu di ingat juga, risikonya juga tinggi. Anda mesti siap menanggung resiko rugi atau bahkan juga dalam skenario terburuk bangkrut. Jadi bila salah perhitungan bukan untung yang didapat akan tetapi justru buntung. Walau begitu, tidak bisa disangkal jauh di dalam lubuk hati seorang karyawan, selalu terlintas kemauan untuk keluar dari pekerjaan dan melakukan bisnis sendiri. Akan tetapi sekali lagi, membangun bisnis bukan masalah gampang. Pasti akan berat di awalnya, ditambah lagi seorang karyawan telah terlatih mendapat income tetap setiap bulan. Maka dengan begitu, melakukan bisnis rumahan atau bisnis sampingan yaitu pilihan logis sebelum seseorang mengawali bisnis yang lebih serius. Tidak perlu minder cuma melakukan bisnis sampingan, sebab banyak di luar sana pengusaha sukses yang memulai usahanya dengan cara seperti ini.

10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar.

Mengapa Harus Diawali dari Bisnis Sampingan?

Ada banyak fakta yang membuat orang-orang lebih pilih melakukan usaha sampingan atau side job terlebih dulu, dibandingkan langsung mengawali usaha sendiri dan meninggalkan pekerjaan inti. Satu diantara fakta utamanya yaitu belum siapnya modal bisnis dan back up keuangan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Dalam situasi ini, melakukan usaha rumahan atau usaha sampingan yaitu langkah yang tepat. Mereka masih tetap bekerja tanpa perlu keluar kerja lebih dulu hingga usaha yang dijalani menghasilkan uang yang cukuplah aman. Jadi seseorang tidak akan kehilangan sumber penghasilan bulanan yang telah tetap. Apabila nantinya usaha yang dijalani telah cukuplah menguntungkan, seseorang bisa resign atau keluar kerja dan kemudian fokus untuk meningkatkan usaha sendiri yang telah dirintis sebelumnya. Dengan tetap mempunyai penghasilan bulanan sebelum bisnis yang dijalani menghasilkan keuntungan yang cukup, biaya hidup sehari-hati masih tercukupi. Maklum, kondisi keuangan ketika memulai bisnis pasti masih belum konstan. Penghasilan yang didapat belum pasti, bahkan juga ada potensi rugi. Waktu yang lebih fleksibel dalam melakukan bisnis rumahan juga jadi satu diantara pertimbangan penting. Bisnis rumahan atau bisnis sampingan tidak mewajibkan seseorang untuk bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Waktunya lebih fleksibel, akan tetapi tetap ada tenggat waktu yang mesti diikuti juga. Jadi tidak betul-betul bebas dan semau-mau sendiri dalam bekerja.

Baca Juga : 10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!.

Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Indonesia mempunyai bonus demografi dimana populasi umur produktif lebih banyak dari umur nonproduktif. Puncak bonus demografi ini akan berlangsung pada tahun 2030. Dengan banyaknya masyarakat umur produktif, Indonesia berkesempatan besar meraih perkembangan ekonomi yang kencang. Mereka yang berumur muda atau biasa dikatakan sebagai milenial begitu akrab dengan internet dan tehnologi sejak kecil. Segala keperluan mereka seakan bisa didapat dari membuka smartphone dan menelusuri dunia maya. Maka dari itu, kesempatan bisnis yang berkaitan dengan perkembangan bisnis online akan mempunyai prospek yang menjanjikan. Kini, jumlah masyarakat Indonesia menjangkau 268 juta jiwa. Dari jumlahnya itu, baru sebagian yang telah mengakses internet. Pada tahun 2019, jumlah pemakai internet di Indonesia diprediksikan akan menembus 175 juta atau sekitar 65,3 % dari keseluruhan masyarakat. Kenaikan jumlahnya pemakai internet ini sejalan dengan makin luasnya penggunaan smartphone atau ponsel pintar. Dan perlu di ingat, walau jumlah pemakai internet telah begitu banyak akan tetapi masih berkesempatan untuk tumbuh sebab baru sebagian saja yang telah melek internet. Jumlahnya pemakai internet yang terus bertambah dan kecepatan akses internet di Indonesia yang makin membaik membuka kesempatan bisnis yang bermacam. Ini era digital, jadi manfaatkanlah internet dan tehnologi untuk mengambil kesempatan bisnis yang ada. Berikut ini, kesempatan bisnis sampingan di jaman digital yang bisa Anda lakukan di sela-sela pekerjaan rutin Anda:

1. Freelance Writer

Saat ini, seorang freelance writer untuk perusahaan-perusahaan startup di Indonesia dibayar kurang lebih Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu per artikel yang dibuat. Saya juga pernah mendapat tawaran menulis freelance dengan harga Rp 500 ribu per artikel akan tetapi harus datang ke acara tertentu untuk membuat tulisan itu. Apabila memang punya niat jadi freelance writer, income yang bisa didapat lumayan juga. Di era digital, orang hampir mencari segala informasi dari internet. Sedangkan bisnis di internet, pada intinya yaitu bisnis informasi. Dimana ketika kita menguasai arus informasi, jadi kita akan menguasai bisnis. Segala jenis bisnis memerlukan penyampaikan informasi lewat situs atau website yang dipunyai. Informasi yang diterbitkan akan disesuaikan dengan bisnis pokok yang dikerjakan. Sebagai contoh, perusahaan financial technology peer to peer lending akan menyediakan berbagai macam informasi berkaitan pengelolaan keuangan di situsnya. Dari sana, baru pembaca diarahkan untuk memakai jasa pinjaman uang dari perusahaan itu. Pada contoh yang lain, sebuah perusahaan transportasi online yaitu seperti Gojek akan memberi berbagai artikel terkait dengan bisnis yang dijalani perusahaan yaitu seperti minuman dan makanan, gaya hidup dan sebagainya. Dengan adanya banyak perusahaan yang membuat portal berisi informasi untuk penduduk luas, jadi kesempatan jadi penulis pun terbuka lebar. Dengan statusnya yang bukan sebagai perusahaan media, tentunya perusahaan tidak akan banyak mengangkat penulis tetap. Mereka lebih pilih memakai jasa penulis paruh waktu atau freelance. Anda bisa mendapat pekerjaan penulis freelance dari situs masing-masing perusahaan. Atau cari, pekerjaan freelance writer dari situs freelance yaitu seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer, Projects dan sebagainya. Tidak ada salahnya, Anda melamar pekerjaan freelance writer dari situs informasi lowongan kerja seperti JobsDB dan Jobstreet.

2. Dropship

Jangan sampai anggap sepele penghasilan dari dropship. Saya sendiri melakukan bisnis ini di luar pekerjaan rutin sehari-hari. Hasilnya begitu cukup bisa menjangkau juta-an rupiah. Bahkan juga, sebagian rekan yang saya kenal fokus melakukan bisnis dropship, mereka bisa mendapat omzet ratusan juta rupiah dalam satu bulan. Dropship yaitu bisnis jual beli secara online dimana kita tak perlu melakukan stock barang, tak perlu melakukan pengemasan barang dan tak perlu mengirim barang. Pekerjaan itu akan dilaksanakan semuanya oleh supplier barang kita. Tapi enaknya jadi dropshiper, pengiriman barang akan dilakukan atas nama toko kita. Sedangkan harga bisa di naikkan sesuka hati sejauh masih laris di pasaran. Orang sering tidak bisa membedakan antara reseller dan dropship. Dua hal itu adalah bisnis yang sama sekali berbeda. Pada bisnis reseller, seseorang mesti membeli barang terlebih dulu dari supplier biar bisa mendapat harga grosir yang lebih murah. Berikutnya ia akan memasarkan sendiri produknya dengan harga yang telah di naikkan. Apabila ada konsumen, jadi ia mesti melakukan pengemasan sendiri dan mengirim sendiri barang itu. Untuk seorang dropshipper, tidak punya stock barang. Jadi ia cuma membeli barang dari supplier apabila memang telah mendapat konsumen yang telah membayar. Artinya dropshiper relatif tanpa modal. Sementara untuk reseller, sebab ada stock barang jadi ada resiko barang tidak laris dan mengakibatkan modal tersendat. Usaha dropship bisa dikerjakan oleh siapapun termasuk juga ibu rumah-tangga. Maka untuk melakukan usaha ini, pertama kali yang mesti di cari yaitu supplier yang mempunyai stock yang konstan, pengiriman cepat dan reputasi yang bagus. Maka anda bisa mencarinya di marketplace yaitu seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Tiga marketplace itu mengijinkan seseorang untuk membeli sebagai dropshiper dan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Supplier di marketplace juga begitu bermacam. Maka Anda bisa mencari produk yang sesuai dengan minat pasar saat ini. Untuk jadi dropshiper, Anda bisa minta izin langsung via chat ke toko itu. Atau tanpa minta izin, pada dasarnya hampir semua toko mengizinkan dropship. Berikutnya pasarkan produk itu lewat sosial media yaitu seperti Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Apabila ada yang beli dan sudah membayar, Anda baru melakukan pembelian ke supplier dan barang akan di kirim ke alamat konsumen atas nama Anda. Dropship juga bisa dilaksanakan antar marketplace contohnya dari Tokopedia ke Shopee atau sebaliknya. Untuk dropship antar marketplace akan saya ulas di tulisan selanjutnya.

3. Youtuber

Atta Halilintar yaitu contoh Youtuber sukses. Sebuah situs online pernah menghitung prediksi penghasilan Atta Halilintar dari Youtube. Dengan asumsi CPM USD 0,68, jadi diperoleh angka Rp 7,7 miliar per bulan. Sebuah angka penghasilan yang begitu fantastis. Menghasilkan uang dari Youtube bukan hal yang tidak mungkin. Singkatnya, Anda akan berperan sebagai konten creator yang mengupload video ke channel Youtube. Sumber penghasilan Anda berasal dari iklan Adsense yang disiarkan. Makin banyak orang yang melihat video di channel Youtube Anda, jadi makin sering iklan ditampilkan. Maka dengan begitu, makin besar juga potensi penghasilan yang bisa didapat. Tidak heran, apabila banyak orang berlomba untuk membuat video yang unik biar bisa viral dan menduduki trending Youtube. Untuk jadi seorang Youtuber sukses, Anda harus mampu membuat content yang unik. Ada cukup banyak type content Youtube yang banyak yang ditonton orang yaitu seperti cover lagu, tutorial, prank, komedi dan sebagainya. Tentunya, content video itu mesti disesuaikan dengan minat pemirsa Youtube. Yang perlu Anda kenali, tidak semua channel Youtube bisa di pasang iklan Adsense atau istilahnya monetisasi. Ada sebagian persyaratan sebuah channel bisa dimonetisasi. Sebagai partner Youtube, sebuah channel mesti mempunyai persyaratan yaitu mempunyai lebih dari 4.000 jam tonton publik dalam waktu 12 bulan terakhir dan mempunyai lebih dari 1.000 subscriber. Apabila Anda mempunyai hoby membuat content video, Youtuber bisa jadi pilihan untuk menghasilkan uang lebih banyak. Mengapa tidak di coba ?

4. Blogger

Dengan smartphone yang tetap ada dalam genggaman, orang-orang mencari semua jenis informasi lewat internet. Dari sanalah, blog dan media-media online mendapat pengunjung yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Apabila kita mempunyai blog dengan pengunjung ribuan orang setiap hari, jadi kita bisa mendapat income dari berbagai sumber yaitu seperti afiliasi atau iklan. Untuk iklan, janganlah bayangkan Anda mesti mencari sendiri perusahaan-perusahaan yang mau beriklan di website Anda. Ada banyak penerbit iklan yang bersedia memasang iklan dengan sistem untuk hasil di website kita. Yang paling popular yaitu Google Adsense. Disamping itu, ada banyak pilihan penerbit iklan yang lain yaitu seperti MGID, AdNow, RevenueHits dan Chitika. Anda akan di bayar sesuai dengan click iklan di blog Anda dan jumlah tayangan. Penghasilan itu di terima dalam denominasi dollar Amerika Serikat. Pencairannya mesti menunggu nilai penghasilan menjangkau jumlah tertentu contohnya USD 100. Lantas, uang akan di transer ke rekening bank, Payoneer atau Paypal. Blogger bisa jadi usaha yang begitu menjanjikan sebab bisa memberi penghasilan sampingan. Meskipun Anda sedang tidak bekerja ataukah tidak menulis dalam beberapa hari, akan tetapi orang terus mengunjungi website Anda dan uang akan terus mengalir.

5. Web Design

Di luar sana, perusahaan-perusahaan rintisan dan orang-orang yang baru mengawali bisnis baru membuat web khusus untuk mengenalkan diri. Akan tetapi bahkan juga usaha-usaha konvensional yang telah eksis masih banyak yang belum mempunyai web. Di sini lah, kesempatan usaha jasa design web terbuka lebar. Maka untuk menjadi menawarkan jasa web design tentunya Anda mesti mempunyai kemampuan di bidang itu. Sehingga anda bisa mempelajarinya dari lembaga kursus atau bangku kuliah. Tidak hanya mempunyai kemampuan design web, Anda juga di tuntut untuk mempunyai kemampuan programer web biar bisa meningkatkan web sesuai kemauan konsumen. Untuk sebuah bisnis yang besar, design situs yang diharapkan konsumen begitu susah. Sebaliknya berdasarkan pengamatan saya di lapangan, banyak perusahaan-perusahaan rintisan tidaklah terlalu menginginkan design yang rumit. Untuk keperluan web yang sederhana yaitu seperti personal branding atau company profile, sering seorang web designer cuma memakai template premium yang bisa di beli dengan harga cukuplah murah cuma sekitar USD 20-USD 50. Berikutnya template itu di-customize sesuai kemauan konsumen. Jasa design web juga bisa jadi sumber penghasilan berkelanjutan. Umumnya perusahaan tidak cuma menyewa web designer untuk membuat web saja, akan tetapi juga pemeliharaan setiap bulan. Untuk berjaga-jaga apabila terjadi masalah atau perubahan-perubahan yang dilakukan. Dengan demkian, penghasilan yang didapat dari bisnis ini bisa terus mengalir. Tarif design web sendiri terbilang cukup mahal. Untuk membuat suatu web sederhana, konsumen mesti merogoh sekitar Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Jasa web design potensinya masih begitu besar dan begitu menjanjikan.

6. Affiliate Marketing atau Afiliasi

Bisnis afiliasi juga tidak bisa disepelekan. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sempat mendapat income lebih dari Rp 50 juta selama sekitar satu tahun dari bisnis afiliasi di internet. Bisnis ini begitu potensial dan nyata. Bisnis afiliasi pada intinya model bisnis penjualan berbasis komisi. Sederhananya, Anda menjualkan produk orang lain dan mendapat komisi berupa uang. Dalam kehidupan sehari-hari, praktik bisnis seperti ini sebetulnya telah biasa kita temukan. Misalnya seorang salesman yang memasarkan berbagai produk perusahaan dengan menawarkannya ke calon customer dari rumah ke rumah. Penghasilan salesman bersumber dari komisi per penjualan. Perbedaannya dengan bisnis afiliasi, pekerjaan salesman tak perlu dilaksanakan dengan cara berkeliling dan mendatangi calon konsumen secara langsung face to face. Akan tetapi promosi dilaksanakan lewat internet. Jadi seorang pebisnis affiliate marketing cukuplah bekerja di depan laptop, computer, tablet atau bahkan juga ponsel saja. Tentunya masing-masing taktik pemasaran mempunyai kekurangan dan kelebihannya. Apabila penjualan dilaksanakan secara face to face, edukasi pada customer bisa diberikan secara personal maka akan gampang dipahami meskipun oleh orang pemula. Tapi pemasaran door to door mempunyai keterbatasan, sebab jangkauan seorang salesman tidak bisa begitu luas. Disamping lain, pemasaran di daerah yang terpencil begitu cocok dengan taktik pemasaran ini. Sementara pemasaran dengan sistem afiliasi, memungkinkan seorang affiliate menjual produknya secara luas tidak hanya mencapai satu kota akan tetapi bisa lintas negara atau seluruh dunia. Edukasi terhadap customer juga bisa dilaksanakan dengan berbagai instrumen yaitu seperti foto, artikel, video dan sebagainya. Ketetapan Anda menjalani bisnis afiliasi akan membuka kesempatan penghasilan besar di masa akan datang. Untuk mengawali jadi pelaku bisnis affiliate marketing tentunya Anda mesti bergabung dengan program afiliasi. Atau sederhananya, Anda mendaftar pada merchant tertentu dan mendapatkan link afiliasi. Dalam hal ini, merchant bisa berbentuk suatu individu ataupun suatu perusahaan. Apabila pendaftaran program afiliasi Anda di terima, Anda akan mendapat link afiliasi atau link URL berisi alamat web produk yang di jual. Produk itu bisa berupa jasa atau barang. Tugas Anda yaitu menjual produk itu lewat berbagai macam cara yaitu seperti promosi di sosial media, membuat review produk di blog pribadi dan sebagainya. Dalam materi promosi itu, sertakan link afiliasi yang mesti di-click oleh calon konsumen. Apabila pembelian dilaksanakan dari link afiliasi Anda, jadi komisi akan mengalir. Sejumlah program afiliasi yang bisa Anda ikuti antara lain yaitu Clickbank, Amazon dan Lazada. Program afiliasi itu terbukti membayar para affiliate. Jumlah orang yang sukses mendapat uang ratusan juta rupiah dari program itu juga cukuplah banyak.

7. Programer Android

Sekali lagi, dengan smartphone di genggaman, orang-orang mencari segala keperluan dengan memesan layanan lewat aplikasi atau internet. Mereka tidak perlu pergi ke ATM untuk lakukan pembayaran, tidak perlu pergi ke gerai makanan untuk mendapat makan siang, tidak perlu menunggu taksi dipinggir jalan untuk mendapat jasa transportasi. Bahkan juga tidak perlu pergi ke bank apabila mau meminjam uang. Semua bisa dilakukan cuma dengan memakai aplikasi yang berada di hp. Orang-orang betul-betul sedang di manjakan dengan berbagai kemudahan seiring dengan perubahan tehnologi yang ada. Apabila bisnis mau berkembang, perusahaan mesti mengikuti arus dengan menawarkan jasanya di aplikasi, khususnya aplikasi Android. Bisnis-bisnis yang terkait dengan konsumen membuat aplikasi sebagai satu diantara layanan pokok. Tidak hanya juga layanan pemesanan dari web. Tapi beberapa orang lebih menyukai pemakaian aplikasi sebab kemudahan dan feature yang diberikan. Dengan demikian, kesempatan usaha jasa pembuatan aplikasi Android terbuka lebar. Penghasilan yang didapat juga tidak berhenti di pembuatan aplikasi sebab umumnya konsumen menginginkan pemeliharaan aplikasi setiap bulan. Sekadar contoh, tarif pembuatan aplikasi Android paling sederhana kurang lebih Rp 5 juta.

8. Spesialis Media Sosial

Indonesia jadi satu diantara pemakai sosial media terbesar di dunia. Dengan jumlah masyarakat yang lebih dari 250 juta tentunya Indonesia jadi pasar empuk sosial media. Setiap hari juta-an orang terhubung di sosial media cuma untuk menyampaikan kabar status terbaru, berkomentar atau melihat status teman. Sosial media juga jadi tempat promosi paling efektif untuk sebuah bisnis. Wajar apabila perusahaan startup menyimpan perhatian serius pada sosial media. Maka dengan sosial media, perusahaan akan membangun citra positif di mata para konsumen. Sebaliknya, netizen atau warganet juga bisa memberi testimoni buruk dan baik sebuah layanan atau produk. Dampak dari sosial media bisa negatif atau positif pada perusahaan. Maka dengan begitu, pengelolaan sosial media begitu dipakai.Jasa spesialis sosial media diperlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yaitu seperti membuat content promosi untuk diterbitkan di sosial media, mengorganisir influencer dan buzzer, menangani krisis sosial media atau monitor trend sosial media. Sebagian perusahaan masih memakai jasa media sosial specialist freelance. Apabila Anda mempunyai passion di sosial media, tidak ada salahnya untuk mencoba menawarkan jasa ini.

9. Search Engine Optimization (SEO)

Posisi sebuah web di mesin pencari yaitu seperti Google akan menentukan banyaknya pengunjung sebuah web. Orang-orang condong cuma lihat halaman pertama Google saat melakukan kegiatan searching. Jadi apabila posisi web Anda ada di halaman-halaman belakang, potensi untuk di-click begitu minim. Di situ lah, peran SEO (search engine optimization) diperlukan. Para pemilik web memerlukan jasa SEO untuk mengangkat posisi web mereka di halaman mesin pencari. Tentunya, apabila web mereka ramai didatangi orang, kesempatan orang beli jasa atau produk mereka akan makin besar. Jadi tidak heran, apabila mereka ikhlas morogoh uang dalam jumlah yang besar untuk menyewa jasa optimasi mesin pencari. Perusahaan-perusahaan startup yang telah lumayan besar umumnya menyewa orang khusus untuk menggarap SEO web mereka. Akan tetapi sering juga yang cuma memakai jasa SEO secara freelance atau paruh waktu. Potensi penghasilan dari usaha jasa SEO juga bisa berulang, sebab SEO tidak bisa dilaksanakan cuma 1 kali, akan tetapi mesti dilaksanakan terus menerus biar bisa bersaing dengan web lain. Berapa tarif jasa SEO yang wajar? Tarif jasa SEO begitu negotiable sebab mesti sesuai dengan tingkat persaingan keyword atau kata kunci yang dibidik dan target posisi web di mesin pencari. Untuk keyword yang tingkat persaingannya rendah, tarif SEO bisa lebih murah. Sebaliknya, untuk keyword yang tingkat persaingannya begitu ketat, tarifnya pasti jauh lebih mahal. Maka tarif jasa SEO bisa juta-an, puluhan juta bahkan juga ratusan juta rupiah.

Baca Juga : Tips Memasarkan Produk dengan Instagram Bisnis.

10. Video Editing

Jasa edit video banyak diperlukan di tengah trend Youtube dan sosial media. Penyampaian informasi lewat video dinilai lebih gampang dimengerti. Disamping itu, ada sebagian orang yang malas membaca dan lebih senang melihat dari video. Ditambah lagi untuk content tutorial, orang akan lebih mudah melihat langsung dari video. Usaha jasa ini bisa dilaksanakan oleh Anda yang mempunyai kemampuan editing video. Cukuplah banyak konsumen yang memerlukan jasa edit video untuk berbagai keperluan. Apabila bisnis pokok perusahaan bergerak di pembuatan video pasti mereka telah menyewa editor video sendiri. Akan tetapi di luar sana, banyak perusahaan yang memerlukan jasa ubah video cuma untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu contohnya materi profile perusahaan, materi seminar dan sebagainya. Nah untuk kebutuhan-kebutuhan itu, perusahaan umumnya menyewa jasa edit video per project atau paruh waktu.

Anda bisa menawarkan jasa edit video lewat website atau sosial media. Ajukan penawaran harga sesuai dengan waktu dan tingkat kesulitan editing video yang diminta oleh client. Jasa yang di tawarkan juga bisa dijadikan satu paket dengan jasa syuting video. Maka Anda bisa mendapat income yang berlipat.

Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *