10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!

By | July 16, 2019

10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!.

Kemajuan tehnologi dimanfaatkan banyak orang untuk meraup pundi uang dari membuka bisnis online. Akan tetapi nyatanya membuka bisnis online tidak segampang yang dipikirkan sebab banyak yang gulung tikar. Agar bisnis online anda bisa sukses, terapkan cara-cara dibawah ini! Keberadaan internet kini sudah mengubah perilaku belanja penduduk. Dari orang yang suka pusat perbelanjaan atau ke mall jadi orang yang suka berbelanja dari rumah. Perkembangan tehnologi memang bisa memudahkan semua kegiatan kita termasuk juga dalam hal belanja. Tidak cuma bisa dimanfaatkan oleh customer, internet juga bisa dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memperjual belikan jasa atau barang mereka secara online. Penduduk Indonesia yang diketahui sebagai pribadi yang tingkat konsumtifnya begitu tinggi pun jadi ladang bisnis oleh para pelaku bisnis online. Bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Inilah yang jadi fakta mengapa hampir sebagian besar pelaku bisnis online melakukan bisnisnya sebagai bisnis sampingan. Bisnis online bisa dijalani oleh orang tua, remaja, ibu rumah tangga sampai mahasiswa atau mahasiswi.

10 Cara Dapat Uang Dari Bisnis Online Shop, Terapkan Sekarang Supaya Sukses!.

10 Cara Dapat Uang dari Bisnis Online

Walau terlihat gampang, akan tetapi pada prakteknya banyak bisnis online yang cuma bisa bertahan dalam hitungan minggu saja. Mengapa bisa demikian? Penyebabnya ada banyak hal, dari mulai kalah bersaing dengan bisnis online yang lain, kekurangan modal dan barang tidak laris di pasaran. Oleh sebab itu, sebelum terjun langsung, perhatikan dulu cara-cara dapat uang dari bisnis online yakni sebagai berikut :

1. Tentukan Produk yang Sesuai Segmentasi Pasar

Setelah melakukan penelitian, anda bisa menentukan produk yang akan di jual nanti. Produk yang di jual bisa saja produk trend terbaru, akan tetapi janganlah lupa untuk memberikan sesuatu yang unik sehingga produk anda di lirik oleh penduduk. Misalnya saja dengan membuat kemasannya jadi lebih menarik. Penetapan produk ini juga harus disesuaikan dengan segmentasi pasar yang anda tuju. Jadi bila sasaran anda adalah generasi milenial, maka produk dan kemasannya harus dibikin lebih sesuai.

Baca Juga : Tips dan Peluang Usaha Untuk Pemula.

2. Lakukan Riset

Cara dapat uang yang pertama yaitu dengan lakukan penelitian terlebih dulu. Umumnya sebagian pelaku bisnis online gampang terbawa trend dan suka ikut-ikutan saja tanpa melakukan penelitian terlebih dulu. Coba lihat orang-orang di sekitar anda, kira-kira produk apa yang akan laris apabila anda menjualnya kepada mereka. Mengapa harus orang sekitar dulu? Sebab merekalah orang yang pertama kali tahu dan menjadi sasaran dari jualan anda nanti. Bila perlu, anda bisa membuat angket online dan membagikannya kepada mereka. Isi angket bisa berupa pilihan produk dan kisaran harga jualnya.

3. Buat Blog dan Lakukan Monetize

Siapa bilang bisnis online tidak butuh blog. Tujuan dari pembuatan blog yaitu agar anda bisa memasarkan produk lewat Google Search. Disamping itu dengan adanya blog, anda juga bisa lakukan monetize blog dengan bergabung dalam Google Adsense. Google Adsense yaitu program periklanan online yang dipunyai Google. Nantinya Google akan menyimpan iklan pada blog toko online milik anda. Tenang saja, anda akan mendapat uang komisi dari iklan itu.

4. Hitung Modal Awal dengan Cermat

Berikutnya yaitu menghitung berapa modal awal yang dipakai untuk membuka bisnis online. Modal yang pertama telah pasti jaringan internet dan gadget. Apabila anda memasarkan barang dari orang lain, jadi modal yang di keluarkan tidak besar. Akan tetapi bila anda mau memasarkan produk sendiri, jadi perhitungkan dengan cermat biaya produksi, biaya bahan baku, sampai biaya operasional. Membuat produk sendiri memang memerlukan biaya dan waktu yang lebih lama, akan tetapi bisnis online anda jadi mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat unik dan berbeda sehingga banyak dilirik.

5. Berjualan di Marketplace

Berjualan di sosial media saja tidak cukup sebab cakupan lingkupnya cuma itu-itu saja. Apabila anda mau meraih seluruh penduduk Indonesia, jadi anda mesti berjualan di marketplace yaitu seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain. Cara dapat uang ini di rasa begitu ampuh sebab dagangan anda akan di pasarkan oleh marketplace ke seluruh pelosok Indonesia. Akan tetapi ingat, ada uang komisi yang harus anda bayarkan apabila berjualan di marketplace. Besarannya bergantung dari kebijakan masing-masing marketplace yang anda tuju. Biasanya rata-rata mensyaratkan 10% hingga 20% dari harga jual barang.

6. Manfaatkan Media Sosial

Namanya juga bisnis online pasti mau tidak mau anda harus memakai sosial media sebagai sarana promosi dan marketing gratis. Apa saja sosial media yang bisa dipakai? Saat ini ada 2 sosial media yang cocok dipakai sebagai promosi dan marketing bisnis online yaitu Instagram dan Facebook. Walau sama-sama sosial media, akan tetapi metode pemasaran yang dipakai mesti berbeda. Untuk facebook, anda bisa menerangkan dengan detil tentang barang dagangan yang anda posting. Sedangkan untuk instagram, usahakan photo yang dipakai beresolusi tinggi dan di ambil dengan cara yang apik agar lebih menarik sebab media instagram lebih menunjukkan visual dibanding kata-kata.

7. Pelajari Cara Pemasaran Digital

Mempelajari cara pemasaran digital menjadi satu diantara cara dapat uang dari bisnis online. Dengan mempelajari pemasaran digital, anda bisa membuat produk jasa atau barang yang anda jual diketahui banyak orang, waktu yang tepat untuk mengupload postingan barang dagangan anda di media sosial, dan kata kunci yang harus dipakai saat posting agar lebih banyak orang yang melihat barang dagangan anda. Pahami juga SEO (Search Engine Optimaze) biar anda bisa makin lancar untuk memasarkan produk secara online.

8. Terapkan Affiliate Marketing

Cara dapat uang berikutnya yaitu dengan menerapkan affiliate marketing. Buat anda yang belum tahu apa itu affiliate marketing, kami akan ulas kepada anda. Affiliate marketing adalah bisnis referensi yang artinya anda akan mereferensikan suatu produk atau jasa kepada orang lain lewat blog yang anda buat. Nanti apabila mereka membeli jasa atau produk itu dari link yang anda tempatkan di blog, jadi anda akan mendapat komisi.

9. Selalu Kembangkan Produk

Persaingan bisnis online begitu ketat, jadi buat anda yang akan terjun ke dalamnya harus selalu berinovasi dan juga kreatif untuk mengembangkan dan membuat produk-produk baru yang bisa disukai oleh penduduk. Anda juga bisa berinovasi dari produk yang sudah ada atau menambahkan produk baru. Setidaknya setiap bulan tetap berikan produk baru agar konsumen tidak jemu.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba di Rumah !.

10. Kelola Managemen Keuangan dengan Baik

Dalam melakukan bisnis online, anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya hampir sebagian besar pelaku bisnis online yang bisnis tidak berjalan sesuai rencana atau bahkan juga bangkrut cuma sebab pengelolaan managemen keuangan yang begitu jelek. Umumnya uang hasil jualan tercampur dengan uang pribadi sehingga terpakai untuk keperluan di luar bisnis online. Amannya, pisahkan rekening pribadi dengan rekening untuk bisnis online maka anda bisa lebih gampang mengaturnya. Saat baru buka, selalu buat laporan keuangan setiap satu minggu sekali secara rinci selama minimum 3 sampai 6 bulan. Nantinya bila usaha telah mulai berjalan, anda bisa membuat laporan satu bulan sekali.

Apabila sepuluh cara dapat uang diatas telah dilakukan dengan baik, jadi bisnis online anda pasti akan berjalan lancar. Terima kasih, mudah- mudahan bermanfaat Jika anda ingin belajar lebih mendalam mengenai bisnis online, klik disiniĀ  untukĀ  baca infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *